Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Pinterest pada Materi Pemanasan Global untuk Kelas VII SMP

Nida Rifqiyati Rafida, Chairil Faif Pasani, Ratna Yulinda

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran E-learning menggunakan pinterest pada materi pemanasan global untuk kelas VII SMP. Desain pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Dessimanate). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh untuk media sebesar 0,737 dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran E-learning menggunakan pinterest pada materi pemanasan global untuk kelas VII SMP telah valid untuk dipergunakan. Tingkat kepraktisan media pada peneleitian ini didasarkan atas hasil respon penggunaan media oleh siswa yaitu diperoleh hasil sebesar 89% dari total jumlah siswa dengan keterangan sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media E-learning menggunakan pinterest yang dikembangkan bersifat valid dan praktis. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan inovasi baru dalam media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kurikulum agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-learning, Pinterest


Full Text:

PDF

References


Ahsan, M. (2018). Efisiensi Penggunaan Elearning Dengan Memanfaatkan Teknologi Mobile Wireless Pada Stain Parepare. Jurnal Studi Pendidikan, 16(2), 154-161

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 11-20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23

Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of

ratings. Educational and Psychological Measurument, 45(1), 131-142. doi: http://doi.org/10.1177/0013164485451012.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kartikasari, A., Roemintoyo, R., Yamtinah, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Sains Teknologi Masyarakat. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 1-14

Kemendikbud. (2016). Permendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital, Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2002. Hak Cipta.

Wikipedia. (2020). Wikipedia Ensiklopedia Bebas “Pinterest”. Retrieved from

id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pinterest&oldid=17675653

Pinterest. (2021). Mengirim pin, papan, dan profil. Retrieved from https://help.pinterest.com/id/article/send-pins-boards-and-profiles.

Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press.

Putro, B. N., Kurniawan, A., Fudin, M. S., & Trenggalek, S. P. (2018). Pengembangan Buku Pedoman Man To Man Deffense Bola Basket Umtuk Pelatih. Sport Area, 3(2), 111–120.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudarti, D. O. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam

Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2), 55-72

Suryani, N., & Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Thigarajan, S., Semmel, D. S. dan Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: University of Minnesota

Utomo, E. P. (2012). Form Newbie to Advance - Mudahnya Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Weni, D. M., & Isnaini, G. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan

pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis blog. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(2), 117-121.

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple intelligences) Pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 540-547

Yaumi. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Kelas Vii . E-Journal Pensa, 5(1), 38 - 45 .

Zuhrowati, M. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Ipa Pada Materi Pemanasan Global . Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 6(2), 144-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.