PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU

muhammad ikrom al-ghofiqi

Abstract


Literasi sains merupakan suatu kemampuan untuk menggunakan dan menerapkan konsep sains dalam kehidupan sehari-hari, serta menjelaskan fenomena ilmiah berdasarkan bukti ilmiah yang diperoleh. Hasil PISA menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya fasilitas yang menunjang literasi sains peserta didik termasuk pada bahan ajar. Berdasarkan kajian literatur, kearifan lokal dan karakter rasa ingin tahu berpotensi meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul IPA terpadu berbasis literasi sains yang bermuatan kearifan lokal dan berfokus pada karakter rasa ingin tahu pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai tahapan develop dan belum dilakukan uji lapangan, sehingga perlu untuk dilakukan uji lapangan kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut pada tahapan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan uji validitas dan uji reliabilitas modul IPA terpadu sebesar 0,88 dengan kategori valid dan 85,42% dengan kategori sangat reliabel.Oleh sebab itu, produk dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar di kelas.

Kata kunci: modul IPA terpadu; literasi sains; kearifan lokal; karakter rasa ingin tahu.


Full Text:

PDF

References


Alfian, M. (2013). Potensi kearifan lokal dalam pembentukan jati diri dan karakter bangsa. Prosidinh The 5th ICSSIS. Jakarta: Universitas Indonesia.

Fauzi, Zainuddin, & Atok. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. JTP2IPS, 2 (2), 27-36.

Fitriani, N. (2017). Penyusunan bahan ajar fisika SMP berorientasi keseimbangan literasi sains pada tema pencemaran lingkungan. Skripsi, 50-62.

Martawijaya. (2019). Pengembangan buku fisika peserta didik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi sains peerta didik sekolah menengah atas. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Nurfaidah, S. (2017). Analisis aspek literasi sains pada buku teks pelajaran IPA kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 88-92.

OECD. (2018). Programme for international student assessment (PISA) result from PISA 2018. New York: Columbia University.

Thiagarajan. (1974). Instruction development for training teacher of exceptional children. Blooming Indiana: Indiana University.

Wibowo. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.