HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM MARTAPURA

Rusmini Sugiarti, Marina Dwi Mayangsari, Rahmi Fauzia

Abstract


Pada umumnya prestasi belajar diartikan sebagai suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang santri dalam melakukan kegiatan belajar. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal dimana untuk faktor internal salah satunya adalah motivasi sedangkan untuk faktor eksternal salah satunya adalah iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi pada santri Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi pada santri di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan subjek sejumlah 200 orang santri. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment correlation dari Karl Pearson. Pengumpulan data menggunakan skala iklim sekolah dan motivasi berprestasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakar, A. (2016). Sinergi Pesantren Dan Perguruan Tinggi (Studi Kurikulum Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Malang). Jurnal UIN Malang, hal. (1).Di akses pada tanggal 03 Maret 2019 dari

http://www.pmii-chondrodimuko.or.id/wp-content/uploads/2015/02/3.-Sinergi-Pesantren-dan-Perguruan-Tinggi.pdf.

Bastari, dkk. (2016). Indonesia Educational Statistic In Brief, hal 16-37. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Ministry Of Education And Culture.

Daradjat, Z. (2012). Ilmu pendidikan Islam.Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 1 (1), hal. 1-2. Di akses pada tanggal 03 Maret 2019 dari

https://www.researchgate.net/publication/315642414_Pengaruh_Motivasi_Belajar_Dan_Gaya_Belajar_Terhadap_Prestasi_Belajar_Ekonomi_Siswa_Sma_Negeri_Di_Kota_Tuban

Hidayatullah, A., & Karwanto. (2016). Hubungan Iklim Sekolah Dan Sarana Prasarana Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Di Ma Negeri Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 (1) 1, 2 & 5. Di akses pada 20 Februari 2019 dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/16117.

Indrawati, E.S, & Mulya, H.A. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik pada Mahasiswa tingkat pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5 (2) hal. 1-2. Diakses tanggal 25 Februari 2019 dari https://media.neliti.com/media/publications/62277-ID-hubungan-antara-motivasi-berprestasi-den.pdf.

Lubis, Z., & Malau, F. (2011). Hubungan Iklim Sekolah dan Motivasi Berprestasi dengan Kebiasaan Belajar. Jurnal Analitika, 3 (2) 1,4, & 5. Di akses pada 20 Februari 2019 dari

http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/747

Mc. Clelland, D. C. (1987). Human Motivation. New Year: Cambridge University Press.

Paturohman, Irfan. (2012). Peran Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Perbaikan Kondisi Keagamaan di Lingkungannya (Studi Deskriptif pada Pondok Pesantren At-Taubah). Jurnal Tarbawi 1 (2), hal. 1: Bandung. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2017 dari

jurnal.upi.edu/.../07_Peran_Pendidikan_Pondok_Pesantren_dalam_Perbaikan_Kondisi_.

Qomar, M. (2007). Pesantren : dari metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Republik Indonesia.(2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, hal. 10-13. Jakarta: Sekretariat Negara. Diakses tanggal 12 Oktober 2017 darihttps://kemenag.go.id/file/dokumen/PP5507.pdf

Retnowati, D.R., Fatchan, A., & Astina, I.K. (2016). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, 1 (3), 521 & 524. Diakses pada tanggal 25 Februari 2019 dari

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6181/2622.

Sudira, P., & Setiawati, L. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (3), hal. 1-2. Diakses 25 Februari 2019 dari

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/6487/5585.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian & Pengembangan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, Adi. (2012). Pengaruh iklim sekolah dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar praktik siswa di SMK Negeri 2 Wonosobo. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta, Hal. 94-95. Di akses pada 29 Oktober 2017 dari http: Adi%20Sunardi%2007505241020

Thapa, A., & Cohen, J. (2012). A Review School Climate Researc. Riview of Educational Research,Vol.83 (3) summer. 1,4-13. New York : National School Climate Centre.

Yuliejantiningsih, Yovitha. (2012). Hubungan Iklim Sekolah, Beban Tugas, Motivasi Berprestasi, Dan Kepuasan Kerja Guru Dengan Kinerja Guru SD. JMP volume (1) Nomor (3), hal. 1 dan 3: Malang. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/112361-ID-hubungan-iklim-sekolah-beban-tugas-motiv.pdf.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rusmini Sugiarti, Marina Dwi Mayangsari, Rahmi Fauzia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.