PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN O’KAMI BERBASIS LITERASI SAINS PADA TOPIK SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP

Noor Laili

Abstract


Rendahnya tingkat literasi sains berdampak pada tingkat aktivitas belajar peserta didik yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan kelayakan media O’KAMI dengan topik materi suhu dan perubahannya berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar, adapun hasil yang diperoleh pada penelitian 1. Media O’KAMI pada pembelajaran suhu dan perubahannya valid digunakan untuk melatih literasi sains siswa kelas VII. 2. Media O’KAMI pada pembelajaran suhu dan perubahannya praktis digunakan untuk melatih literasi sains siswa kelas VII. 3. Media O’KAMI pada pembelajaran suhu dan perubahannya efektif digunakan untuk melatih literasi sains siswa kelas VII dengan N-gain kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media O’KAMI berbasis literasi sains pada topik materi suhu dan perubahannya layak digunakan pada pembelajaran materi suhu dan perubahannya.

Kata kunci : Media O`KAMI, literasi sains, suhu dan perubahannya.

Full Text:

PDF

References


Agranti, W. (2016). Problematika belajar siswa. Jurnal Gerbang Etam. 10(1), 28-37.

Akbar, S. (2013). Intrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Offset.

Andito,M,.S,.R & Supraidi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif materi keterampilan kepramukaan golongan penegak dalam kegiatan pengembangan. Jurnal Educate. 5(1), 73-85.

Ariesta, R & Supartono. (2011). Pengembangan perangkat perkuliahan kegiatan laboratorium fisika dasar II berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kerja ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika.Indonesia. 1(7), 62-65.

Kustandi,C & Sutjipto,B. (2012). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2016). Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 & 23 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan repulik Indonesia.

Pramuda, A & Angraeni, L. (2016). Pengembangan media pembelajaran getaran dan gelombang berbasis holografi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 5(2), 157-173.

Setiawan ,D & Bentri, A. (2015). Articulate stoyline inovasi media pembelajaran IPA berbasis animasi powerpoint untuk meningkatkan minat belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan UKSW. 115-122.

Toharudin, U., Hendrawati,S & Rustaman,A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.

Widiawati, W.,Susongko,P & Widiyanto, B. (2019). Pembelajaran model double loop problem solving berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 3(2), 86-93.

Widyastuti, E & Susiana. (2018). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Jurnal Of Physics: Conference Series. 1-8.

Widoyoko, E,P. (2016). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakwala Pendas. 3(2), 21-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.