PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK KELAS VIII SMP

Ayu Lestari, Chairil Faif Pasani, Ratna Yulinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi gangguan sistem pernapasan manusia untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development dengan model 4D. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar validasi serta angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli. Penilaian kepraktisan dilakukan oleh 10 peserta didik kelas VIII. Hasil validasi terhadap media pembelajaran memperoleh skor rata-rata total sebesar 0,953, dan memenuhi kriteria sangat valid. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan oleh peserta didik menunjukkan kategori sangat baik dengan skor total 91%. Sehingga dihasilkan media pembelajaran interaktif pada materi gangguan sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII yang valid dan praktis.

                                                     

Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, articulate storyline, gangguan sistem

                    pernapasan manusia


Full Text:

PDF

References


Al Amin, M., S., & Nelmawati, (2020). Aplikasi Pembelajaran dan Panduan Fiber to The Home (Ftth) PT. Telkom Indonesia Berbasis Android. Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN), 4(2), e-ISSN: 2548-6853.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Cholid, A., & Degeng, N., S. (2019). Developing Interactive Multimedia Model 4D for Teaching Natural Science Subject. International Journal of Education and Research, 7 (1). ISSN: 2411-5681.

Jusmiana, A., & Herianto. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi COVID-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-11.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Munir. (2012). Multimedia: konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Purba, R., A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, Yanti, Simarmata, J., Chamidah, D., Purba, D., S., Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Qosyim, A., & Priyonggo, F., V. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (2), 38-44.

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII. E-journal Pensa, 06 (02), 198-203.

Retnawati, H. (2016). Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikomotorian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Rusman, Riyana, C., & Kurniawan, D. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Setiawati, E., Rahayu, H., M., & Setiadi, A., E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation , 4 (1).

Wirawan, A. (2020). Memaksimalkan layanan informasi berbasis media audio visual: suatu upaya meningkatkan minat belajar siswa di SMP. Jurnal SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(2), 148-153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.