PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA DI STKIP PGRI BANJARMASIN
Abstract
Masalah yang terjadi dan berhubungan dengan dunia pendidikan saat ini salah satunya menyangkut kesiapan kerja mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang lebih dikenal dengan istilah kesiapan kerja, komponen yang berpengaruh dalam kesiapan kerja adalah komunikasi interpersonal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) dalam memasuki dunia kerja di STKIP PGRI Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling berjumlah 106 orang mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin angkatan 2015. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Instrumen yang digunakan adalah skala komunikasi interpersonal dan skala kesiapan kerja. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan adanya pengaruh positif antara komunikasi interpersonal dengan kesiapan kerja pada mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin. Adapun sumbangan efektif komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin sebesar 52,1% sedangkan 47,9% sisanya merupakan sumbangan dari komponen lain selain komunikasi interpersonal yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Akua A.O., Emmanuel B.A. (2014). Communication In The Workplace: Guidelines For Improving Effectiveness. College of Technology Education, Kumasi- University of Education. Winneba Ghana. University of Education, Winneba Ghana. Vol. 3 No. 5. Retrieved from: https://www.longdom.org/articles/c ommunication-in-the-workplace- guidelines-for-improving- effectiveness.pdf
Andrews.J.(2008). Graduate Employability, ‘Soft Skills’ Versus ‘Hard’ Business Knowledge: A European Study. High Education in Europe. Vol. 33 No. 4. Retrieved from: https://www.immagic.com/eLibrary/ ARCHIVES/GENERAL/JOURNAL S/H081200A.pdf
Astuti, N.W.W., IG.A. Suhandana, N. Dant. (2013). Studi Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali Tahun 2012. e- journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. Vol 4 (1-11).
Bilal, M.I. Javaid, M.U. Bano, S. (2016). Level of Work Readiness Skills, Career Self-Efficacy and Career
Exploration of Engineering Students. NFC-IEFR Journal Of Engineering & Scinetific Research. Comsats Institute of Information Technology. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/312595778_Level_of_Work_Re adiness_Skills_Career_Self- Efficacy_and_Career_Exploration_of
_Engineering_Students
Brady, R,P. (2010).Work Readiness Inventory.Journal.JIST Works. Retrieved from: hps://jist.com/wp- content/uploads/2016/05/work- readiness-inventory-administrators- guide.pdf
DeVito, J.A. (2011). The Interpersonal Communication Book. Pearson Educations.
Hartaji, D.A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Hamalik, O. (2004). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hallaby, S,F. Hamama S,F. (2017). Investigasi Masalah yang Dihadapi Mahasiswa Calon Guru Selama Praktik Mengajar di Sekolah pada Pgorgam Praktik Pengalaman Lapangan: Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Abulyatama. SEMDI UNAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univesitas Abulyatama. Hal 85-94
Mulyana. dkk. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Magogwe, Joel.M. Nkosana, L.B.M. Ntereke, B.B. (2014). Uncovering University Students’ Readiness Through Their Assessment Of Workplace Communication Skills. World Journal Of Education. Communication and Study Skills Unit, University of Botswana, Gaborone, Botswana. Vol. 4, No. 5 http://dx.doi.org/10.5430/wje.v4n5p 21
Ramisetty. J. (2017). Measurement of Employability Skills and Job Readiness Perception of Post – graduate Management students: Results from A Pilot Study. International Journal in Management and Social Science. Vol. 5. No. 8. Retrieved from:https://www.researchgate.net/p ublication/320735657_Measuremen t_of_Employability_Skills_and_Job
_Readiness_Perception_of_Post- Graduate_Management_students_R esults_from_A_Pilot_Study.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syailla, A.N. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Smk Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2016/2017. Ejournal.psikologi.fisip-unmul. Vol 5 No 3.
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Risya Die Safitri, Marina Dwi Mayangsari, Neka Erlyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.