HUBUNGAN KONFORMITAS DENGAN PERILAKU BERKENDARA BERESIKO PADA KOMUNITAS MOTOR X DI BANJARMASIN

Muhammad Riyansyah, Jehan Safitri, Rahmi Fauzia

Abstract


Tingginya jumlah kendaraan roda dua di Indonesia manusia sebagai makhluk sosial menciptakan suatu komunitas untuk bersosialisasi salah satunya komunitas motor. kegiatan touring bersama komunitas adalah salah satu cara untuk bisa bersosialisai. Namun, kecelakaan sering tak bisa dihindari, salah satunya dikarenakan perilaku berkendara beresiko yang dilakukan oleh pengendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas dengan perilaku berkendara beresiko pada komunitas motor X di Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh, yaitu menyertakan semua anggota populasi sebagai sampel yang berjumlah 37 orang. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala konformitas dan skala perilaku berkendara beresiko. Hasil penelitian menunjukkan hubungan  antara konformitas dengan perilaku berkendara beresiko pada komunitas motor X di Banjarmasin memiliki korelasi 0,623 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat dan positif antara kedua variabel, artinya ketika terjadi peningkatan pada konformitas maka terjadi peningkatan pula pada perilaku berkendara   beresiko,    juga  sebaliknya   ketika terjadi  penurunan  pada  konformitas   maka  terjadi   penurunan pula pada perilaku berkendara beresiko. Hubungan konformitas dengan perilaku berkendara beresiko adalah sebesar 38,8 %, sedangkan 61,2 % sisanya adalah faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Penerbit: Pustaka Pelajar, Yogyakarta

- .(2014). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2017. Diakses pada tanggal 22 Februari 2019. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/i d/1133.

Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Beck, K.H., Daughters, S.B., & Bina-Ali. (2012). Hurried Driving : Relationship to Distress Tolerance, Driver Anger, Aggressive and Risky Driving in College Students. Accident Analysis and Prevention 51. 51-55.

Bianchi, A., & Summala, H. 2004. The “genetics” of Driving Behavior : Parent’s Driving Style Predicts Their Children’s Driving Style. Accident Analysis and Prevention 36(4). 656-659.

Farkhan, A. & Tola, B. (2013). Pengaruh Konformitas terhadap Perilaku Disiplin Berlalu Lintas pada Mahasiswa dengan Sepeda Motor di Jakarta. Jurnal penelitian dan pengukuran psikologi, UNJ, 2(2).

Grashinta, A. & Wujud, L. A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orangtua dan Konformitas pada Teman Sebaya terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Roda Dua di Jakarta. UPI YPTK Jurnal PSYCHE, 11(1).

Ichsan M. (2015). Modal Sosial di Dalam Mempertahankan Komunitas (Studi Tentang Komunitas Motor Vespa Uvorable di Pekanbaru). JOM FISIP.2(2). iNews.id. (2019, 21 Januari). Touring Berujung Maut di Jombang, Bikers Tabrak Ibu-ibu Keduanya Tewas. Diakses 14 Februari 2019. https://www.inews.id/daerah/jatim/touring- berujung-maut-di-jombang-bikers-tabrak-ibu- ibu-keduanya-tewas/436101.

Ivan, M.A. (2014). Model Perilaku Pengendara Beresiko pada Remaja. Jurnal psikologi intergratif. Vol.2, no.2. 35-41

Iversen. H. (2004). Risk-taking Attitudes and Risky Driving Behaviour. Transportation Research Part F 7. 135-150.

Jonah, B.A. (1997). Sensation Seeking and Risky Driving : A Review and Synthesis of The Literature. Accident Analysis and Prevention 29 (5). 651-665.

Korlantas Polri. (2018). Statistik Laka. Diperoleh 14 Februari 2019 dari http://korlantas.polri.go.id/statistik-2/

Megawati, Y. & Dewayani, S. (2018). Peran Gaya Mengemudi terhadap Perilaku Mengemudi Beresiko pada Pengendara Sepeda Motor di Kota Malang. Mediapsi, UB 4(2), 92-101.

Myers, D.G. (2014). Psikologi Sosial (edisi 10: buku 1). Jakarta: Salemba Humanika.

Nirmala, H. V. P. & Patria, B. (2016). Peran Regulasi Diri dan Konformitas terhadap Perilaku Berkendara Beresiko pada Remaja. Gadjah mada journal of psychology, 2 (2). 113-125. ISN: 2407-7798

Priyatno, D (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: Penerbit Simbiosa Rekatama Media.

Rhodes, N., Pivik, K., & Sutton, M. (2015). Risky Driving Among Young Male Drivers : The Effects of Mood and Passengers. Transportation Research part F. 65-76.

Ross, V., Jongen, E., Brijs, T., Ruiter, R., Brijs, K., & Wets, G. (2014). The Relation Between Cognitive Control and Risky Driving in Young Novice Drivers. Applied Neuropsychology : Adults 22. 61-72.

Saban A. (2015). Identitas Kelompok Pengguna Motor Yamaha RX King di Kota Manado. Jurnal Holistik tahun VII. No. 15

Sarwono, S.W. & Meinarno, E. A. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Scott-Parker B. Dkk. (2015). I Would Have Lost The Respect of My Friends and Family If They Knew I Had Bent The Road Rules: Parents, Peers, and The Perilous. Tranpotation Research Part F: 1-13

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit :Alfabeta, Bandung.

- . (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

- .(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, KualitatifIdan Kombinasi. Alfabeta. Bandung.

Taubman-Ben-Ari, O. & Noy A. (2011). Does the Transition Toparenthood Influence Driving?. Accident Analysis and Prevention 43. 1022-1035.

Taubman-Ben-Ari, O. Dkk. (2004). The Multidimensional Driving Style Inventory-Scale Construct and Validation. Accident Analysis and Prevention 36: 323-332.

Triman, A & Bagaskara, S. (2016). Sudut Pandang Kepribadian dalam Perilaku Mengemudi Beresiko. Simposium XLXX FSTPT, Universitas Islam Indonesia.

Yilmaz, V., & Celik, H. E. (2006). Risky Driving Attitudes and Self-Reported Traffic Violations Among Turkish Drivers: The Case of Eskişehir. Doğuş Üniversitesi Dergisi, 7(1), 127-138.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i1.1572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Riyansyah, Jehan Safitri, Rahmi Fauzia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.