IMPLEMENTASI E KINERJA PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BALANGAN

Rahmaniah Rahmaniah

Abstract


Pelaksanaan E Kinerja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpad Satu Pintu Kabupaten Balangan sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 15 Tahun 20014 tentang Apartur Sipil Negara Pasal 80 ayat 3 Tunjangan kinerja dibayarkan sesuai dengan penacapaian kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, dengan  teknik analisis data yaitu : 1. Pengumpulan data, 2. Reduksi data, 3. Data display, 4. Conclusion darawing/verification.Informan penelitian tediri dari Pegawai Dinas Penananamn Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan. Hasil penelitaian ini menggambarkan bagaimana implementasi E kinerja, dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaannya pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan,Sistem E Kinerja dilaksanakan dan dimulai tahap uji coba mulai bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2020 berapapun nilai E kinerja yang diperoleh Pegawai Negeri Sipil Tetap Memperoleh Tambahan Penghasilan Pegawai 100%, setalah melalui tahap uji coba dan dirasa Pegawai Negeri Sipil sudah terbiasa mulai bulan April 2020 sudah dilaksanakan secara efektif dan sesuai dengan penilaian yang diperoleh untuk mendapatkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), Diterapkannya E kinerja sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku dan manfaatnya : 1. Alat untuk mengontrol Kehadiran Pegawai, 2. Meningkatkan Kinerja Pegawai, 3. Memudahkan manajemen birokrasi, 4. Sebagai indikator pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya Implemetasi E kinerja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dimulai dengan tahapan Penginputan data kinerja pegawai, Penyusunan SKP, dan diperolehlah Equal Pay For Equal Work (TPP) berpengaruh positif terhadap kinerja yang dihasilkan oleh pegawai, karena kinerja positif sehingga meningkatkan pencapaian Visi dan Misi SKPD, yang pada akhirnya memaksimalkan tujuan RPJMD Kabupaten Balangan, Faktor Pendukung dalam Implementasi E Kinerja Pegawai : Motivasi untuk medapatkan reward, Era digital 4.0, Sarana dan prasarana berupa tersedianya perangkat komputer dan penggunaan media android yang dimiliki oleh para pegawai. Faktor penghambat dalam Implementasi E Kinerja : Koneksi jaringan internet, apaila terjadi pemedaman listrik maka internet tidak berfungsi, Kedisiplinan pengisian E – Kinerja, Subyektifitas penilaian atasan atau pimpinan.

Kata Kunci : Implementasi, E Kinerja.


References


Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Raja Jakarta: Grafindo Persada.

Agustino, Leo (2020) Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Bandung Alfabeta.

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Iqbal Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta. Galia Indonesia

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Mihaiu Diana. 2013. Measuring Performance In The Public Sector: Between Necessity And Difficulty. Lucian Blaga University of Sibiu, Romania Studies in Business and Economics

Mohamad Mahsun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE

Mulyadi, Deddy. Studi Kebijakan Publik Bandung Alfabeta.

Nugroho, Riant Dwijodijoto. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, Evaluasi, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

------------. 2008.Public Polic . Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. Nugroho, Riant. 2011. Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Subarsono, AG. 2005. Analisis Kebijakan Publik (konsep, teori, dan aplikasi).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

------. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alpabeta

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik (Teori, Proses dan Studi Kasus) Yogyakarta: CAPS

Wibowo Manajemen Kinerja Edisi keempat PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta

Jurnal / Penelitian

Alina Ciobanua, 2019 Motivasi Pegawai Negeri Sipil dan Prestasi Kerja di Rumania Institusi Publik

Dhany Wahyu Pratama, dkk, 2019. Penerpana E-Kierja di Dinas Perdaganagn Kota Surakarta.

Dwi Rafita Mukti, 2018. Pengaruh penilaian kinerja berbasi E-Kinerja terhadap prestasi kerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember (UNEJ).

Elhadi Idriss Yahya “Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Kinerja PT Pegawai Negeri Sipil di Kenya”

Firmansyah Yunialfi Alfian PP, Ario Analisis Pengaruh Remunerasi terhadap Kinerja Sipil Pegawai di Balai Diklat Pertanian Lampung Pratama Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Widya Wandansari, 2019. Pengaruh sistem penilaian E-Kinerja dan penghasilan tambahan pelayanan sipil terhadap kinerja dengan kepuasan pekerjaan sebagai variabel intervening di Sekretariat Daerah Kota Mojokerto.

Peraturan dan dokumen

Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Bupati Balangan Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Tamabhan Pengasilan Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Bupati Balangan Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan UraianTugas DinasPenanaman Modal dan PelayananTerpadu Satu Pintu.

Lakip SKPD DPMPTSP Kab. Balangan Th. 2020.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v4i1.5489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

 

 

Web Analytics

Flag Counter