PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI TRANSFORMASI ENERGI DAN METABOLISME SEL KELAS VII SMP/MTs
Abstract
Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif articulate storyline materi transformasi energi dan metabolisme sel untuk kelas VII SMP/Mts. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran interaktif articulate storyline. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tetapi, pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap uji coba kepraktisan media pembelajaran interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif articulate storyline memperoleh skor validitas ahli media sebesar 91,18% dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran interaktif juga telah diuji cobakan di tiga kelas untuk kelas pertama memperoleh skor sebesar 85,95%, kelas kedua dengan skor 86,42%, dan kelas ketiga dengan skor 87,09% dengan keterangan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif articulate storyline materi transformasi energi dan metabolisme sel dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Peneliti berkeyakinan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini dapat memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran dan dengan media pembelajaran interaktif yang dikembangakan ini peserta didik juga dapat memahami dan menguasai pembelajaran IPA terpadu materi transformasi energi dan metabolisme sel dengan lebih mudah. Peneliti juga menemukan hal baru dalam penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan kegiatan literasi digital di sekolah.
Kata kunci: Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline.
Full Text:
PDFReferences
Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Era Global: Sebuah Tinjauan Terhadap Penelitian Teknologi Pendidikan di LPTK. Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.
Fauziah, L. R., Jalinus, N., & S, W. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-7.
Imam, A., & Ahsanuddin, M. (2016). Media Pembelajaran Bahasa Arab Dari Kartu Sederhana Sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107-115.
Nunuk, S., dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). WhatsApp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Varia Pendidikan, 31(1), 52-57.
Setyaningsih, dkk. (2020). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM. 3(6), 1200-1214.
Shoffa, S., Holisin, L., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., et al. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Bojonegoro: Agrapana Media.
Sohibun., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 2(2). 121-129.
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline : Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (IMOLES) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. 5(2), 50-56.
Surjarno, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif : Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Syofyan, H., Zulela, M.S., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan Awal Bahan Ajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD), Vol. 10(1).
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership training institute/special education, University of Minnesota.
Wicaksono, B. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Big Book Berbasis Budaya Lokal Sub Cerita “Sejarah Wirasaba” Pada Tingkat Sekolah Dasar. Tesis. Universitas Muhamadiyah Purwokerto.
Refbacks
- There are currently no refbacks.