HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN GRIT PADA PESERTA DIDIK KELAS SEMBILAN SMPN 1 BANJARBARU

Indreswari Sita Kusumawardhani, Jehan Safitri, Rika Vira Zwagery

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang penting pada kelompok remaja. Dalam praktiknya, peserta didik diharuskan untuk dapat bertahan meskipun dihadapkan pada tuntutan untuk mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Untuk dapat bertahan selama proses belajar di sekolah, dibutuhkan keinginan yang kuat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan semangat jangka panjang atau grit. Salah satu faktor yang mempengaruhi grit pada anak adalah keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan merupakan cara anak untuk merasakan ketersediaan ayah dalam hal waktu dan interaksi, akses kepada ayah, dan tanggung jawab dari peran ayah itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan grit pada peserta didik kelas sembilan SMPN 1 Banjarbaru. Teknik sampling yang digunakan ialah total sampling yaitu 312 peserta didik kelas sembilan SMPN 1 Banjarbaru. Berdasarkan hasil uji korelasi, nilai signifikansi bernilai 0.000 (<0.05) dan nilai korelasi sebesar 0,235 analisis ini menunjukan bahwa ada hubungan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan grit pada peserta didik. Bentuk-bentuk keterlibatan ayah yang dapat diketahui adalah seperti memberikan kasih sayang dan sentuhan emosi, melakukan kontak dan berkomunikasi dengan baik, terlibat dengan seluruh aktivitas anak seperti mengawasi kegiatan anak, menjaga dan memberi perlindungan, berbagi ketertarikan bersama anak, mendukung anak secara finansial, serta banyak melakukan aktivitas bermain yang dilakukan bersama-sama. Sedangkan bentuk-bentuk sikap grit yang muncul dan dapat diketahui adalah diantaranya konsistensi peserta didik pada minatnya, kegigihan peserta didik dalam menjalani kegiatan akademik, mempertahankan satu kegiatan ekstrakulikuler hingga selesai, mampu bangkit kembali disaat mengalami kegagalan atau kesulitan, dan menjalani kegiatan akademik tanpa perasaan terpaksa.

Full Text:

PDF

References


Allen, S., & Daly, K. (2007). The effects of father’s involvement: an updated research summary of the evidence. Canada: University of Guelph. [Adobe Digital Editions version] ISBN: 978-0-88955-563-1.

Andayani, B., & Koentjoro. (2014). Peran ayah menuju coparenting. Cetakan Kedua. Sidoarjo : Laros

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Edisi II, Cetakan Pertama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2018). Reliabilitas & Validitas. Edisi IV, Cetakan Kesembilan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Bastian, A., Reswita, & Wahyuni, S. (2017). Sosialisasi peran ayah dalam pengasuhan anak usia dini di TK Baiturrahman Pekanbaru. Jurnal prodiknas hasil pengabdian masyarakat. 1 (2), 1-7.

Basuki, N. W., dan Indrawati, E.S., (2017). Hubungan antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan penyesuaian sosial pada mahasiswa fakuktas teknik angkatan 2015 Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 6 (1), 312-316

Coren, S., Ward, L. M., and Enns, J. T. (2003). Sensation and Perception. 6th Edition. New York: Wiley.

Dagun, S.M. (2013). Psikologi keluarga. Cetakan ketiga. Jakarta: PT Rinneka Cipta.

Duckworth, A L., M.D. Matthews, D. R. Kelly, and C. Peterson. (2007). Grit : Perseverance and Passion for Long-Term Goals. Journal of Personality and Social Psychology. 92(6) : 1087-1101. DOI: 10.1037/0022-3514.92.6.1087

Duckworth, A. L. (2018). Grit : Kekuatan Passion + Kegigihan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. ISBN : 978-602-03-8159-6.

Duckworth, A. L., Patrick D. Q., Donald R. L., Rolf L., & Magda S. L. (2011). Role of test motivation in intelligence testing. 108 (19) : 7716-7720. DOI 10. 1073/pnas.1018601108

Hodgins, B.D. 2007. Father Involvement in Parenting Young Children : A Content Analysis of Parent Education Program in BC. Australia : University of Victoria.

Izaach, R. N. (2017). Gambaran Derajat Grit pada Mahasiswa Akademik Keperawatan “X” di Kabupaten Kepulauan Aru. Jurnal Humanitas. 1(1) : 61-70.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2017/2018. Sekretariat Jendral. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Retrieved from http://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php/statistik/export/smp/2018/000000/0/3

Lamb, M.E. (2010). The role of father in child’s development. 5th ed. Canada: Simultaneously. [Adobe Digital Editions version] ISBN: 978-0-470-40549-9.

Periantalo, J. (2015). Validitas Alat Ukur Psikologi : Aplikasi Praktis. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pratikna, D. (2016). Hubungan antara kepuasan pernikahan dengan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak usia remaja. (Tesis Strata Satu, di publikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta:Mediakom.

Purwati, E., & Akmaliyah, M. (2016). Hubungan antara self efficacy dengan flow akademik pada siswa akselerasi SMPN 1 Sidoarjo. Psympathic, jurnal ilmiah Psikologi. 3 (2), 249-260.

Purwindarini, S.S., R. Hendryani, S.M. Deliana. (2014). Pengaruh Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Psikologi. 3 (1) : 59-65

Ramli, M. (2015). Hakikat Islamiyah. Tarbiyah Islamiyah. 3 (1) : 61-85

Rosalina, E. dan S. Kusdiyati. (2016). Studi Deskriptif mengenai Kegigihan (Grit) dan Dukungan Sosial pada Siswa Gifted Kelas X IA di SMAN 1. Jurnal Psikologi. 2(1) : 1-8

Santrock J.W. (2015). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. ISBN : 978-979-3925-82-0

Sobur, A. (2011). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Cetakan Kelima. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R.H. (2015). Meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa SMP melalui

Wahyuningrum, E. (2014). Peran ayah (fathering) pada pengasuhan anak usia dini. Jurnal Psikowacana, 10 (1&2), 1-19.

Zahra, F., dan Handayani, E. (2014). Hubungan antara keterlibatan ayah dan self esteem remaja oada siswa SMA di Jakarta pusat. FPSI UI. 1-20.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indreswari Sita Kusumawardhani, Jehan Safitri, Rika Vira Zwagery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.