PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMBAYAR WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI UPPD SAMSAT BANJARMASIN II
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPPD Samsat Banjarmasin II dan untuk mengetahui bagaimana seharusnya kualitas pelayanan yang diberikan untuk meningkatkan pengunjung di UPPD Samsat Banjarmasin II.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian 100 responden. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini terdapat aspek yaitu : (1) Variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy, berpengaruh secara simultan dengan membandingkan Fhitung > Ftabel yaitu 51.361 > 2,31. (2) Variabel Kualitas Pelayanan (X1) Tangible berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengunjung (Y) dengan membandingkan Thitung > Ttabel yaitu 3,934 > 1,66. Variabel Kualitas Pelayanan (X2) Empathy tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengunjung (Y) dengan membandingkan Thitung > Ttabel yaitu 1,359 > 1,66.Variabel Kualitas Pelayanan (X3) Reliability berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengunjung (Y) dengan membandingkan Thitung > Ttabel yaitu 2,300 >1,66.Variabel Kualitas Pelayanan (X4) Responsiveness tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengunjung (Y) dengan membandingkan Thitung > Ttabel yaitu 016 > 1,66.Variabel Kualitas Pelayanan (X5) Assurance berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengunjung (Y) dengan membandingkan Fhitung > Ftabel yaitu 2,201 > 1,66. (3) Diantara variabel kualitas pelayanan, variabel tangible yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pengunjung yaitu sebasar 0,141.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdilah, Isnawaty. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Prabayar Telkomsel.
Bora, dkk. 2018. ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN JASA SURAT KILAT KHUSUS (SKH) PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO), BATAM.
Banowati, dkk. 2022. PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOPEE DI BANDAR LAMPUNG." Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 11.02, Bandung.
FUANSYAH, dkk. 2020. PENGARUH PERIKLANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASANKONSUMEN PADA HONDA MOBILIODI CV. UNION MOTOR PALEMBANG. Diss. Universitas Bina Darma, Palembang.
Fuji, dkk. 2022. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Spon Flowers Lumajang). Lumajang.
Ginting, Feri Fernandes. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. Diss. UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI, Sumatera Utara.
Gofur, Abdul. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan." Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4.1, Jakarta.
HARDINI, RESTU. 2013. PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEM ENT, SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PDAM SURABAYA. Diss. STIE PERBANAS SURABAYA. Surabaya.
Kurniawan, dkk. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru Pada SMA IMTEK Pagedangan Tangerang, Tanggerang.
Muslim, dkk. 2019. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Utang. Jakarta.
Maulana, dkk. 2019. "Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Glostar Indonesia 2 Departemen Gudang." Cakrawala Repositori IMWI 2.1.
Narasati, dkk. 2022. "Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Poster Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas X Tata Boga SMKN Kebasen pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4.4. Kesaben
Pramita, Dyah C, 2019. PENGARUH SERVICESCAPE (LINGKUNGAN LAYANAN) TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH (Survei Pada Nasabah Tabungan Simpeda Pt. Bank Pembangunan Jawa Timur Tbk. Kantor Cabang Kediri). Diss. Brawijaya University, Jawa Timur
Puspita, Veny. 2020. "PENGARUH EKUITAS MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK BRI CABANG S. PARMAN BENGKULU." Creative Research Management Journal 3.1, Bengkulu.
Pebrianti, Anisa. 2021. "Tren Penggunaan TikTok Pada Kalangan Remaja Mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2021 FISIP UPR." Journal SOSIOLOGI 4.1, Palangkaraya.
Penyusun, T. (2021). Buku Pedoman Tugas Akhir. Banjarmasin Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Politeknik Negeri Banjarmasin.
Suryana, Robby Maulid. 2019. Faktor-Faktor Kepuasan Konsumen Lini IV Wilayah Kabupaten Malang Pada Pupuk NPK 16.16. 16 Non Subsidi (Studi Kasus Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.
Simangunsong, Fernandes. 2016. UNDANG-UNDANG NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK.
Sayed, dkk. 2022. "Pengaruh Current Ratio, Debt Equity Ratio, dan Return on Equity terhadap Harga Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020." Nobel Management Review
Widodo, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Simpati Telkomsel, (Universitas Jember, 2015-2017)." JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 14.1, Jember.
UTAMI, SRI. 2019. PENGARUH MOTIVASI DAN PELATIHAN PROGRAM (Penyusun, Buku Pedoman Tugas Akhir, 2021)KELOMPOK USAHA BERSAMA PADA PELAKU USAHA KECIL MENENGAH DALAM MENANGANI TINGKAT KEMISKINAN DI KECAMATAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO. Diss. Universitas Panca Marga Probolinggo.
Yuliana, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif terhadap Minat Beli Penumpang Bus Damri Unit Angkutan Kota Bandung." Jurnal Ekonomi Manajemen 4.1, Bandung.
Yulia, dkk. 2017. "Pengaruh media pembelajaran powtoon pada mata pelajaran sejarah indonesia dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa IIS kelas X di SMA negeri 17 Batam tahun pelajaran 2017/2018." HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program 2.1, Batam.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v5i2.11429
Refbacks
- There are currently no refbacks.