PERBEDAAN ADAPTABILITAS KARIR PADA PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DAN SMK NEGERI 1 MARTAPURA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aquila. (2012). Perbedaan pengalaman praktek kerja lapangan pada siswa sma-smk dan status keputusan karir terhadap kematangan karir. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20307891- T%2031396-Perbedaan%20pengalaman- full%20text.pdf
Argyropoulou, K., Tsikoura, I., & Kaliris, A. (2017). Career management skills of students in general and vocational upper-secondary schools in greece: career adaptability and self-efficacy in career planning. Baltic Journal of Career Education and Management, 5 (1), 1-15. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari http://oaji.net/articles/2017/453-1516300749.pdf
Badan Pusat Statistik. (2017). Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 1986-2017. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017 dari https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/97 2
Desmita. (2015). Psikologi perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Febriana, D. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi orientasi karir para santri remaja di Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada
tanggal 26 Oktober 2017 dari http://eprints.uny.ac.id/15978/
Guzman, A.B, & Choi, K.O. (2013). The relation of employability skills to career adaptability among technical school students. Journal of Vocational Behavior, 82 (3), 199-207. Diakses pada tanggal
Mei 2018 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ab s/pii/S0001879113000316
Indianti, W. (2015). Dukungan sosial dan regulasi diri dalam belajar untuk membangun adaptabilitas karir pada mahasiswa baru universitas Indonesia. Disertasi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016- 4/20416090-D2087-Wahyu%20Indianti.pdf
Kusuma, H. (2017). Pengangguran di RI didominasi lulusan SMK. Artikel Berita Ekonomi bisnis, Jumat 05 May 2017. Diakses pada tanggal 8
Oktober 2017 dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi- bisnis/3493153/pengangguran-di-ri-didominasi- lulusan-smk
Mardiyati, B.D, & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Fakultas Psikologi, 3 (1), 31-41. Diakses pada tanggal 18 Februari
dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/art icle/view/3033
Marpaung, D.N., & Yulandari, N. (2016). Kematangan karir siswa SMU Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin dan jenis sekolah. Jurnal Psikoislamedia, 1 (2), 311-324. Diakses pada
tanggal 25 Mei 2018 dari https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/91 8
Monteiro, S., & Almeida, L.S. (2015). The relation of career adaptability to work experience, extracurricular activities, and work transition in Portuguese graduate students. Journal of Vocational Behavior, 9, 106-112. Diakses pada
tanggal 25 Mei 2018 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ab s/pii/S0001879115001050
Nufus, A. (2017). Faktor penentu pemilihan karir siswa SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 26 Oktober 2017 dari http://eprints.uny.ac.id/48216/
Pond, K.M. (2010). What’s wrong with “i don’t know?” an analysis of the characteristics and experiences of high school students with career uncertainty. Thesis. Georgetown University Washington, DC. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari https://repository.library.georgetown.edu/bitstrea m/handle/10822/553875/pondKathryn.pdf?seque nc
Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Jakarta : Sekretariat Negara. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2017 dari http://www.bphn.go.id/data/documents/90pp029. pdf
Republik Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta : Sekretariat Negara. Diakses tanggal 12 Oktober 2017 dari https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP5507.pdf
Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara. Diakses tanggal 5 November 2017 dari http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP17- 2010Lengkap.pdf
Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak, buku 2 edisi 11. Jakarta : Salemba Humanika.
Savickas, M.L. (2005). The theory and practice of career construction. In S.D. Brown & R.W. Lent (eds), career development and counseling: putting theory and research to work. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, inc. Diakses pada tanggal 2 November 2017 dari http://en.booksee.org/book/677775
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career adapt- abilities scale: construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661-673.
Diakses pada 19 Februari 2017 dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0001879112000139
Soresi, S., Nota, L., & Ferarri, L. (2012). Career adapt- abilities scale-italian form: psychometric properties and relationships to breadth of interests, quality of life, and perceived barriers. Journal of Vocational Behavior, 80 (3), 705–
Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017 dari
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0001879112000334
Subtirica, O.N., Pop, E.I., & Crocetti, E. (2015). Developmental trajectories and reciprocal associations between career adaptability and vocational identity: a three-wave longitudinal study with adolescents. Journal of Vocational Behavior, 88, 131-142. Diakses pada tanggal 25
Mei 2018 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ab s/pii/S0001879115000299
Subtirica, O.N., & Pop, E.I. (2016). Longitudinal links between career adaptability and academic achievement in adolescence. Journal of Vocational Behavior, 93, 163–170. Diakses
pada tanggal 8 Oktober 2017 dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0001879116300148
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d. Bandung : Alfabeta.
Zulfiani, H. (2017). Adaptabilitas karir ditinjau dari dukungan keluarga, jenis kelamin, dan jenis sekolah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2017 dari
http://digilib.uin- suka.ac.id/24558/2/13710017_BAB-I_IV-atau- V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hikmatul Aridha Husna, Marina Dwi Mayangsari, Rooswita Santia Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.