Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Litosfer untuk Peserta Didik SMP

Emilia Hasni, Muhammad Kusasi, Rizky Febriyani Putri

Abstract


Masih kurang dikembangkannya serta minimnya penggunaan media pembelajaran IPA, dalam proses pembelajaran pendidik hanya menggunakan media konvensional berupa buku paket dan LKS, sekalipun pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran namun media yang digunakan belum bervariatif sehingga membuat semangat peserta didik rendah atau kurang aktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada materi litosfer untuk peserta didik SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and developmnet (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan Tessmer, terdiri dari tahapan yang telah dimodifikasi yaitu Self Evaluation, Expert Review, One-to-One, dan Small Group saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif dinyatakan valid, karena nilai skor rata-rata validasi dari ahli media sebesar 0,78 dengan kategori valid dan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 0,77 dengan kategori valid, (2) media pembelajaran interaktif dinyatakan praktis, karena penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji One-to-One sebesar 87,43% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap uji Small Group sebesar 75,52% dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada materi litosfer dapat dinyatakan kelayakannya digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, articulate storyline, litosfer


Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the realibility, and validity of ratings. Education and Psychological Measurement, XLV(1), 131-142.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: POT Remaja Rosdakarya.

Ansori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi penelitian kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Arifin, Z. (2018). Pengembangan instrumen analisis kesalahan mengukur critical thinking skill berdasarkan kompetensi dasar inti kurikulum 2013. Jurnsl EduMa, VII(2), 53-62.

Arsyad. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Borich, G. D. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Msc Millisn Publishing Company.

Fajri, V. R., & Lazulya. (2018). LEarning media design using adobe flash professional CS6 software in the fourth elements material transition period. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, X(2), 28-41.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, I(1), 91-106.

Khamzawi, S., Wiyono, K., & Zulherman. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis model pembelajaran probelm based learning pada mata pelajaran fisika pokok bahasan fluida dinamis untuk SMA kelas XI. Jurnsl Inovasi dan Pembelajaran Fisika, II(1), 100-108.

Kusumaningtyas, A. D., & Mukminin. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran geografi dengan materi litosfer dan pedosfer untuk SMA kelas X. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, XI(1), 1-15.

Larasati, M., Fibonacci, A., & Wibowo, T. (2018). Pengembangan modul berbasis problem based learning pada materi polimer kelas XII SMK Ma'rif NU 1 Sumpiuh. Jurnal Tadris Kimiya, III(1), 32-41.

Masada, W., & Prastowo, T. (2019). Development of guided inquiry learning model by articulate storyline media on elasticity materials to increase student's motivation and learning achievement. International Journal of Science and Research Publication, IX(12), 432-438. doi:10.29322/IJSRP.9.12.2019.p9648

Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas III SD. JPGSD, VI(5), 681-692.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash pada kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Undiksa, VIII(3), 527-540.

Panjaitan, R. G., titin, & Putri, N. N. (2020). Multimedia berbasis ga,e edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di kelas XI SMA. Indonesian Journal of Science Education, VIII(5), 141-151.

Paramita, R., Panjaitan, r. G., & Ariyanti, e. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, II(2), 83-88.

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas XI si SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, V(1), 52-65.

Saputra, A., & Filahanasari, E. (2020). Pengembangan media video untuk pengenalan karir di taman kanak-kanak. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, III, 499-507. Diambil kembali dari http:dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110

Savitri, E., Panjaitan, R. G., & Titin. (2016). Pengembangan media e-comic bilingual sub materi saluran dan kelenjar pencernaan. Unnes Science Education Journal, V(3), 1379-1387.

Sugianto, S. D., Ahied, M., & Wulandari, A. Y. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis proyek teintegrasi STEM pada materi tekanan. Journal of Natural Science Education Research, I(1), 28-39.

Sugiharni, G. A. (2018). Pengujian validitas konten media pembelajaran interaktif berorientasi model creative solving. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, II(2), 88-95.

Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluation: improving the quality of education and training. London: Kogan Page.

Titin, & Dara, E. N. (2016). Penyusunan perangkat pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, VII(1), 45-56.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan media komik IPA untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, I(1), 24-35. Diambil kembali dari http://doi.org/10.21831/JIPI.VIII.4529


Refbacks

  • There are currently no refbacks.