PERBEDAAN ADAPTABILITAS KARIR PADA PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DAN SMK NEGERI 1 MARTAPURA

Hikmatul Aridha Husna, Marina Dwi Mayangsari, Rooswita Santia Dewi

Abstract


Masalah yang sering dihadapi remaja dalam mempersiapkan karir adalah ambiguitas, ketidakpastian, dan stres yang cukup besar jika menhadapi eksplorasi karir dan pengambilan keputusan. Hal ini tidak akan terjadi apabila remaja memiliki adaptabilitas karir yaitu kemampuan dan kesiapan menghadapi situasi tidak terduga, tugas-tugas, dan transisi karir termasuk berpartisipasi dalam tuntutan sekolah untuk mempersiapkan karir. Salah satu faktor yang mempengaruhi adaptabilitas karir adalah institusi pendidikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan adaptabilitas karir pada peserta didik di Pondok Pesantren Darussalam dan SMK Negeri 1 Martapura. Subjek penelitian yaitu 100 orang peserta didik Pondok Pesantren Darussalam dan 100 orang peserta didik SMK Negeri 1 Martapura, dengan karakteristik yaitu peserta didik kelas XI, berusia 15-22 tahun, dan menjadi peserta didik di institusi pendidikan terkait minimal 1 tahun. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan skala adaptabilitas karir. Hasil analisis data menggunakan t-tes sampel independen menunjukkan –t hitung<- t tabel dengan signifikansi 0,000 < 0,050, artinya ada perbedaan adaptabilitas karir yang signifikan pada peserta didik di Pondok Pesantren Darussalam dan SMK Negeri 1 Martapura. Nilai rata-rata adaptabilitas karir peserta didik SMK Negeri 1 Martapura lebih tinggi daripada peserta didik Pondok Pesantren Darussalam dengan perbedaan sebesar 12,79.

Full Text:

PDF

References


Aquila. (2012). Perbedaan pengalaman praktek kerja lapangan pada siswa sma-smk dan status keputusan karir terhadap kematangan karir. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20307891- T%2031396-Perbedaan%20pengalaman- full%20text.pdf

Argyropoulou, K., Tsikoura, I., & Kaliris, A. (2017). Career management skills of students in general and vocational upper-secondary schools in greece: career adaptability and self-efficacy in career planning. Baltic Journal of Career Education and Management, 5 (1), 1-15. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari http://oaji.net/articles/2017/453-1516300749.pdf

Badan Pusat Statistik. (2017). Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 1986-2017. Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017 dari https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/97 2

Desmita. (2015). Psikologi perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Febriana, D. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi orientasi karir para santri remaja di Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada

tanggal 26 Oktober 2017 dari http://eprints.uny.ac.id/15978/

Guzman, A.B, & Choi, K.O. (2013). The relation of employability skills to career adaptability among technical school students. Journal of Vocational Behavior, 82 (3), 199-207. Diakses pada tanggal

Mei 2018 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ab s/pii/S0001879113000316

Indianti, W. (2015). Dukungan sosial dan regulasi diri dalam belajar untuk membangun adaptabilitas karir pada mahasiswa baru universitas Indonesia. Disertasi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016- 4/20416090-D2087-Wahyu%20Indianti.pdf

Kusuma, H. (2017). Pengangguran di RI didominasi lulusan SMK. Artikel Berita Ekonomi bisnis, Jumat 05 May 2017. Diakses pada tanggal 8

Oktober 2017 dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi- bisnis/3493153/pengangguran-di-ri-didominasi- lulusan-smk

Mardiyati, B.D, & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Fakultas Psikologi, 3 (1), 31-41. Diakses pada tanggal 18 Februari

dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/art icle/view/3033

Marpaung, D.N., & Yulandari, N. (2016). Kematangan karir siswa SMU Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin dan jenis sekolah. Jurnal Psikoislamedia, 1 (2), 311-324. Diakses pada

tanggal 25 Mei 2018 dari https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/91 8

Monteiro, S., & Almeida, L.S. (2015). The relation of career adaptability to work experience, extracurricular activities, and work transition in Portuguese graduate students. Journal of Vocational Behavior, 9, 106-112. Diakses pada

tanggal 25 Mei 2018 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ab s/pii/S0001879115001050

Nufus, A. (2017). Faktor penentu pemilihan karir siswa SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 26 Oktober 2017 dari http://eprints.uny.ac.id/48216/

Pond, K.M. (2010). What’s wrong with “i don’t know?” an analysis of the characteristics and experiences of high school students with career uncertainty. Thesis. Georgetown University Washington, DC. Diakses pada tanggal 25 Mei 2018 dari https://repository.library.georgetown.edu/bitstrea m/handle/10822/553875/pondKathryn.pdf?seque nc

Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Jakarta : Sekretariat Negara. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2017 dari http://www.bphn.go.id/data/documents/90pp029. pdf

Republik Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta : Sekretariat Negara. Diakses tanggal 12 Oktober 2017 dari https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP5507.pdf

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Sekretariat Negara. Diakses tanggal 5 November 2017 dari http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP17- 2010Lengkap.pdf

Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak, buku 2 edisi 11. Jakarta : Salemba Humanika.

Savickas, M.L. (2005). The theory and practice of career construction. In S.D. Brown & R.W. Lent (eds), career development and counseling: putting theory and research to work. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, inc. Diakses pada tanggal 2 November 2017 dari http://en.booksee.org/book/677775

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career adapt- abilities scale: construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661-673.

Diakses pada 19 Februari 2017 dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0001879112000139

Soresi, S., Nota, L., & Ferarri, L. (2012). Career adapt- abilities scale-italian form: psychometric properties and relationships to breadth of interests, quality of life, and perceived barriers. Journal of Vocational Behavior, 80 (3), 705–

Diakses pada tanggal 8 Oktober 2017 dari

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0001879112000334

Subtirica, O.N., Pop, E.I., & Crocetti, E. (2015). Developmental trajectories and reciprocal associations between career adaptability and vocational identity: a three-wave longitudinal study with adolescents. Journal of Vocational Behavior, 88, 131-142. Diakses pada tanggal 25

Mei 2018 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ab s/pii/S0001879115000299

Subtirica, O.N., & Pop, E.I. (2016). Longitudinal links between career adaptability and academic achievement in adolescence. Journal of Vocational Behavior, 93, 163–170. Diakses

pada tanggal 8 Oktober 2017 dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S0001879116300148

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d. Bandung : Alfabeta.

Zulfiani, H. (2017). Adaptabilitas karir ditinjau dari dukungan keluarga, jenis kelamin, dan jenis sekolah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2017 dari

http://digilib.uin- suka.ac.id/24558/2/13710017_BAB-I_IV-atau- V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hikmatul Aridha Husna, Marina Dwi Mayangsari, Rooswita Santia Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.