HUBUNGAN STRATEGI COPING YANG BERFOKUS PADA EMOSI DENGAN BURNOUT BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU

Avu Regina, Ermina Istiqomah, Rika Vira Zwagery

Abstract


Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara  strategi coping yang  berfokus  pada emosi dengan burnout belajar. Jenis sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling yang mana peneliti memilih angkatan 2016 yang berjumlah 60 orang sebagai sampel. Penelitian ini iix nggufiakan analisis korelasi Karl Pearson product moment dengan instrumen penelitian yaitu skala strategi coping yang berfokus pada emosi dan skala burnoul belajar. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment sebesar (-0,646 ) dan r label 0,254 dengan signifikansi 0,05 sehingga ada hubungan antara strategi coping yang berfokus pada emosi dengon bumout belajar pada mahasiswa program studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru dengan arah kedria hubungan variabel yang negatif, semakin tinggi strategi coping yang berfokus pada emosi inoko semakin rendah burnout belajar dan sebaliknya. Suciba•8• n efektif pada penelitian ini sebesar 42A sedangkan 38A merupakan sumbangan dari faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Alifiilah, S. (2016). Pengaruh Solution Focused Brief Counselling (SFBC) Dalam Mencegah Bumout Syndrome Pada Mahasiswa Keperawatan Semester Akhir. Wiraraja Muka, 6(2), 68-77.

Aliinah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran Bumout

pada Mahaaiswa Keperawatandi Son rwimi, 77(2), 130-141.

Bagceci, B., & Hamamci,Z. (2012). An Investigation into the Relationship between Bumout and Coping Strategies among Teachers in Turkey. International Journal of Humanities and Social Science 2(12), 67-72

Ben-Zur, H & Michael, K. (2007). Bumout, Social Support, and Coping at Work Among Social Worlcers, Psychologist, and Nurses. Social Work in Health Care, fl5(4) 2007. The Haworth Press, Inc. Doi: 10.1300/J0 l0v45n04 04

Chang, Y. (2012). The Relationship Bctwccn Maladaptive Perfectionism with Bumout: Testing Mediating Effect of Emotion-focused Coping. Elsevier: Journal Personality and Individual D erences 5S 012) 635-659.http://dx.doi.org/l0.1016/j.paid.2012.05.002

Da Silva, R. M., Goularl, C. T., Lopes, L. F. D., Serrano, P. M., Costa, A. L. S., & Guido, L. A. (2014). Hardy Personality and Bumout Syndrome Among Nursing Students in Three azilian Universities-An Analytic Study. BMC Nursing 2014.h.biomedcentral.com/1472-6955/13/9

Gonzales-Morales, M. G., Rodriguez, 1., & Peiro, J. M. (2010). A Longitudinal Study of Coping and Gender in a Female-Dominated Occupation: Predicting Teachers’ Bumout. Journal of Occupoliorio! Health Psychology, 15{1), 29-44.DOI : 10.1037/a00 18232

Gunusen, N. P., & Ustun, B. (2010). An RCT of Coping and Supporl Groups to Reduce Biirnout Among Nurses. Inte rztatiorral Nursing Review' 57, 485-492

Jaracz, K., Gonna, K., & Konieczna, J. (2005). Bumout, Stress, and Styles of Coping Among Hospital Nurses. fiocmiñ Akademii Medycmej w Bialycisioku, 30 (1 ), 2003.

Jenaro, C., Flores, N., & Arias, B. (2007). Bumout and Coping in Hitman Service Practitioners. Professional Psychology: Research and Practice, 38( I ), 80-87. DOI : 10.103770735-7028.38.1.80

Lazents, R.S. & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Publishing Company.

Ling, L., Qin, S.,& Shen, L.(2014). An Investigation about Learning Bumout in Medical College Students and Its Influencing Factors. Elsevier:!nIernationaI Journal of Nursing Sciences, http://dx.doi.org/10.l0 16 i ij• ss.2014.02.0P5 Lori, Y., Wit, L., & Lin, H. (2016). A Study of Non-English-Majored Graduates’ Learning Bumout in a Local Comprehensive University in C hina. Creative Education, Z(07), 999-1006 ht1 dx.doi.org' 10.4236/ce.20 16.77104

Morinelli, B & Grimaldo, V. (2012). Handbook of The Psychology of Coping: New Research. New York: Nova Science Publishers, Inc.

Rafati, F., Nouhi, E., Sabzevari, S., & Dehghan-Nayeri,N.(2017). Coping Strategies of Nursing Students For Dealing With Streas in Clinical Setting: A Qualitaave Study. Electnmit Physician, 9(12), 6120-6128. DOI: bttp://dx.doi.org/10.J9082/6I20




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Avu Regina, Ermina Istiqomah, Rika Vira Zwagery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.