MANAJEMEN PELAYANAN BANTUAN SOSIAL BERAS SEJAHTERA DI KELURAHAN BASIRIH KOTA BANJARMASIN

Thaufik Rahman, M. Nur Iman Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui Manajemen Pelayanan Bansos Rastra di Kelurahan Basirih Kota Banjarmasin serta faktor-faktor yang yang menghambat dari Manajemen Pelayanan Bansos Rastra di Kelurahan Basirih Kota Banjarmasin. Penelitian  ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendeatan deskriptif kualitatif.Informan yang ada dalam penelitian ini adalah TKSK ( Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamtan), Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Kelurahan Basirih, Ketua RT Setempat , KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Teknik analisa yang dipakai menggunakan tahapan menurut Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang ada dalam tahapan Bansos Rasta masih ada beberapa faktor permasalahan yang di alami yakni pada masalah teknis penyaluran dan pada tahap penetapan pergantian KPM, maksud dari pergantian disini yaitu masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut sudah dapat dikatakan mampu dalam prekonomian nya maka masyarakat tersebut tidak berhak lagi mendapatkan bantuan tersebut akan tetapi pada manajemen pelayanan bansos rastra di Kelurahan Basirih ada sedikit keterlambatan untuk masalah pergantian KPM yang sudah dikatan mampu dengan yang tidak mampu , pada tahap penyaluran kepada KPM masih adanya stock beras yang ada di gudang kelurahan setelah peneliti melakukan observasi maupun melakukan fakta di lapangan ternyata stock beras tersebut hanyalah bersifat sementara yang mendapatkan bantuan masyarakat maka dari itu lah beberapa faktor penghambat dari Bansos Rastra yang ada di Kelurahan Basirih Kota Banjarmasin.

Kata Kunci: Bansos, Kelurahan, KP.


References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daft, R. L. ( 2002). Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga

Duadji, N. (2013). Manajemen Pelayanan Publik (Wacana Konsep, Teori dan Problema Pelayanan Publik).

Dwiyanto, A. (2011). Manajemen Pelayanan Publik (Peduli, Inklusif dan Kolaboratif.

Juliansyah, N, (2013). “Penelitian Ilmu Manajemen, Tinjauan Filosofis dan Praktis” cetakan ke-1. Jakarta: Kencana

Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. BumiAksara.

Mukarom, Z., & Muhibudin, W. L. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sarman, M. (2004). Pengantar Metodologi Sosial. Banjarmasin: Pustaka Fisip Unlam.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :

Website

https://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/09/pengertian-kesejahteraan-sosial.htm

https://medium.com/@TERRAITB/poac-planning-organizing-actuating-and-controlling-manajemen-organisasi-ea982e20529

Jurnal

Sakina, L. (2018). Evaluasi Program Beras Sejahtera (RASTRA) Di Kelurahan Matahalasan Kecamatan Tanjung Balai Utara KotaTanjung Balai

Masta, M. (2016). Implementasi Distribusi Beras Sejahtera (RASTRA) Di Desa Tanjung Jati Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus

Dokumen

Kementerian Sosial Republik Indonesia , 2018 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Sosial Beras Sejahtera Salemba: Jakarta Pusat.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v2i2.3143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

 

 

Web Analytics

Flag Counter