Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Pinterest pada Materi Pemanasan Global untuk Kelas VII SMP
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran E-learning menggunakan pinterest pada materi pemanasan global untuk kelas VII SMP. Desain pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Dessimanate). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh untuk media sebesar 0,737 dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran E-learning menggunakan pinterest pada materi pemanasan global untuk kelas VII SMP telah valid untuk dipergunakan. Tingkat kepraktisan media pada peneleitian ini didasarkan atas hasil respon penggunaan media oleh siswa yaitu diperoleh hasil sebesar 89% dari total jumlah siswa dengan keterangan sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media E-learning menggunakan pinterest yang dikembangkan bersifat valid dan praktis. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan inovasi baru dalam media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kurikulum agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-learning, Pinterest
Full Text:
PDFReferences
Ahsan, M. (2018). Efisiensi Penggunaan Elearning Dengan Memanfaatkan Teknologi Mobile Wireless Pada Stain Parepare. Jurnal Studi Pendidikan, 16(2), 154-161
Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 11-20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of
ratings. Educational and Psychological Measurument, 45(1), 131-142. doi: http://doi.org/10.1177/0013164485451012.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kartikasari, A., Roemintoyo, R., Yamtinah, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Sains Teknologi Masyarakat. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 1-14
Kemendikbud. (2016). Permendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital, Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2002. Hak Cipta.
Wikipedia. (2020). Wikipedia Ensiklopedia Bebas “Pinterest”. Retrieved from
id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pinterest&oldid=17675653
Pinterest. (2021). Mengirim pin, papan, dan profil. Retrieved from https://help.pinterest.com/id/article/send-pins-boards-and-profiles.
Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press.
Putro, B. N., Kurniawan, A., Fudin, M. S., & Trenggalek, S. P. (2018). Pengembangan Buku Pedoman Man To Man Deffense Bola Basket Umtuk Pelatih. Sport Area, 3(2), 111–120.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudarti, D. O. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2), 55-72
Suryani, N., & Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Thigarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota
Utomo, E. P. (2012). Form Newbie to Advance - Mudahnya Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Weni, D. M., & Isnaini, G. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan
pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis blog. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(2), 117-121.
Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple intelligences) Pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 540-547
Yaumi. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Kelas Vii . E-Journal Pensa, 5(1), 38 - 45 .
Zuhrowati, M. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Ipa Pada Materi Pemanasan Global . Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 6(2), 144-158.
Refbacks
- There are currently no refbacks.