EFEKTIVITAS METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWI SMP PONDOK PESANTREN AN-NAJAH MARTAPURA

ST. Lailiani Noor, Jehan Safitri, Marina Dwi Mayangsari

Abstract


Salah satu tugas perkembangan remaja adalah menjalin hubungan dengan teman sebaya. Bagi seorang remaja menjalin hubungan dengan teman memerlukan sebuah keterampilan yang disebut dengan keterampilan sosial. Kemampuan keterampilan sosial yang rendah dapat menimbulkan konflik-konflik dalam pertemanan remaja yang dapat menyebabkan remaja menjadi tidak percaya diri, sulit bekerja sama, ingin menang sendiri, bahkan kesulitan dalam menyampaikan keinginannya. Terdapat beberapa metode yang dapat menstimulasi keterampilan sosial remaja, salah satunya adalah metode sosiodrama. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pemberian metode sosiodrama terhadap siswi SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental kuasi dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan observasi. Subjek penelitian merupakan siswi SMP di SMP Pondok Pesantren An-Najah Martapura yang berjumlah 18 orang. Hasil analisis dari nilai uji t berpasangan dan gain score menunjukan adanya kenaikan skor sebelum dan sesudah diterapkannya metode sosiodrama pada penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan


Full Text:

PDF

References


Aini, L. K., & Nursalim, M. (2012). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan bimbingan, 13(1). Diakses tanggal 20 Juli 2017, dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/8305/75/arti cle.pdf

Al-Tamimi, E. R., & Al-Khawaldeh, N. A. (2016). Emotional Intelligence and Its Relation with the Social Skills and Religious Behaviour of Female Students at Dammam University in the Light of Some Variables. International Education Studies, 9(3), 137. doi:10.5539/ies.v9n3p131

Azwar, Saifuddin.(2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Daraee, M., Salehi, K., & Fakhr, M. (2016). Comparison of Social Skills between Students in Ordinary and Talented Schools. Selection & Peer-review under responsibility of the Conference Organization Committee (hal. 513-521). European: ICEEPSY 2016 : 7th International Conference on Education and Educational Psychology. Diakses tanggal 06 Juni 2017, dari http://dx.doi.org/10.15405/epsbs.2016.11.52

Deniz, M. E., & Ersoy, E. (2016). Examining the Relationship of Social Skills, Problem Solving and Bullying in Adolescents. International Online Journal of Educational Sciences, 8(1), 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.15345/iojes.2016.01.0 01

Diahwati, R., Hariyono, & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan, 1(8). Diakses tanggal 20 Juli 2017, dari journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/ 6682

Djannah, W., & K, D. E. (2013). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya. Conselium, 1(2). Diakses tanggal 20 Juli 2017, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/cons/arti cle/download/727/404

Djannah, W., & W.A.N, A. Y. (2012). Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan

Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII B SMP Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. jurnal FKIP UNS. Diakses tanggal 10 September 2017, dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/co ns/article/download/728/405

Hakim, I. (2016). Penerapan Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Resolusi Konflik Pada Komunitas Anak Jalanan Kendari. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(1). Diakses tanggal 10 September 2017 dari http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK/article/vi ew/2060

Hardini, T. (2015). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Melalui Metode Sosiodrama Di Kelas 5 Sd Tlompakan 01-Tuntang.Scholaria, 53. Diakses tanggal 02 Oktober 2017, dari http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/34

Hurlock, B. E. (1980). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Izzati, N. (2014). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Edueksos, Iii(1). Diakses tanggal 10 November 2017, dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod= viewarticle&article=446800

Leme, V. B., Fernandes, L. d., Jovarini, N. V., Achkar, A. M., & Del Prette, Z. A. (2016). Social Skills Program for Adolescents in Vulnerable Social Contexts. Psico-USF Bragança Paulista, 21(3), 595-596. doi:http://dx.doi.org/10.1590/1413- 82712016210313

Majorsy, U., Kinasih, A. D., Andriani, I., & Lisa, W. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Kecanduan Situs Jejaring Sosial Pada Masa Dewasa Awal.Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5, 79-80. Diakses tanggal 20 Juli 2017, dari

http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pes at/article/view/952/830

Noelaka, Amos. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Oktapyanto, R. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jpsd, 2(1). Diakses tanggal 20 Oktober 2017, dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/index

Said, A., & Budimanjaya, A. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Kencana.

Santrok, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sari, Yusmansyah, & Utaminingsih. (2012). Pengaruh Tehnik Sosiodrama Untuk Peningkatan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Diaksestanggal 10 November 2017, dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/a rticle/view/8358

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, L. E., & Setiawati, D. (2013). Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Yang Beretika Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Gondang. Jurnal BK UNESA, 03(01). Diakses tanggal 12 April 2108, dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/j urnal-bk-unesa/article/view/3326

Tirmidzi, A., Nursalim, M., Pratiwi, T. I., & Setiawati,

D. (2013). Penggunaan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa Yang Rendah.Jurnal BK UNESA, 03(01). Diakses tanggal 12 April 2018, dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/j urnal-bk-unesa/article/view/3287

Zuhara, E. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 80-89. Diakses tanggal 10 April 2018, dari http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/319




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ST. Lailiani Noor, Jehan Safitri, Marina Dwi Mayangsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.