Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Sonar dan Pemanfaatannya

Siti Nurhaliza, Ellyna Hafizah, Yudha Irhasyuarna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kevalidan produk aplikasi Prezi berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Sonar dan  Pemanfaatannya dan (2) menguji kepraktisan terhadap penggunaan aplikasi Prezi berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Sonar dan Pemanfaatannya. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Uji coba media dilakukan secara terbatas kepada 20 peserta didik kelas VIII-E di SMPN 9 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk aplikasi Prezi dikategorikan sangat valid dengan nilai 0,84 dan (2) kepraktisan aplikasi Prezi dikategorikan sangat praktis dengan persentase 92,86%. Hasil penelitian ini memungkinkan untuk dilakukan pengembangan aplikasi Prezi dengan materi atau pendekatan sains lainnya.

 Kata kunci: Prezi, pendekatan saintifik, sistem sonar


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. In Pustaka Pelajar (4th ed.).

Dinasari, D., Jufrida, & Dani, R. (2018). Desain media menggunakan software prezi dengan pendekatan scientific materi hukum newton tentang gerak. Jurnal EduFisika, 3(2), 49–58.

Hakim, M. L., & Faizah, U. (2019). Pengembangan media pembelajaran jamur dengan aplikasi prezi untuk melatihkan keterampilan pendekatan saintifik siswa kelas X. Jurnal BioEdu, 8(2), 85–94.

Hussain, D. (2018). The Development of ICT Tools for E-Inclusion Qualities. In M. E. Auer, D. Guralnick, & I. Simonics (Eds.), Teaching and Learning in a Digital World (pp. 734–740). Springer International Publishing.

Iman, F., Faoji Anwar, I., Junita Harahap, L., Ningsih, S., Miarsyah, M., &

Hendi Ristanto, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Mnemonic Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1356

Indira, E. W. M., Hermanto, A., & Pramono, S. E. (2019). Improvement of teacher competence in the industrial revolution era 4 . 0. International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), 443(11), 350–352. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.068

Jebreen, I. (2017). E-learning system – Challenges & barries : A case study. International Journal of Computing Academic Research (IJCAR), 6(2), 59–66.

Karunaratne, T., Peiris, C., & Hansson, H. (2018). Implementing small scale ICT projects in developing countries – How challenging is it ? International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 14(1), 118–140.

Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and challenges for teaching successful online courses in higher education. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/0047239516661713

Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in e-learning technologies : Role of multimedia in e-learning. Computers and Education, 42(1), 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.ch007

Kiss, G. (2016). Ms power point vs prezi in higher education. TOJET (The Turkish Online Journal of Educational Technology), 15(3), 126–130.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

Moulton, S. T., Turkay, S., & Kosslyn, S. M. (2017). Does a presentation ’ s medium affect its message ? PowerPoint , Prezi , and oral presentations. Journal of PLoS ONE, 1(1), 1–39.

Muruganantham, G. (2015). Developing of e-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Putra, F., Nur Kholifah, I. Y., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5E-Learning cycle strategy: Increasing conceptual understanding and learning motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898

Rahayu, S. D., & Sukoco. (2020). Improving teachers’ competence in information technology. International Conference on Educational Psychology and Pedagogy (ICEPP 2019), 399(13), 246–249. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.124

Riduwan, & Akdon. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sari, S., Aryana, D. M., Subarkah, C. Z., & Ramdhani, M. A. (2018). Multimedia based on scientific approach for periodic system of lement. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012137

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyanto, S. (2018). The implementation of the scientific approach through 5Ms of the revised curriculum 2013 in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(1), 22–29. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18719

Ustun, A. B. (2019). Students ’ experiences in learning and using prezi in higher education. Bartin University Journal of Faculty of Education, 8(3), 928–946. https://doi.org/10.14686/buefad.552138

Wahyu, E., Fathurohman, A., & Markos, S. (2016). Analisis buku siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP/MTs berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 14–24.

Yehya, F. M. (2020). Promoting technology- implementation learning paradigm for online learning in secondary education. Global Journal of Information Technology: Emerging Technologies, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.18844/gjit.v10i1.4620


Refbacks

  • There are currently no refbacks.