HUBUNGAN ANTARA PENETAPAN TUJUAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMKN 1 BANJARBARU

Atika Thoria, Rooswita Santia Dewi, Dwi Nur Rachmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penetapan tujuan dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMKN 1 Banjarbaru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan cluster random sampling, dengan randomisasi beberapa kelas dari seluruh kelas yang ada, sehingga siswa pada kelas yang terpilih akan dijadikan sebagai sampel subjek penelitian dengan jumlah subjek sebanyak 182 siswa. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala  penetapan tujuan dan skala prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara penetapan tujuan dan prokrastinasi akademik pada siswa SMKN 1 Banjarbaru memiliki korelasi --0,793 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan yang kuat dan negatif antara kedua variabel, artinya semakin rendah penetapan tujuan maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik, sebaliknya jika semakin tinggi penetapan tujuan maka akan semakin rendah prokrastinasi akademik. Hubungan penetapan tujuan dengan prokrastinasi akademik adalah sebesar 62,9% sedangkan 37,1% sisanya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran penelitian ini diharapkan agar siswa memiliki perencanaan yang mengatur prioritas dalam penyelesaian tugas belajar sesuai dengan penetapan tujuan dari siswa SMKN 1 Banjarbaru agar dapat menghindari kecenderungan prokrastinasi dibidang akademik.

Full Text:

PDF

References


Abe, I. I., Ilogu, G. C. & Madueke, I. L. (2014). Effects of Goal-Setting Skills on Students’ Academic Performance in English Language in Enugu Nigeria. New Approaches in Educational Research, 3(2). Retrieved from https://naerjournal.ua.es/article/view/v3n2-6

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bezci, F. & Vural, S. S. (2013). Academic Procrastination and Gender as Predictors of Science Achievement. Journal of Educational and Instructional Studies in The World, 3(2), 64-68.

Chowdhury, S. F., & Pychyl, T. A. (2018). A Critique of The Construct Validity of Active Procrastination. Personality and Individual Differences, 120, 7–12. doi: 10.1016/j.paid.2017.08.016

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3(2), 73-87. Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri- sumbar.ac.id/index.php/eDikInformatika/articl e/view/1320

Daudkhane, Y. S. (2017). Why SMART Goals are not ‘Smart’ enough?. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 3(6), 137-143.

Hoppe, J. D., Prokop, P., & Rau, R. (2018). Empower, not impose!—Preventing academic procrastination. Journal of Prevention & Intervention in The Community, 46(2), 184-198. doi: 10.1080/10852352.2016.1198172

Kandemir, M. (2014). Predictors of Academic Procrastination: Coping with Stress, Internet Addiction and Academic Motivation. World Applied Sciences Journal, 32(5), 930-938. Retrieved from

https://pdfs.semanticscholar.org/

Kurniasari, D. (2015). Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(1), 34-40. Retrieved from journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/dow nload/1662/935

Morisano, D., Hirsh, J., Peterson, J. B., Pihl, R. O., & Shore, B. M. (2010). Setting, Elaborating, and Reflecting on Personal Goals Improves Academic Performance. Journal of Applied Psychology, 95(2), 255-264. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/4196 7719

Ramadhan, R. P. & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 163-169. Retrieved from ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/vi ew/3260

Sinding, K., & Waldstrom, C. (2014). Organisational Behaviour. United Kingdom: McGraw-Hill Education.

Steel, P. (2007). The Nature of5Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure.

Psychological Bulletin, 133(1) 65-94.Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/172015 71

Steel, P. (2011). The Procrastination Equation: How to Stop Putting Things Off and Start Getting Stuff Done. United Kingdom: Harper Collins Publishers Ltd.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Vargas, M. A. P. (2017). Academic Procrastination: The Case of Mexican Researchers in Psychology. American Journal of Education and Learning, 2(2), 103-120. doi: 10.20448/804.2.2.103.120

Zhou, M. & Kam, C. C. S. (2017). Trait procrastination, self-efficacy and achievement goals: the mediation role of boredom coping strategies. Educational Psychology. doi:10.1080/01443410.2017.1293801




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Atika Thoria, Rooswita Santia Dewi, Dwi Nur Rachmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.