HUBUNGAN ANTARA PENETAPAN TUJUAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA SMK NEGERI 1 MARTAPURA

Namora Gloria Sitanggang, Marina Dwi Mayangsari, Rika Vira Zwagery

Abstract


Setiap siswa memiliki keinginan untuk meraih prestasi di bangku pendidikan. Pada kenyataanya, tuntutan prestasi di sekolah semakin tinggi, sedangkan daya belajar siswa biasa-biasa saja. Hal ini akan menyebabkan rendahnya pencapaian prestasi pada siswa. Motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor yang mendorong individu dalam mencapai suatu keunggulan. Individu yang memiliki motivasi berprestasi dalam pendidikannya akan berusaha keras dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan. Penetapan tujuan diperlukan guna mengarahkan usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Martapura. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa kelas XI yang berada di SMK Negeri  1  Martapura.  Teknik  pengambilan  sampel  menggunakan  cluster  random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Skala Penetapan Tujuan dan Skala Motivasi Berprestasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi sebesar r = 0,606 dapat diartikan bahwa ada hubungan yang positif dan searah antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi. Dalam hal ini, semakin tinggi penetapan tujuan maka semakin tinggi motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Martapura, sedangkan semakin rendah penetapan tujuan maka semakin rendah motivasi berprestasi pada peserta didik SMK Negeri 1 Martapura.

Full Text:

PDF

References


Amelia, M. (2015). Pengaruh Adversity Quotient, Iklim Kelas, Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI. Is SMA Negeri Di Kabupaten Tanah Datar. Journal of Economic and Economic Education, 4(1), 149-159.

Gunawan, W., & Sisca. (2015). Gambaran Adaptabilitas Karier Remaja. Jurnal Psikologi, 11(2), 111-119.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan.

Jakarta: Erlangga.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: . Locke, E. A., & Latham , G. P. (1991). Self-Regulation

Through Goal Setting. Organizational Behavior And Human Decision Processes, 50(2), 212-247.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation. American Psychologist, 57(9), 705-717.

McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. New Year: Cambridge University Press,.

Prahara, H. (2017, Agustus 18). 72 Tahun Merdeka, Apa Kabar Pendidikan Indonesia? Retrieved from Edukasi Kompas: https://edukasi.kompas.com/read/2017/08/18/0 6490021/72-tahun-merdeka-apa-kabar- pendidikan-indonesia-

Indonesia .(2003).

Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Priyatno. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Putri,F.A., Monika,S., & Ninawati. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Akselerasi Dan Siswa Reguler.

Putrifani, A. P., Sudarmanto, R. G., & Nurdin. (2014). Pengaruh Nilai-Nilai Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Praktik Kerja Industri. Jurnal Studi Sosial, 2(2), 1-12.

Rahayu, E., & Mulyana, O. P. (2015). Hubungan antara Goal-Setting dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Atlet Renang. E-Journal UNESA, 3(2), 1-5.

Rahman, A. F. (2017). Hubungan Internal Locus Of Control Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). eJournal Psikologi, 5(1), 85-95.

Subowo,E., Martiarini,N. (2009). Hubungan Antara Harga Diri Remaja Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMK Yosonegori Magetan. Jurnal Psikohumanika. 2(1), 1-9.

Trusty, J., Niles, S. G., & Carney, J. V. (2005). Education-Career Planning And Middle

School Counselor. Professional School Counseling, 9(2), 136-143.

Vasalampi, K., Aro, K. A., & Nurmi, J. E. (2009). Adolescents’ Self-Concordance,School Engagement, and Burnout Predict Their Educational Trajectories. European Psychologist, 14(4), 1-11.

Weinberg, R.S. (2007). Goal Setting in Sport and Exercise. Washington,DC: American Psychological Association.

Yulianti, Sriati, A., & Widiasih, R. (2009). Gambaran Orientasi Masa Depan Narapidana Remaja Sebelum Dan Setelah Pelatihan Di Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Bandung. Majalah Keperawatan Unpad, 10(19), 97-104.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Namora Gloria Sitanggang, Marina Dwi Mayangsari, Rika Vira Zwagery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.