Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pada Materi Atmosfer Untuk Siswa Kelas VII SMP

Annisa Nur Safitri, Ellyna Hafizah, Maya Istyadji

Abstract


Media gambar (2D) yang digunakan pada sumber belajar belum mampu menunjukkan secara detail mengenai materi atmosfer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi atmosfer melalui aplikasi powtoon berupa video animasi yang valid dan praktis. Sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan presentase. Aiken’s V digunakan sebagai perhitungan skor validitas dan Presentase sebagai perhitungans respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran video animasi memperoleh skor validitas ahli media 0,81 dengan kategori sangat valid dan validitas ahli materi sebesar 0,85 dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran video animasi juga telah diuji cobakan kepada sepuluh orang siswa untuk kelompok kecil dan memperoleh skor sebesar 84,2% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi materi atmosfer dinyatakan sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar disekolah.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT: Remaja Rosdakarya.

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156–178.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. DPDIKBUD Bekerja Sama dengan Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Hastuti, E. S., & Hidayati, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Ditinjau Terhadap Hasil Belajar Ipa Dari Kemampuan Komunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 25. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2562

Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50.

Liani, Rini, & Rery, R. U. (2020). The Development of Learning Media Based Powtoon in Atomic Structure Subject in First Grade Powtoon Pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia, 1, 1–10.

Madina, L.O., Pattiwael, M., Lahallo, F., Rupilele, F., & Palilu, A. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar dalam Berkomunikasi. Journal of Dedication to Papua Communicity, 2(2), 157–170.

Masnah, Syahmani, & Kusasi, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan dan Keterampilan Metakognisi pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Journal of Chemistry And Education, 1(3), 225–236.

Mawaddah, M., Ahied, M., Hadi, W. P., Wulandari, A. Y. R. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 2(2), 174–185. https://doi.org/e-ISSN: 2654-4210

Pratama, R. R., & Hambali. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(01), 53–57. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/22/13

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model ASSURE. Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3, 42–47.

Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014

Sari, N. (2018). Pengembangan Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Prezi Pada Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Buana, 2(12). https://doi.org/E-ISSN 2615-2630

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D.

Suharsimi, A. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Suryani, N. (2016). Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History. Proceeding The 2nd International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 131–144. https://doi.org/ISSN : 25002 - 4124

Utomo, A. P., Amalia, T. R., Iqbal, M., & Narulita, E. (2020). Android-Based Comic Of Biotechnology For Senior High School Students. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 4143–4150. www.ijstr.org

Wiana, W. (2018). Interactive Multimedia-Based Animation : A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. IOP Conf. Series : Journal of Physics, 1(953), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012024

Y, D., & Sulistiowati. (2012). Pengembangan Media Video Animasi Pada Materi Lapisan Bumi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 51 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.