KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM C) DI KANTOR SATUAN LALU LINTAS KEPOLISIAN RESORT HULU SUNGAI UTARA

anna Maryati, Taufik Arbain, Muhammad Riduansyah Syafari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan dan menganalisa kualitas pelayanan pembuatan SIM C dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu sungai Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan kualitas pelayanan pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara dinilai sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari pelayanan pendaftaran yang melakukan pelayanan dengan baik hanya saja untuk tempat parkir masih kurang memadai. Pembayaran di Loket BRI sudah melaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hanya saja untuk entry data dan foto SIM pelayanannya agak lambat dan ruang tunggu pelayanan kurang nyaman dikarenakan pendingin atau AC ruangan rusak. Pelaksanaan Ujian teori dan ujian praktek SIM pelayanannya sudah baik, hanya saja lapangan untuk pelaksanaan praktek agak bergelombang. Pelayanan penerbitan SIM sudah baik. Faktor yang berkaitan dengan kualitas pelayanan pembuatan SIM C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara adalah sumber daya manusia, sarana dan prasarana, ketidakpastian waktu pelayanan, sistem jaringan eror dan pemadaman listrik. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembuatan SIM C, penulis menyarankan kepada Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Hulu Sungai Utara untuk meningkatkan lagi bagian sarana dan prasarana terutama untuk pendingin ruangan, tempat parkir, dan lapangan untuk ujian praktek. Meningkatkan lagi kehandalan petugas dalam melayani dengan cepat. Menambah sumber daya manusia (petugas) dan perlunya memperbaiki atau membeli ginset, agar saat terjadi pemadaman listrik tidak menjadi kendala saat melakukan proses pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi.


References


Abdurrassyid. 2014. Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Sarjana pada STIA Amuntai: tidak diterbitkan

Agustiar, Yerni. 2015. Kualitas Pelyanan Pembuatan Papor di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin.Tesis Pascasarjana pada Universitas Lambung Mangkurat: tidak diterbitkan

Anonim.(2012).PeraturanKepalaKepolisian Negara Republik IndonesiaNomor 9 Tahun 2012TentangSurat IzinMengemudi

. (2009). Undang – Undang Tentang Kualitas Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009

(2017). Pengertian Observasi dan Wawancara. (online). Tersedia: http://gudangilmukita212.blogspot.com/2017/12/pengertian-observasi-dan-wawancara.html

(2015). Pengertian administrasi, fungsi, tujuan. (online). Tersedia: http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-administrasi-fungsi-tujuan.html

Fitriyani,Aan.2015.Makalah Pelayanan Prima. (online). Tersedia: http://aannfitriyani.blogspot.co.id/2015/01/makalah-pelayanan-prima.html

Harbani Pasolong.2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta CV

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator Serta Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media

Hutasoit, CS. 2000. Pelayanan Publik Teori Dan Aplikasi, Jakarta: Magnascript

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya, Bandung: Cv Mandar Maju

Kusuma, Bernadus Sri Kalja. 2015. Kualitas Pelayanan Publik Pada Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Tipe A Willy Ananias Gara Kota Palangka Raya.Tesis Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat:tidak diterbitkan

Laksono, M. Susilo Adityo (2015). Gudang Ilmu.(online). Tersedia: http://adityolaksono26.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-pelayanan-dan-faktor-faktor.html(11 Oktober 2015)

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Jakarta: Salemba Empat

Moloeng, lexy J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mukarom, Zaenal. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Cv Pusaka Setia

Mulyana, Deddy.2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu.2007. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara

Riduan, Akhmad.2013. Administrasi Publik, Banjarmasin: Pustaka Banua

Rusnadi, 2014.Kualitas Pelayanan Inseminasi Buatan (IB) di Dinas Peternakan dan Perikanan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.Tesis Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Tidak diterbitkan

Sedarmayanti.2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan, Bandung: PT. Refika Aditama

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta CV

Syafiie, Inu Kencana.2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI), Jakarta: PT Bumi Aksara

Yahya, H.M. 2003. Riset dan Teori Metodologi Penelitian MPS + MPA = MP. STIA Bina Banua Banjarmasin: Tidak diterbitkan

Yunita, Rini. 2014. Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggang pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Hulu Sungai Utara. Skripsi Sarjana pada STIA Amuntai: tidak diterbitkan

Wardi, Rusma. 2014. Kualitas Pelayanan Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Dalam Membuat Kartu Keluarga (KK) di Kabupaten Balangan. Skripsi Sarjana pada STIA Amuntai: tidak diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.20527/jpp.v5i1.7893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

 

 

Web Analytics

Flag Counter