HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN KESADARAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTSN 2 BANJAR

Rizky Aulia, Dwi Nur Rachmah, Firdha Yuserina

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya terdapat peserta didik yang kurang sadar terhadap tanggung jawab mereka disekolah. Dampak paling parah yaitu adanya ketidakhadiran peserta didik sampai putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan kesadaran diri peserta didik kelas IX di MTsN 2 Banjar. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 134 peserta didik kelas IX di sekolah MTsN 2 Banjar. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala iklim sekolah dan skala kesadaran diri. Hasil penelitian menunjukan korelasi 0,603 (p<0,05) artinya ada hubungan signifikan yang kuat dan positif antara iklim sekolah dengan kesadaran diri peserta didik kelas IX di MTsN 2 Banjar, artinya semakin tinggi iklim sekolah maka akan semakin tinggi kesadaran diri, sebaliknya jika semakin rendah iklim sekolah maka akan semakin rendah kesadaran diri. Dari hasil penelitian juga diketahui sumbangan efektif iklim sekolah dengan kesadaran diri adalah sebesar 36,4% sedangkan 63,6% lainnya adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Cohen, J., McCabe, E, M., Michelli, N,M., & Pickeral,T. (2009). School Climate: Research, Policy, Practice, and Teacher Education. Journal Teachers College Record. Vol. 111, No.1, pp. (180-213).

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fluerentin, Elia. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) Dan Kaitannya Dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Vol. 1, No. 01

Goleman, D. (1998). Emotional Intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Budaya. (2018). Ikhtisar Data Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Jumlah Siswa Putus Sekolah Jenjang Sekolah menengah Pertama Menurut Tingkat Tiap Provinsi Tahun 2017/2018. http://www.publikasi.data.kemdikbud.go.id.

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung ( Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi ). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 03,1,(2016), 17-31.

Malikah. (2013). Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam. Jurnal Al-Ulum. Vol, 13 No 1, Hal 129-150.

Nasution, A.M.N., & Ulfasari, D. (2015). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap school connectedness siswa SMA Harapan 1 Medan. Jurnal Psikologia, Vol. 10, No.3, hal. 87-92.

National School Climate Council (2008). “The School Climate Challenge: Narrowing the Gap Between School Climate Research and School Climate Policy, Practice Guidelines and Teacher Education Policy”. https://www.schoolclimate.org/themes/schoolclimate/assets/pdf/policy/school-climate- challenge-web.pdf. (Online). Diakses pada 28 Agustus 2018.

Priyatno, D. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Purwita, Fitriyanda,. & Tairas. (2013). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah dengan School Engagement di SMKIPIEMS Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 2, No. (1)

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, R.H. (2015). Meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa smp melalui penggunaan teknik klarifikasi nilai. Jurnal konseling Indonesia. Vol. 1 (1), 47-57.

Tajasom, A., & Ahmad, Z. A. (2011). Principals Leadership Style and School Climate: Teachers Perspectives from Malaysia. International Journal of Leadership in Public Services. 7 (4), 314-333.

Thapa, A., Cohen, J., D’Alessandro, A.H., & Guffey S. (2012). School Climate Research Summary: August 2012. National School Climate Center.

Tutriyanti, D.H. (2015). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 9 No 2. 1118-1124




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rizky Aulia, Dwi Nur Rachmah, Firdha Yuserina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.