PENGAMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI CAHAYA

sri agustini

Abstract


Modul IPA merupakan bahan IPA untuk mencapaikan proses tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kevalidan modul, keterbacaan, kepraktisan modul IPA Berbasis Literasi Sains. Berdasarkan hasil kelima validator  pada validasi modul diperoleh  presentase kevaliditas 90%, dan modul sangat valid. Pada validasi soal diperoleh presentase kevaliditas 88% soal sangat valid. Pada tes soal diperoleh presentase kevaliditas 90% tes soal sangat valid.  Hasil uji coba oleh angket respon peserta didik dari keterbacaan modul uji kelompok kecil diperoleh presentase 90% dengan kriteria mudah. Uji coba oleh angket respon peserta didik dari keterbacaan soal uji kelompok kecil diperoleh presentase  88% dengan kriteria mudah. Pada uji coba oleh angket respon peserta didik dari kepraktisan modul uji kelompok kecil diperoleh presentase 89% dengan kriteria sangat praktis. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan modul IPA sangat valid, mudah dan sangat praktis.

 

Kata kunci: modul, literasi sains, ketebacaan modul, keterbacaan soal, kepraktisan modul.


Full Text:

PDF

References


Akani, O. (2016). An evaluation of class-room experiences of basic science teachers in secondary schools in ebonyi state of nigeria. British Journal of Educa-tion. 4(1), 64-76.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Komalasari, I., Kusdiana, A., & Ganda, N. (2018). Pengembangan bahan ajar pembelajaran bebicara berbasis literasi kearifan lokal melalui permainan bahasa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Dasar. 5(4), 250-259.

Nugraha, D. (2016). Pengembangan bahan ajar reaksi redoks bervisi sets, berorientasi konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education. 3(5), 15-25.

OECD, (2019). PISA result COMBINED executive summaries I, II & III. Paris: OECD Publishing.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutrio., Gunawan., Harjono, A., & Sahidu. H. (2018). Pengembangan bahan ajar fisika eksperimen berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berbikir kritis calon guru fisika. untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 4(4), 34-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.