PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE TOPIK KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA KELAS VII SMP

Hidayatul Mukarromah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif topik klasifikasi materi dan perubahannya yang valid dan praktis. Media pembelajaran ini diharapkan menjadi solusi keterbatasan media pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) melalui model pengembangan Martin Tessmer. Tahapan-tahapan yang dilakukan yakni tahap evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Subjek penelitian pada uji pakar melibatkan 5 dosen ahli media dan 5 dosen ahli materi, uji perorangan terdiri dari 3 orang peserta didik, dan 8 orang peserta didik pada uji kelompok kecil. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu validitas media dari ahli media rata-rata sebesar 0,84 dan validitas media dari ahli materi rata-rata sebesar 0,82. Masing-masing kriteria validitas yaitu sangat valid. Adapun keterbacaan media memperoleh rata-rata 85,9 % dengan kriteria praktis. Kepraktisan harapan media yang diperoleh rata-rata sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif topik klasifikasi materi dan perubahannya valid dan praktis.

 

Kata kunci: Validitas, kepraktisan, media interaktif, articulate storyline


Full Text:

PDF

References


Adityawardani, D., & & Hidayati, A. N. (2017). Profil Konsepsi Siswa SMP Dengan CRI Test Berbasis Revised Bloom's Taxonomy Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahnnya. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 335-340.

Akbar, S., & Sahertian, J. (2018). Development of Validation Instrument for Interactive Multimedia Learning Implementation Plan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 244, hal. 118-123. Atlantis Press.

Akker, J. V., Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research. Enschede : Netherlands Institute of Curriculum Development (SLO).

Anggraeni, M. E., Effendy, & Munzil. (2018). Keefektifan Tes Pilihan Ganda Tiga Tingkat Dan Pilihan Ganda-Wawancara Dalam Mengidentifikasi Miskonsepsi Asam Basa. EduChemia, 3(1), 40-50.

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89-98.

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89-98.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). E-Learning And The Science Of Instruction: Proverb Guidelines For Consumers And Designers Of Multimedia Learning, Third Edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Dwipayana, P. A., Redhana, I. W., & & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49-60.

Irwandani, Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, & Widayanti. (2017). Modul Digital Interaktif berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 221-231. doi:10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.

Mayer, R. E. (2017). Using Multimedia for E-Learning: Multimedia For E-learning. Journal of Computer Assisted Learning, 33(1), 403-423.

Miftah, M. (2018). Pengembangan dan Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Interaktif. Jurnal Litbang, XIV(2), 147-156.

Nissa, A. D., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., Ahmad, & Solikin, A. (2021). Development of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, (hal. 1720).

Novianto, L. A., Degeng, I. N., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 257-263.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Putri, K. E., & Damayanti, S. (2019). Pengembangan E-Learning Menggunakan Portal Pembelajaran Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 Di Era Disruption. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 117-132 . doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13182

Rahmat, H., & Arnawa, I. M. (t.thn.). Development Of Learning Media Based On Interactive Multimedia In Mathematics Learning For Class VIII Junior High School In Indonesia. International Journal Of Scientific & Technology Research, 6(9), 506-511.

Retnawati, H. (2016). Analisis. Yogyakarta: Parama Publishing.

Saputro, R. E., & Saputra, D. I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality . Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153-162.

Satriawan, R., Endriana, N., Irianto, F. A., & Ahyan, S. (2020). The Card Logic Logarithm as an Interactive Media in Teaching Logarithm: a Development Study. The 5th Hamzanwadi International Conference of Technology and Education 2019. 1539, hal. 012080. IOP Publishing.

Siemieniecka, D., Kwiatkowska, W., & Majewska, K. (2017). The Potential of Interactive Media and Their Relevance in the Education Process. International Journal of Psycho-Educational Sciences, 6(3), 1-10 .

Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS Pada Siswa Kelas VIII . Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 58-70.

Wena, M. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wiyono, K. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis ICT Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 123-131 Vol. 2 (2).

Wiyono, K., Ismet, I., & Saparini, S. (2020). Development of Interactive Multimedia for Learning Physics Based on Traditional Games. National Conference on Mathematics Education. 1480, hal. 012074. IOP Publishing.

Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. Supremum Journal of Mathematics Education, 4(1), 78-91 . doi:10.35706/sjme.v4i1.3136

Yildirir, H. E., & Demirkol, H. (2018). Revealing Students’ Cognitive Structure About Physical And Chemical Change: Use Of A Word Association Test. European Journal of Education Studies, 4(1), 134-156.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50-58.

Yusuf, M. F., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Materi Atmosfer Bumi Kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.