HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN VOKASIONAL DENGAN HARDINESS PADA SISWA SMK NEGERI 1 MARTAPURA

Agnes Eunike, Marina Dwi Mayangsari, Muhammad Syarif Hidayatullah

Abstract


Pada masa sekarang yang terjadi pada bangsa Indonesia sedang menghadapi masalah yang berhubungan dengan jumlah pengangguran. Banyaknya pengangguran lulusan SMK disebabkan belum mampunya mengembangkan dan mengimplementasikan keahlian yang merupakan bagian dari kematangan vokasional sehingga berdampak pada hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan vokasional dengan hardiness pada siswa SMK Negeri 1 Martapura. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling. Dalam penelitian ini subjek yang terlibat sebanyak 230 orang. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment Karl Pearson. Penggumpulan data menggunakan skala kematangan vokasional dan skala hardiness. Hasil penelitian menunjukan hasil r = 0,794 (p<0,05) artinya adanya hubungan antara kemtangan vokasional dengan hardiness pada siswa SMK Negeri 1 Martapura. Nilai positif dari hasil korelasi tersebut menunjukan adanya hubungan yang searah yaitu semakin tinggi kematnagan vokasional maka akan semakin tinggi hardiness, sebaliknya semakin rendah kematangan vokasional maka akan semakin rendah hardiness.


Full Text:

PDF

References


Apriliani, S. (2017). Pengaruh Kematangan Vokasional dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Muaro Jambi. Jambi: Unversitas Jambi. Di akses pada tanggal 22 Juni 2018 http://repository.unja.ac.id/1208/1/ARTIKE L.pdf

Badan Pusat Statistk. (2018). Loporan bulanan data sosial ekonomi. Diakses pada tanggal 21 April 2018.

Candra, Y & Fenia, S.Z. (2019). Hubungan antara kematangan vokasional dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK Negeri 6 Padang. Journal of multidisciplinary research and development, Volum 1. Retrieved from: https://ranahresearch.com.

Florian, V., Mikulincer, M., & Taubman, O. (1995). Does Hardiness Contribute to Mental Health During A Stressful Real-Life Situation? The Role of Appraisal Coping. Journal of Personality and Social Psychology, 68(4), 687-695.

Kompas. (2014). BPS: lulusan SMK paling banyak yang menganggur. Kompas.com [on-line]. diakses pada tanggal 20 April 2018.

Paramitasari, F & Muhyadi. (2016). Pengaruh motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMKN 1 Bantul.

Patton, W., & Lokan, J. (2001). Perspectives on Donald Super’s Construct of Career Maturity. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1(1- 2), 31-48.

Purwanto, E. A, & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gaya Media.

Rosulin, R., & Paramita, P.P. (2016). Hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa SMK kelas XII. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol 5 No. 1.

Rozaini, N., & Purba, L.C. (2018). Pengaruh hasil belajar komunikasi bisnis dan kematangan vokasional terhadap kesiapan. Niagawan Vol 7 No.1.

Subijanto. (2012). Analisis Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuaruan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.18, NO. 2 , 164.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triono. (2014). Banyak pengangguran smk, kualitasnya masih kurang. suara surabaya [on-line]. Diakses pada tanggal 28 Mei 2018 dari http://www.suarasurabaya.net/print_news/F okus/2014/143147-Banyak-Pengangguran- SMK,-Kualitasnya-Masih-Kurang.

Yusuf, S. (2011). Perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosadakarya Offset.

Zamroni. (2018). Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Volume 3, No. 1. Retrieved from:

http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agnes Eunike, Marina Dwi Mayangsari, Muhammad Syarif Hidayatullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.