PENERAPAN METODE DISCRETE TRIAL TRAINING (DTT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA PADA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amalia, G. (2015). Efektivitas Teknik Discrete Trial Training (DTT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Primer Bagi Anak Autis X di SLB Autisma Mutiara Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3). Diakses pada tanggal 13 Desember 2018darihttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupe khu/article/view/6086
Azizah, U. (2017), Keterlambatan Bicara Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan Islam, 6(2),281. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019 dari http://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.ph p/hikmah/article/view/60
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: pustaka Belajar.
Cahyanti, M. N., Hitipeuw, I., & Huda, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif dan Reseptif Anak Autis dengan Menggunakan Pendekatan ABA (Applied Behavior Analysis). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 125-129. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019 dari http://journal.um.ac.id/index.php/jppplb/article/ view/5273
Dolch, E. W. (1936). A basic sight vocabulary. The Elementary School Journal, 36(6), 456-460. Diakses pada tanggal 27 Februari 2019 dari https://doi.org/10.1086/457353
Ferraioli, S., Hughes, C., & Smith, T. (2005). A model for problem solving in discrete trial training for children with autism. Journal of Early and Intensive Behavior Intervention, 2(4), 224.
Diakses pada tanggal 13 Februari 2019 darihttp://dx.doi.org/10.1037/h0100316
Firmansyah.R.A. & Wrastari.A.T. (2014). Pengaruh Penggunaan Film Sebagai Media Belajar Terhadap Pencapaian Higher Order Thinking Skill Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unair. 3(1). Diakses dari
:http://journal.unair.ac.id/download- fullpapers-jpkkb65e5e6f32full.pdf
Handojo, Y. (2009). Autisme pada anak. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer
Humaeroh (2016), Pembelajaran Bahasa Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Berbicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi, Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(2), 126-138. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019 dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/ article/view/199
Hurlock,Elizabeth.B (2013). Perkembangan Anak, Jilid 1, McGraw-Hill: Erlangga.
Koerniandaru, W. (2016). Efektivitas Toilet Training Dengan Metode Discrete Trial Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Toileting Pada Siswa Adhd Kelas I Di Slb E Prayuwana Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 5(10), 1020-1031. Diakses pada tanggal 8 Januari 2019 dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/view/6416
Kris Widyanti, M. A. R. I. A., & Mahmudah, S. (2018). Metode Discrete Trial Training Bermedia Animasi 2 Dimensi terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1). Diakses pada tanggal 12 Februari 2019 dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/j urnal-pendidikan-khusus/article/view/26176
Kusbiantoro, D. (2015). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak Aba 1 Lamongan. Surya, 7(1), 1-
Diakses pada tanggal 14 Februari 2019 dari https://stikesmuhla.ac.id/wp- content/uploads/jurnalsurya/Jurnal
Masterson.M. (2013).Milestones Of Child Development. Virginia : Office of Early Childhood Development.
Motulsky, H. J. (2014). Prism 6 statistics guide.
GraphPad Software Inc, 31 (1), 145. National Professional Development Center on Autism Spectrum Disorders. (2010). Module: Discrete Trial Training (DTT). California : The University of California at Davis Medical School.
Papalia, D. E & Feldman, R. D. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia : Experince Human Development, edisi 12. Jakarta: Salemba Humanika.
Putra, A. Y., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di Paud Asparaga Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 3(1). Diakses pada tanggal 12 Februari 2019 dari https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/arti cle/view/828
Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155. Diakses pada tanggal 14 Februari 2019 dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/artic le/view/6086
Santrock, J.W. (2017). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. (2008).Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks.Setyaningsih, W., Setyawan, D. A., & Sudarman, S. (2017). Pengaruh Metode Discrete Trial Training (Dtt) Terhadap Peningkatan Perbendaharaan Bahasa Bicara Pada Anak Retardasi Mental Di SLB Yaat Surakarta. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1). Diakses pada tanggal 13 Desember 2018 dari http://jurnal.poltekkes- solo.ac.id/index.php/Int/article/view/277
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2). Diakses pada tanggal 27 Februari 2019 dari https://online- journal.unja.ac.id/pena/article/view/1451
Smith, T. (2001). Discrete trial training in the treatment of autism. Focus on autism and other developmental disabilities, 16(2), 86-92. Diakses pada tanggal 13 Februari 2019 dari https://doi.org/10.1177%2F1088357601016002 04
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistiyaningsih, M. P., & Sukirman, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Discerete Trial Training untuk Siswa Penyandang Autisme. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 49-56. Diakses pada tanggal 8 januari 2019 dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/art icle/view/14251
Suliyanto. 0 (2014). Statistika Non Parametrik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta : Andi
Sunanik. (2013). Pelaksanaan Terapi Wicara Dan Terapi Sensori Integrasi Pada Anak Terlambat Bicara. 7(1). Diakses dari: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=299061&val=5943&t Pelaksanaan%20Terapi%20Wicara%20dan% 20Terapi%20Sensori%20In grasi%pada%20Anak%20Terlambat%20Bicara
Suryawati, I. G. A. (2010). Model Komunikasi Penanganan Anak Autis Melalui Terapi Bicara Metode Lovaas. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(1), 31-39.
The National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD). (2014). Speech and Languange Developmental Milestones. USA : Departement of Health and Human Services. Diakses pada tanggal 27 Februari 2019 dari htps://www.nidcd.nih.gov/health/speech-and-language Texas Statewide Leadership for Autism. (2009).Texas GuideFor Effective Teaching Discrete Trial Training. USA : Texas Center For Disability Studies.
Unlu, E., Vuran, S., & Diken, I. H. (2018). Effectiveness of Discrete Trial Training Program for Parents of Children with Autism Spectrum Disorder. International Journal of Progressive Education, 14(3), 12-31. Diakses pada tanggal 12 Februari dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1186534
Umah, R. Y. H. (2017). Gadget dan Speech Delay: Kajian Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 235-242. Diakses pada 8 Januari 2019 dari http://journal.pps- pgra.org/index.php/Ijiece/article/view/88
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 RR. Nabila Ghina Amalia, Jehan Safitri, Rika Vira Zwagery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.