IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 BANJARMASIN PADA KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA

feninda suryaputri

Abstract


Telah dilakukan penelitian implementasi model inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kompetensi literasi sains antara kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan model belajar konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment serta non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjarmasin dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang untuk kelas kontrol di kelas VII A dan 35 orang di kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan yakni (1) adanya perbedaan hasil belajar pengetahuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) adanya perbedaan kompetensi literasi peserta didik pada antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

Kata kunci:hasil belajar, literasi sains, inkuiri terbimbing

Telah dilakukan penelitian implementasi model inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kompetensi literasi sains antara kelas yang menggunakan model inkuiri terbimbing dan model belajar konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment serta non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjarmasin dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang untuk kelas kontrol di kelas VII A dan 35 orang di kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan yakni (1) adanya perbedaan hasil belajar pengetahuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) adanya perbedaan kompetensi literasi peserta didik pada antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

Kata kunci: hasil belajar, literasi sains, inkuiri terbimbing


Full Text:

PDF

References


Aiken, L. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955-959.

Bell, T., Urhahne, D., Schanze, S., & Ploetzner, R. (2010). Collaborative Inquiry Learning: Models, tools, and challenges. International Journal of Science Education, 32(3), 349-377.

Bunterm, T., Lee, K., & Srikoon, S. (2014). Do Different Levels of Inquiry Lead to Different Learning Outcomes? A comparison between guided and structured inquiry. International Journal of Science Education, 36(12), 1937-1959.

Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83-92.

Fajriani, M. F. (2015). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika.

Haristy, D., Ernawati, E., & Lestari, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA N 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1-12.

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 275-288.

Ngertini, N., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diambil kembali dari Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://puspendik.kemdikbud.go.id

Rahmadani, Y. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183-190.

Walker, L., & Warfa, A. R. (2017). Process oriented guided inquiry learning (POGIL®) marginally effects student achievement measures but substantially increases the odds of passing a course. Public Library of Science, 12(10).

Winarsunu. (2010). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.