PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN ADAPTASI DAN SELEKSI ALAM UNTUK SISWA SMP KELAS IX
Abstract
Metode ceramah masih banyak dilakukan di sekolah yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dan merasa bosan. Siswa masih menganggap pembelajaran IPA sulit dipahami termasuk adaptasi dan seleksi alam. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media interaktif yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan agar pembelajaran menjadi menyenangkan, mudah dipahami dan tidak membosankan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian adalah 5 validator yang merupakan dosen dan guru. 33 siswa kelas IX SMPN 11 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen validasi media interkatif, lembar angket respon siswa, dan tes soal. Hasil penelitian menunjukan : (1) media interaktif termasuk valid dengan nilai rata-rata seluruh aspek 0,77, (2) Media interaktif termasuk sangat praktis, dengan uji perorang mendapatkan rata-rata seluruh aspek 91,92% dan uji kelompok kecil mendapatkan rata-rata seluruh aspek 89,55%, (3) Media interaktif dilihat dari hasil rata-rata pre-test dan post-test terjadi peningkatan sekitar 50% siswa yang berhasil mendapatkan nilai di atas 75. Dari uji N-Gain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,71. Skor N-Gain 0,71 berada dalam rentang nilai g>0,7, yang termasuk kriteria sangat efektif. Dengan demikian, media interaktif pada pokok bahasan adaptasi dan seleksi alam adalah layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Adaptasi dan seleksi alam, media interkatif
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, L., Lestari, S. R., & Handayani, N. (2019). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis adobe flash cs6 pada materi sistem sirkulasi manusia kelas XIMIPA SMA Nasional Malang. Pendidikan Biologi, x, 85.
Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasisains pelajaran fisika berbasis STEM. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, XXII(2), 223.
Darnawati, Jamaludin, Batia, L., Irawati, & Salim. (2019). Pemberdayaan guru melalui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan aplikasi articulate storyline. Pengabdian Kepada Masyarakat, I, 9-10.
Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas modul dengan model inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan proses sains siswa pada materi kalor. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, II(2), 106. doi:10.24042
Gabejan, A. M., Jr, E. B., & Lacanaria, K. H. (2021). Mobile-based interactive media in remedial reading instruction. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, IV(5), 100. doi:10.32996/ijllt
Ghofur, A., & Youhanita, E. (2020). Interactive media development to improve student motivation. International Journal of Education & Curriculum Application (IJCA), III(1), 2-3.
Indasari, P. N., & Budiyanto, M. (2019). Theoretical feasibility of interactive multimedia based on articulate storyline in liquid pressure. Journal Pensa, 15-17.
Kemendikbud. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), II(1), 1-10.
Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Doubleclick: Journal Of Computer And Information Technology, I(1), 71.
Luthfi, M. B., Rochmadi, S., Daryono, R. W., & Saputra, R. P. (2021). The development of interactive media based on video animation in the use of a total station for measurement stake out the building. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE), IV(1), 601. doi:10.33258/1767
Pratama, R. A. (2018). Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. DIMENSI, VII(1), 26-33.
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, I(2), 5562.
Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pkn kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, V(1), 52-62.
Rahmi, M. S., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Development of macromedia flash 8 interactive learning media on thematic learning themes of my experience. International Journal of Elementary Education, III(2), 179-184.
Reffiane, F., & Bayutama, L. (2019). Interactive media development based macromedia flash 8 on themeliving matter of primary class IV. International Journal of Active Learning, III(1), 43.
Roliza, E., Ramadhona, R., & T, L. R. (2018). Praktikalitas lembar kerja siswa pada pembelajaran matematika materi statistika. JURNAL GANTANG, III(1), 43.
Rukiati, I. (2018). Penggunaan kartu make a match untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan jenis-jenis adaptasi. JURNAL WAHANA PENDIDIKAN, V(2), 1-5.
Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline pada mata pelajaran ekonomi kelas X. Inovtech, II(1), 3-4. doi:10.1007
Siregar, A. C., Adisaputera, A., & Yus, A. (2020). The development of interactive media assisted by macromedia flash to improve the ability of understanding the fiction story information in elementary school students. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE), III(2), 1200-1207. doi:10.33258/1053
Soegeng. (2016). Fundamentals of Research (Social Affairs, Psychology, and Education). Semarang: Magnum.
Sugiharni, G. A., & Setiasih, N. W. (2018). Validasi butir instrumen evaluasi model alkin menggunakan formula aiken. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (p. 31). Bali: SENAPATI Ke-9.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarto, S., & Koneri, R. (2016). Ekologi Hewan. Bandung: CV. PATRA MEDIA GRAFINDO BANDUNG.
Widiarti, A. (2019). Peningkatan hasil belajar materi mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan menggunakan model pembelajaran mind map. Education Journal : Journal Education Research and Development, III(2), 81-84. doi:10.31537/ej.v3i2.222
Wirdawati. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelangsungan hidup makhluk melalui pembuatan cerita bergambar dengan pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Jurnal Pendidikan Tabumsai, III(1), 1306-1310.
Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. Bioedu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, IX(1), 170.
Zakaria, L. M., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based-leearning : validitas dan reliabilitas. J. Pijar MIPA, XV(5), 55. doi:10.29303
Refbacks
- There are currently no refbacks.