PERBEDAAN PERILAKU MENOLONG ANAK USIA DINI YANG DIBERIKAN METODE CERITA MORAL YANG MENEKANKAN EMOSI NEGATIF TOKOH DAN METODE CERITA NONMORAL
Abstract
Perilaku menolong penting bagi anak usia dini untuk membangun hubungan baik dengan lingkungan. Menolong melibatkan niat dan perilaku. Perilaku menolong dapat dikembangkan dengan metode cerita. Niat menolong dapat dibentuk dengan penilaian moral terhadap tindakan tokoh cerita, sedangkan perilaku menolong dapat difasilitasi oleh emosi negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perilaku menolong anak usia dini yang diberikan cerita moral yang menekankan emosi negatif tokoh dan cerita nonmoral. Penelitian dilakukan di PAUD Terpadu Telkom Banjarbaru. Subjek berjumlah 30 orang yang dibagi kedalam kelompok eksperimen dan kontrol dengan purposive sampling. Intrumen penelitian dengan lembar wawancara pemahaman cerita, lembar wawancara niat menolong dan lembar observasi perilaku menolong. Berdasarkan hasil uji ancova pada niat menolong diperoleh p=0.010<0.05,berarti ada perbedaan niat menolong anak usia dini yang diberikan metode cerita moral yang menekankan emosi negatif tokoh dan metode cerita nonmoral. Hasil uji ancova pada perilaku menolong diperoleh p=0.115>0.05, berarti tidak ada perbedaan niat menolong anak usia dini yang diberikan metode cerita moral yang menekankan emosi negatif tokoh dan metode cerita nonmoral. Berdasarkan hasil tersebut, maka cerita moral yang menekankan emosi negatif tokoh dapat memfasilitasi anak dalam mendorong niat menolong dibandingkan dengan metode cerita nonmoral, namun kedua cerita tidak memiliki dampak berbeda dalam memfasilitasi perilaku menolong anak.
Full Text:
PDFReferences
Aisah, I. (2012). Strategi Penumbuhan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita (Studi Kasus di Pendididkan Anak Usia Dini (PAUD) Matahari RW X1V Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi). Jurnal Empowerment, 1 (2). Diakses pada tanggal 23 November 2018, dari http://e- journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/622.
Baron & Byrne. (2005). Psikologi Sosial, edisi kesepuluh.
Jakarta: Erlangga.
Du, X., & Hao, J. (2018). Moral Stories Emphasizing Actors’ Negative Emotions Toward Their Nonhelping Behavior Promote Preschoolers’ Helping Behavior. Journal of Experimental Child Psychology, 168, 19-31. doi:10.1016/j.jecp.2017.11.011.
Fuadi, Sumaryanto, T., & Lestari, W. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pembelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Berbasis Starter Experiment Approach Berwawasan Konservasi. Journal Of Educational Research and Evaluation. Diakses Pada Tanggal 12 Mei 2019, dari Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jere/Article/View/6926/4969.
Indra, S., Yusuf, A. M., Jamna. J. (2015). Efektivitas Team Assisted Individualization untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Edukasi, 1 (2). Diakses pada tanggal 25 Februari 2019, dari http://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/604.
Lee, K., Talwar, V., Mc Carthy, A., Ross, I., Evans, A., & Arruda, C. (2014). Can Classic Moral Stories Promote Honesty For Children. Psychological Science, 25, 1630–1636. doi:10.1177/0956797614536401.
Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2014). Human Development (Perkembangan Manusia), edisi 12, jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Shadiqi, M. A., Muluk, H., & Milla, M. N. (Inpress). Experiment Replication: A Proposed Solution for Developing Psychological Research in Indonesia. Anima Indonesian Psychological Journal.
Syakir, A., Ariyanto. A. A. (2014). Pengaruh Ekslusi Sosial Terhadap Perilaku Menolong Pada Remaja Melalui Afek Positif Sebagai Mediator. Diakses pada tanggal 14 November 2018, dari www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-06/S55812-Akbar%20Syakir.
Utomo, M. H. & Minza, W. M. (2016). Perilaku Menolong Relawan Spontan Bencana Alam. Gadjah Mada Journal of Psychology, 2 (1), 48-59. Diakses pada tanggal 14 November 2018, dari https://jurnal.ugm.ac.id/gamajop/article/ view/31871/19301.
Wahyuni, N. K. D., Wiarta, W., & Suadnyana, N. A. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B TK Putra Sesana Antiga, Karangasem. e-Journal PG- PAUD Univeritas Pendidikan Ganesha, 2 (1). Diakses pada tanggal 23 November 2018, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3048.
Yao, Z., & Enright, R. (2018). The Influence of Moral Stories on Kindergarteners’ Sharing Behavior. Early Child Development and Care. doi:10.1080/03004430.2018.1499098.
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nor Mai Leza, Rika Vira Zwagery, Marina Dwi Mayangsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.