Hubungan Kepuasan Siswa terhadap Kondisi Lingkungan Sekolah dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera Martapura
Abstract
Masalah penyesuaian diri pada santri di Pondok Pesantren sering terjadi pada santri dalam melakukan aktivitas keseharian mereka. Segala kegiatan setiap harinya dilakukan di tempat baru mereka selama 24 jam penuh. Faktor kepuasan siswa terhadap kondisi lingkungan sekolah tentunya berpengaruh terhadap penyesuaian diri pada santri pondok pesantren tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan siswa terhadap kondisi lingkungan sekolah dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera. Subjek pada penelitian ini berjumlah 146 santri. Metode pengumpulan data menggunakan skala kepuasan siswa terhadap kondisi lingkungan sekolah dengan skala penyesuaian diri, sedangkan analisis data menggunakan korelasi product moment Karl Person. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kepuasan siswa terhadap kondisi lingkungan sekolah dengan penyesuaian diri memiliki korelasi 0,561 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan kuat dan positif antara kedua variabel, artinya semakin tinggi kepuasan siswa terhadap kondisi lingkungan sekolahnya, semakin tinggi juga penyesuaian dirinya, begitupula sebaliknya. Kepuasan siswa terhadap kondisi lingkungan sekolah membereikan sumbangsih 31,4% pada faktor penyesuaian diri, sedangkan 68,6% sisanya adalah sumbangan dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Annisa I.R (2007). Pengaruh Lingkungan Non Fisik Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Remaja (Kasus Pesantren Modern). Jur. Ilm. Kel. & Kons. Vol. 10, No.3. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Bogor
Anwar, A. (2016). Karakteristik Pendidikan Dan Unsur-Unsur Kelembagaan Di Pesantren. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No. 2. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Arifin, dkk. (2016). Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri Dan Pola Berpikir Dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori,
Penelitian, dan Pengembangan Vol.1 No 10. Pendidikan Kejuruan Pascasarjana- Universitas Negeri Malang
Azwar, S. (2015). Dasar-dasar Psikometrika, Edisi II, cetakan pertama. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas, Edisi IV, cetakan keempat. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Dahlan, MZ. (2016). Internalisasi Pendidikan Karakter Perspektif Pesantren. Falasifa, Vol. 7 No. 1 Maret 2016. FIP IKIP Jember
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Fatimah, SN. (2014). Konsep Diri Wanita Yang Tidak Perawan Dan Kepuasan Perkawinan. eJournal Psikologi, Vol. 02 No. 02. FISIP Universitas Mulawarman
Gajdzik, P.K. (2005). Relationship Between Selfefficacy Beliefs And Socio-Cultural Adjustment Of International Graduate Students And American Graduate Students.https://beardocs.baylor.edu/xmlui/ bitstream/handle/2104/2682/Gajdzik% 2BFinalDissertation.pdf?sequence=5
Hasan, M. (2015). Perkembangan Pendidikan Pesantren Di Indonesia. Jurnal Tadris Vol. 10 No. 01. STAIN PAMEKASAN
Handono , OT. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Hutapea, Bonar. (2014). Stres Kehidupan, Religiusitas, dan Penyesuaian Diri Warga Indonesia sebagai Mahasiswa Internasional. Makara Hubs-Asia Vol. 18 No. 1. Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara
Jamali dan Prasojo. (2013). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa Sma Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol. 01 No. 1. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Kartono, K. (2002). Psikologi Perkembangan.
Jakarta : Rineka Cipta
Kemenag. 2014. Data Jumlah Pondok Pesantren Indonesia Tahun 2014-2015. Diakses 25 Januari 2018.
http://emispendis.kemenag.go.id/emis2016 v1/index.php?jpage=QTNtaXcvS04xZ0E5 dmZwUEpHb2tSQT09
Kusdiyati, dkk. (2011). Penyesuaian Diri Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas Xi Sma Pasundan 2 Bandung. Humanitas Vol. VIII No.2. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung
Lestari. (2017). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Dan Siswi Kelas Vii Yayasan Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Empati Vol. 6 No. 4. Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro
Lidya dan Wiwin (2015). Self-Efficacy Akademik Dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Sma Patra Nusa. Jurnal DIVERSITA Vol 01 No. 01. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
Marini dan Hamidah. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, No. 2. Universitas Negeri Yogyakarta
Okpara, JO. (2004) Personal Characteristics as Predictors0of Job Satisfaction : An Exploratory Study of IT Managers in a Developing Economy. Vol. 17 Issues 3. Information Technology and People.
Pritaningrum dan Wiwin. (2013). Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial Vol.02 No. 03. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom
Rahmi, Siti. (2015). Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Siswa Di Kelas Vii Smp Negeri 29
Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol. 1 No.1. Bimbingan dan Konseling, Universitas Borneo Tarakan
Ramadhani, (2018). Hubungan Kelekatan Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Siswa Boarding School Di Sma Pondok Pesantren Modern Selamat Kendal. Jurnal Empati Vol. 7 No. 3. Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro
Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education, Routledge
Schneiders, A. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York : Rinehart & Winston
Suharta, T. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, Vol. 8 No. 2. SMA Negeri 1 Sobang
Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 1 : Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-Teori Terkait. Yogyakarta : Kanisius
Siswanto. (2007). Kesehatan Mental; Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, NS. (2009). Metode Penelitian Pendidikan : Remaja. Roskakarya
Umar, . (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wang, Holocombe (2010). Adolescents’ Perceptions of School Environment, Engagement, and Academic Achievement in Middle School. American Educational Research Journal Vol. 47, No. 3. Harvard University
Widyarini dan Rohmah. (2014). Pengaruh Persepsi Biaya, Lokasi, Fasilitas, Lingkungan, Figur Pengasuh, dan Metode Belajar Terhadap Kepuasan Santri Tinggal di Pondok Pesantren. Jurnal Az Zarqa’ Vol. 6 No. 1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Zeithaml, V.A dkk. (2009). Services Marketing- Integrating Customer Focus Across The Firm (Edisi Kelima). New York : McGraw-Hill
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1449
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 alfin islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.