PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DAN PESERTA DIDIK SEKOLAH UMUM DI MARTAPURA

Dhea Amalia, Dwi Nur Rachmah, Marina Dwi Mayangsari

Abstract


Motivasi berprestasi adalah suatu penentu yang dapat mempengaruhi perilaku individu, yang mendorong individu dapat mencapai keunggulan. Individu yang berorientasi pada pencapaian biasanya mereka menetapkan tujuan yang realistis dan seringkali memiliki perencanaan yang baik. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui perbedaan motivasi berpretasi pada santri pondok pesantren dan peserta didik sekolah umum di Martapura. Subjek penelitian ini berjumlah 274 yang terdiri dari 137 santri pondok pesantren dan 137 peserta didik sekolah umum. Metode pengambilan sampel berupa teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala model likert dengan rentang skala 1-4 yang terdiri dari skala motivasi berprestasi. Hasil pengujian data penelitianuji t menunjukan t hitung > t tabel (5,171 >1,968) dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima dapat diartikan bahwa ada perbedaan Motivasi Berprestasi pada Santri Pondok Pesantren dan Peserta Didik Sekolah Umum Di Martapura. Nilai rata-rata (Mean) motivasi berprestasi santri pondok pesantren lebih tinggi daripada Motivasi Berprestasi Peserta Didik Sekolah Umum.

Full Text:

PDF

References


Anisah, H.U, Salim U, Sudarma H & Djumahir. (2011). Peran Budaya Banjar Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Keunggulan Bersaing Melalui Kewirausahaan Islami Dan Strategi (Studi Pada Industry Kecil Menengah Batu Mulia/Permata Di Martapura Kalimantan Selatan). Jurnal Aplikasi Manajemen, 9 (3), 932-942. Diakses Pada Tanggal 26 Oktober 2017 Dari Http://Jurnaljam.Ub.Ac.Id/Index.Php/Ja m/Article/View/377/413

Arvyaty,Maonde.F.& Noho Naimin.(2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri dan SMA Swasta Di Kota Kendari. Volume 7 Nomor 1. Diakses Pada Tanggal 26 Oktober 2017 dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/articl e/view/2076/pdf

Asante E.A & Josephine B. (2014). Achievement Motivation, Academic Self- Concept And Academic Achievement Among High School Students. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences Vol. 2 No. 2, 2014 ISSN 2056-5852. Diakses Pada Tanggal 26 Oktober 2017 dari http://www.idpublications.org/wpcontent/uploads/2014/06/ACHIEVEMENT- MOTIVATION-ACADEMIC-SELF- CONCEPT-AND-ACADEMIC- ACHIEVEMENT-AMONG-HIGH- SCHOOL-STUDENTS.pdf

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Banjarkab.go.id.(2017/10/25). Diakses Pada Tanggal 26 Oktober 2017 dari http://banjarkab.go.id/pondok-pesantren-darussalam-martapura-juara- umum-pada-peringatan-hari-nasional- santri-tahun-2017-di-kab-banjar/

Barus.Br.M & Sitompul H, (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, Oktober 2014, p-ISSN: 1979-6692; e-ISSN: 2407-7437. Diakses pada tanggal 02 November 2017 dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/1857/1503

Djazimi, M. A. (2016). Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Al-Khairiyah Banten. TARBAWI, 2(1), 75-89. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/55

Gottelieb, B. H. (1983) Social Support Strategies, Guidelines For Mental Health Practice London: Sage Publication.

Jalalludin, H (2007) Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali pres.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar.Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Khan,A & Alam Dr,S.(2015). Self-Concept in Relation to Achievement Motivation of High School Students. The International Journal of Indian Psychology ISSN 2348-5396 (e) | ISSN: 2349-3429 (p) Volume 2, Issue 4, DIP: B00305V2I42015. Diakses pada tanggal 03 November 2017 dari http://oaji.net/articles/2015/1170- 1434823776.pdf

Kompas.com (2017/18/07) 72 Tahun Merdeka, Apa Kabar Pendidikan Indonesia. Diakses Pada Tanggal 27 November 2017 dari http://edukasi.kompas.com/read/2017/0 8/18/06490021/72-tahun-merdeka-apa- kabar-pendidikan-indonesia

Kosim. Mohammad (2006) Pendidikan Agama Islam disekolah umum (Perspektif sosio-politik-historis). Jurnal pendidikan agama islam. Vol 1, nomer 2.

McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York: The Press Syndicate of The University of Chambridge

Najihah.A.J& Chong.L. (2014) .Teacher Relationship and Student Academic Motivation. Journal of Interdisciplinary Research in Education (JIRE) ISSN 2232-0180 Vol. 4, Issue 1, 2014, pp. 75-82. Diakses pada tanggal 28 November 2017 dari

http://www.taylors.edu.my/jire/downloa ds/vol4_06.pdf

Ningsih Dr T. (2015). Implementasi Pendirikan Karakter. STAIN Press, Purwokerto .

Pali. Cicilia (2015) Biomedik Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Angkatan 2013. Jurnal fakultas kedokteran SamRatulangi. Vol-3 No-1.

Qotrunnada,S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas VII SMP Plus Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Diakses Pada Tanggal 28 November 2017 dari http://etheses.uin-malang.ac.id/3743/1/12410182.pdf

Sumasno H. (2015) Studi Etika Tentang Ajaran-Ajaran Moral Masyarakat Banjar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjamasin Tashwir Vol. 3 No. 6. Diakses Pada Tanggal 02 Desember 2017 dari http://jurnal.uin- antasari.ac.id/index.php/tashwir/article/v iew/594

Taulabi,Imam.(2013). Jurnal Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren Dan Sekolah. Volume 24 Nomor 2 September 2013. Diakses Pada Tanggal 02 Desember 2017 dari http://ejournal.iai- tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/vi ew/169

Tempo.co.(2017/14/06). Terapkan Full Day School Mendikbud Ingin Perbaiki Kinerja Guru. Diakses Pada Tanggal 23 Februari 2018 dari https://nasional.tempo.co/read/884301/t erapkan-full-day-school-mendikbud- ingin-perbaiki-kinerja-guru

Trisno. Andrew (2010) .Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Mahasiswa Aktivis Dan Non Aktivis UKM Kerohanian Di Universitas Merdeka Malang. Jurnal Psikologi. Vol-5 No-2, 323-334.

Winarno, Bayu. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses Pada Tanggal 05 Desember 2017 dari http://eprints.uny.ac.id/24587/1/Bayu%20Winarno08501241017.pdf

Yanuarini. Harmifa, Imam Setyawan, dan Denie Ratri. D (2011) Motivasi Berpresstasi Ditinjau Dari Dukungan Sosial Dan Tingkat Pendidikan Orangtua Pada Siswa RSBI SMA Negeri 1 Kanjen Kabupaten Kota Pekalongan. Jurnal fakultas psikologi, Universitas Diponegoro




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dhea Amalia, Dwi Nur Rachmah, Marina Dwi Mayangsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.