PENERAPAN COOPERATIVE PLAY DALAM BENTUK PERMAINAN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI

Anisatus Shalehah, Muhammad Syarif Hidayatullah, Dwi Nur Rachmah

Abstract


Masa anak merupakan fase yang sangat penting dan berharga dan sering disebut sebagai masa emas. Pada masa ini potensi anak mengalami tumbuh dan berkembang secara tepat dan hebat. Aspek perkembangan sosial tidak kalah pentingnya.  Pada  masa  ini  anak  belajar mempersiapkan dirinya menjadi bagian kehidupan baik secara pribadi maupun sebagai bagian kehidupan sosial. Cooperative play merupakan jenis permainan yang  bernuansa  sosial.  Permainan ini dapat mengajarkan anak keterampilan yang dibutuhkan saat  berinteraksi d engan orang lain dan dianggap efektif karena penalaran moral pada masa anak usia dini berkembang menjadi lebih  canggih  dalam  berpikir  tentang  persoalan-persoalan  sosial,  khususnya  tentang  kemungkinan kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan cooperative play untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia dini. Subjek penelitian berjumlah 15 anak pada setiap kelompok (eksperimen dan kontrol). Berdasarkan hasil independent sample t-test nilai signifikansi bernilai 0.000 (<0.05), analisis ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan sosial pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan perbedaan rerata peningkatan keterampilan sosial yaitu peningkatan keterampilan sosial pada kelompok eksperimen memiliki 21.47 yang lebih besar  dari  kelompok  kontrol  yaitu  1.53.  Cooperative  play  dapat  memfasilitasi  subjek  dalam  meningkatkan keterampilan sosial8pada anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bobzien, J., Richels, C., Raver, S. A., Hester, P., Browning, E., & Morin, L. (2013). An Observational Study of Social Communication Skills in Eight Preschoolers With and Without Hearing Loss During Cooperative Play. Journal of Early Childhood Education, 4(1), 339-346.

Bundy, A. C., et al. (2011). The Sydney Playground Project: Popping The Bubblewrap – Unleashing The Power of Play: A Cluster Randomized Controlled Trial of A Primary School Playground-Based Intervention Aiming to Increase Children’s Physical Activity and Social Skills. Journal of BMC Public Health, 11(680)

Diyenti, A. K. (2017). Pengaruh Bermain Kooperatif terhadap Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Aisyah Barulak. Jurnal Publikasi Universitas Negeri Padang.

Duque, I., Martins, F. M. L., & Clemente, F. M. (2016). Outdoor Play and Interaction Skills in Early Chilhood Education: Approaching for Measuring Using Social Network Analysis. Journal of Physical Education and Sport, 16(4).

Hapsari, I. I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.

Kusumastuti, A. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Konstruktif pada Anak Kelompok B di Tk Aba Plosokerep Bunder Patuk Gunungkidul.Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6).

Merrel, K. W., & Gimpel, G. A. (2014). Social Skills of Children and Adolescents. New York: Psychology Press.

Penela, E. C., Walker, O. L., Degnan, K. A., Fox, N. A., & Henderson, H. A. (2015).Early Behavior Inhibation and Emotion Regulation Pathways Toward Social Competence in Middle Childhood. Journal of Child Dev, 86(4), 1227- 1240.

Perdani, P. A. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1).

Rahmawati, I., Yusuf, A., & Krisnana, I. (2010). Cooperative Play Memengaruhi Interaksi Sosial Anak Dengan Gejala Kepribadian Intovert. Jurnal Ners, 5(1).

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and Quasi- Experimental Design: For Generalized Causal Inference. Boston: Houghton Mifflin Company.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks

Subagyo, P. (2010). Statistika Terapan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v1i2.1552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anisatus Shalehah, Muhammad Syarif Hidayatullah, Dwi Nur Rachmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.