Hubungan Dukungan Sosial dengan Kecerdasan Adversitas pada Masyarakat yang Tinggal di Daerah Rawa Desa Pandahan Kecamatan Bati-bati
Abstract
Masyarakat yang tinggal di daerah rawa menghadapi berbagai permasalahan, tetapi masyarakat tetap bertahan dengan keadaan tersebut. Faktor yang mempengaruhi seseorang dapat beradaptasi dengan lingkungannya diantaranya seperti kecerdasan adversitas dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kecerdasan adversitas pada masyarakat yang tinggal di daerah rawa desa Pandahan kecamatan Bati-bati. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, yaitu subjek masyarakat desa Pandahan yang tinggal di daerah rawa sebanyak 90 orang yang terdiri dari RT 3, RT 4, dan RT 6. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala kecerdasan adversitas. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara dukungan sosial dengan kecerdasan adversitas pada masyarakat yang tinggal di daerah rawa desa Pandahan kecamatan Bati-bati memiliki korelasi 0,677 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan yang termasuk dalam kategori kuat dan positif antara kedua variabel, artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi kecerdasan adversitas, sebaliknya jika semakin rendah dukungan sosial maka akan semakin rendah kecerdasan adversitas. Hubungan dukungan sosial dengan kecerdasan adversitas adalah sebesar 45,8% sedangkan 54,2% sisanya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran penelitian ini adalah agar selalu mempertahankan hubungan yang baik antara masyarakat sebagai langkah mempertahankan kecerdasan adversitas mereka sehingga mampu mengatasi permasalahan di lingkungan mereka.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi, 13(1), 78-92.
Muslimah, I., & Satwika, Y. W. (2019). Hubungan Antara Optimisme Dengan Adversity Quotient Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pare. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(1).
King, L. A. (2016). The science of psychology: An appreciative view. McGraw-Hill Education.
Kurniawan, Deni. (2016). Pengaruh Lokasi Tempat Tinggal dan Adversity Quotient terhadap Adaptasi pada Pemukiman. Jurnal Pendidikan Lingkungan danPembangunan Lanjutan, 17 (02).
Pebrian, J., & Indriana, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Rekan Kerja Terhadap Kecerdasan Adversitas Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Empati, 8(1).
Puspasari, D. A., Kuwato, T., & Wijaya, H. E. (2012). Dukungan sosial dan adversity quotient pada remaja yang mengalami transisi sekolah. Jurnal Fakultas Hukum UII, 17(1).
Ramadhana, N. S., & Indrawati, E. (2019). Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Siswa Smp X Jakarta Timur. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(2), 39-45.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions 7th edition. John Wiley & Sons.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions 8th edition. John Wiley & Sons.
Shen, C. Y. (2014). A study investigating the influence of demographic variables on adversity quotient. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 10(1).
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: mengubah hambatan menjadi peluang. terjemahan. Jakarta: PT Grasindo.
Tang, F., Chi, I., & Dong, X. (2017). The relationship of social engagement and social support with sense of community. Journals of Gerontology Series A: Biomedical Sciences and Medical Sciences, 72(suppl_1), S102-S107.
Tian, Y., & Fan, X. (2014). Adversity quotients, environmental variables and career adaptability in student nurses. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 251-257.
Wahyuni, N. S. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Smk Negeri 3 Medan. Jurnal Diversita, 2(2).
Wibowo, M. W. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi, Adversity Quotient dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Magelang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2).
https://kalsel.bps.go.id/staticable/2017/02/07/775/luas-wilayah-menurut-jenis-penggunaan-tanah-tiap-kabupaten-kota-tahun-2011.html
http://www.pusdatarawa.or.id/tentang-pusat-data-rawa/
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 rizka aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.