PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA POKOK BAHASAN GERAK BENDA UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs

Maulina Adiyanti, Maya Istyadji, Sauqina Sauqina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kebutuhan media pembelajaran yang interaktif dalam mata pelajaran IPA terutama pada pokok bahasan gerak benda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas dan kepraktisan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak benda. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Development). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan instrumen validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase sesuai kategori. Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline memperoleh skor validasi sebesar 0,85. Hasil uji coba peserta didik dengan kelompok kecil sebanyak 14 orang dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 92,27%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak benda sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, menarik, serta modern.

 

Kata Kunci: Multimedia interaktif, articulate storyline, gerak benda


Full Text:

PDF

References


Al-Habib, S. A. (2020). Potensi penggunaan articulate storyline 3.6 berbasis e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi tingkat SMA di era industri 4.0. Pendidikan Biologi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan media pembelajaran daya antibakteri ekstrak buah sawo berbasis macromedia flash. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72-80.

Baharuddin, & Daulay, I. (2017). The development of computer based learning media at a vocational high school. International Journal of GEOMATE, 30(1), 96-101.

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan reabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 223.

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Validitas dan kepraktisan modul pembelajaran human machine interface pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2), 399.

Hajar, S., Nurfajriani, & Halimah, N. (2020). Pengaruh multimedia articulate storyline berbasis discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi laju reaksi. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (pp. 266-267). Medan: Universitas Negeri Medan.

Indasah, S., Sulistiana, D., & Sholihah, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 70-83.

Indriani, M. S., Artika, I. W., & Ningtias, D. W. (2021). Penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31.

Maryeni, L., Siregar, S. N., Roza, Y., & Jalinus. (2019). Development of computer-based learning media using mind map for learning mathematicsin topics of rectangle and triangle at secondary school. Companion Proceedings of the SEADRIC 2019, (pp. 73-84). Yogyakarta.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. A. (2021). Belajar sumber daya alam melalui media komik digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 143.

Mufidah, E., & Khori, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Media Komunikasi Hasil PenelitianPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 124-132.

Nugraheni, T. D. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada mata pelajaran sejarah indonesia kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Nugroho, F., & Arrosyad, I. M. (2020). Learning multimedia development using articulate storyline for students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 575-579.

Nurrohim, R. M., Ardipal, & Marzam. (2017). Pengaruh media audio visual pada pembelajaran musik ansambel kelas VIII di SMP Negeri 5 Pariaman. E-Jurnal Sendratasik, 6(1), 60.

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan media M-Learning berbasis aplikasi articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah menengah atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380 - 2391.

Pratama, R. A. (2018). Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Dimensi, 7(1), 19-35.

Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran korespondensi berbasis android menggunakan articulate storyline 3. Economic & Education Journal, 2(2), 180-181.

Rosandi, A. F., Tjandrakirana, & Supardi, I. (2016). Pengembangan multimedia IPA berbasis flash untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(1), 34-40.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122-130.

Sari, S. G., Fauzan, A., Armiati, & Yerizon. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis problem based learning di kelas V SDN 22 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate storyline : sebuah pengembangan media pembelajaran pada materi sel. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.

Suharnita, E., Armis, & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran digital berbantuan worksheet materi bangun ruang sisi datar. Journal of Mathematics Education, 3(1), 11-26.

Widyastuti, C. (2017). Tanggapan siswa kelas VII terhadap penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Pleret. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.