PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMP

Rina Eriyanti

Abstract


Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline materi tekanan zat untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline memperoleh skor validitas ahli media sebesar 0,83 sedangkan validitas ahli materi sebesar 0,84. Media pembelajaran interaktif juga telah diuji coba kan kepada delapan orang siswa untuk kelompok kecil dan memperoleh skor sebesar 89%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline materi tekanan zat dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Tekanan Zat


Full Text:

PDF

References


Andoro, I. F. (2015). Proses Visualisasi Sistem Operasi Berbasis Multimedia dengan Metode Kognitif Piaget di SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal IC-Tech, 10(2), 52-59.

Aulia, A., & Masniladevi. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 602-607.

Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16.

Dwipayana, P. A., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49-60.

Fauziah, L. R., Jalinus, N., & S, W. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1-7.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Listya, A. (2018). Konsep dan Penggunaan Warna Dalam Infografis. Jurnal Desain, 06(01), 10-19.

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP pada Materi Tekanan pada Zat Cair dan Aplikasinya. Jurnal Pendidikan IPA, 4(3), 102-112.

Rianto. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Languange Education and Literature, 6(1), 84-92.

Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409-415.

Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Jurnal Inovtech, 2(1), 1-8.

Shoffa, S., Holisin, L., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., et al. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Bojonegoro: Agrapana Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pengembangan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.