HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN KESADARAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTSN 2 BANJAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Cohen, J., McCabe, E, M., Michelli, N,M., & Pickeral,T. (2009). School Climate: Research, Policy, Practice, and Teacher Education. Journal Teachers College Record. Vol. 111, No.1, pp. (180-213).
Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fluerentin, Elia. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) Dan Kaitannya Dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Vol. 1, No. 01
Goleman, D. (1998). Emotional Intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Budaya. (2018). Ikhtisar Data Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Jumlah Siswa Putus Sekolah Jenjang Sekolah menengah Pertama Menurut Tingkat Tiap Provinsi Tahun 2017/2018. http://www.publikasi.data.kemdikbud.go.id.
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung ( Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi ). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 03,1,(2016), 17-31.
Malikah. (2013). Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam. Jurnal Al-Ulum. Vol, 13 No 1, Hal 129-150.
Nasution, A.M.N., & Ulfasari, D. (2015). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap school connectedness siswa SMA Harapan 1 Medan. Jurnal Psikologia, Vol. 10, No.3, hal. 87-92.
National School Climate Council (2008). “The School Climate Challenge: Narrowing the Gap Between School Climate Research and School Climate Policy, Practice Guidelines and Teacher Education Policy”. https://www.schoolclimate.org/themes/schoolclimate/assets/pdf/policy/school-climate- challenge-web.pdf. (Online). Diakses pada 28 Agustus 2018.
Priyatno, D. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Purwita, Fitriyanda,. & Tairas. (2013). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah dengan School Engagement di SMKIPIEMS Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 2, No. (1)
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Susanti, R.H. (2015). Meningkatkan kesadaran tanggung jawab siswa smp melalui penggunaan teknik klarifikasi nilai. Jurnal konseling Indonesia. Vol. 1 (1), 47-57.
Tajasom, A., & Ahmad, Z. A. (2011). Principals Leadership Style and School Climate: Teachers Perspectives from Malaysia. International Journal of Leadership in Public Services. 7 (4), 314-333.
Thapa, A., Cohen, J., D’Alessandro, A.H., & Guffey S. (2012). School Climate Research Summary: August 2012. National School Climate Center.
Tutriyanti, D.H. (2015). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 9 No 2. 1118-1124
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rizky Aulia, Dwi Nur Rachmah, Firdha Yuserina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.