EFEK INTERPERSONAL DARI EKSPRESI EMOSI MARAH TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN GAMBUT
Abstract
Emosi individu sangat mempengaruhi keputusan sosial seseorang. Namun, sejauh ini, banyak penelitian yang hanya menekankan efek intrapersonal dari emosi, yaitu, bagaimana keadaan afektif seseorang memengaruhi kemungkinannya untuk bertindak. Ini mengejutkan, karena emosi bukan hanya pengalaman pribadi. Emosi diekspresikan dalam interaksi sosial, dan umumnya dirasakan oleh orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efek interpersonal dari ekspresi emosi marah terhadap perilaku prososial pada siswa sekolah menengah atas di Kecamatan Gambut. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik randomisasi dengan kriteria siswa yang berada di tahap remaja madya, yaitu berusia 16-18 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima yang berarti, siswa yang dimintai pertolongan yang disertai dengan ekspresi emosi marah berbeda secara signifikan dalam menampilkan perilaku prososial dengan siswa yang dimintai pertolongan yang disertai dengan ekspresi tanpa emosi. Selain itu nilai rata-rata perilaku prososial siswa yang dimintai pertolongan dengan menggunakan ekspresi emosi marah lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata prososial siswa yang dimintai pertolongan dengan menggunakan ekspresi tanpa emosi.
Full Text:
PDFReferences
Baron, R. A., & Branscombe, N. R., (2013). Social psychology 13th ed. Pearson Education Limited.
Beaton, D. E., Bombardier, C., Guillemin, F., & Ferraz, M. B. (2000). Guidelines for the process of cross-cultural adaptation of self-report measures. Spine, 25(24), 3186-3191.
Cheshin, A., Rafaeli, A., & Bos, N. (2011). Anger and happiness in virtual teams: Emotional influences of0text and behavior on others’ affect in the absence of non-verbal cues. Organizational behavior and human decision processes, 116(1), 2-16.
Daniel Goleman. (2007, 12 Juni). Diakses dari http:/www.danielgoleman.info/three-kinds-of-empathy-cognitive-emotional-compassionate/
Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (1989). The roots of prosocial behavior in children. Cambridge University Press.
Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Knafo‐Noam, A. (2015). Prosocial development. Handbook of child psychology and developmental science, 1- 47.
Fischer, A. H., & Roseman, I. J. (2007). Beat them or ban them: The characteristics and social functions of anger and contempt. Journal of personality and social psychology, 93(1), 103.
GIS Banjar. (2015). Profil Investasi Kabupaten Banjar 2015. Diakses pada tanggal 23 Februari 2019, dari http://bappelitbang.banjarkab.go.id/banjar/?site =kecamatan/kecamatan_detail&id=2
Goei, R., & Boster, F. J. (2005). The roles of obligation and gratitude in explaining the effect of favors on compliance. Communication Monographs, 72(3), 284-300.
Hurlock, E. B. (1994). Psikologi perkembagan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan edisi ke-5 alih bahasa: Wasana. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kaltwasser, L., Moore, K., Weinreich, A., & Sommer, W. (2017). The influence of emotion type, social value orientation and processing focus on approach-avoidance tendencies to negative dynamic facial expressions. Motivation and Emotion, 41(4), 532-544.
Keltner, D. (2003). Expression and the course of life: Studies of0emotion, personality, and psychopathology from a social-functional perspective. In P. Ekman, J. Campos, R. J. Davidson, & F.B.M. De Waal (Eds.), Emotions inside out: 130 years after Darwin's “The expression of the emotions in man and animals” (Vol. 1000, pp. 222–243). New York, NY: New York Academy of Sciences.
Kim, J., & Shin, W. (2014). How to do random allocation (randomization). Clinics in orthopedic surgery, 6(1), 103-109.
Lazarus, R. S., & Lazarus, R. S. (1991). Emotion and adaptation. Oxford University Press on Demand.
Marczyk, G., DeMatteo, D., & Festinger, D. (2005). Essentials of research design and methodology. John Wiley & Sons Inc.
Matsumoto, D. E. (2009). The Cambridge dictionary of psychology. Cambridge University Press.
Moody, E. J., McIntosh, D. N., Mann, L. J., & Weisser, K. R. (2007). More than mere mimicry? The influence of emotion on rapid facial reactions to faces. Emotion, 7(2), 447.
Overbeck, J. R., Neale, M. A., & Govan, C. L. (2010). I feel, therefore you act: Intrapersonal and interpersonal effects of emotion on negotiation as a function of social power. organizational Behavior and Human Decision Processes, 112(2), 126-139. Pann. (2019, April 7). Suburban. Diakses dari https://glosarium.org/arti-suburban/.
Penner, L. A., Dovidio, J. F., Piliavin, J. A., & Schroeder, D. A. (2005). Prosocial behavior: Multilevel perspectives. Annu.Rev.Psychol., 5 6, 365-392.
Rosenblum, G. D., & Lewis, M. (2003). Emotional development in adolescence.
Rushton, J. P. (1978). Urban density and altruism: Helping strangers in a Canadian city, suburb, and small town. Psychological Reports, 43(3), 987-990.
Santoso, A. (2010). Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1).
Shadiqi, M. A. (2018). Perilaku prososial. Dalam psikologi sosial: Pengantar dalam teori dan penelitian. (hlm. 227-260). Jakarta: Salemba Humanika
Sulak, T. N. (2016). School climate and academic achievement in suburban schools. Education and0Urban Society, 48(7), 672-684.
Van Doorn, E. A., Heerdink,M. W., & Van Kleef, G. A. (2012). Emotion and the construal of social situations: Inferences of0cooperation versus competition from expressions of anger, happiness, and disappointment. Cognition & emotion, 26(3), 442-461.
Van Doorn, E. A., van Kleef, G. A., & van der Pligt, J. (2015). How emotional expressions shape prosocial behavior: Interpersonal effects of anger and disappointment on compliance with requests. Motivation and emotion, 39(1), 128- 141.
Van Kleef, G. A. (2016). The interpersonal dynamics of emotion. Cambridge University Press.
Van Kleef, G. A., De Dreu, C. K., & Manstead, A. S. (2010). An interpersonal approach to emotion in social decision making: The emotions as social information model. Dalam advances in experimental social psychology (Vol. 42, hlm. 45-96). Academic Press.
Van Kleef, G. A., Van Doorn, E. A., Heerdink, M. W., & Koning, L. F. (2011). Emotion is for influence. European Review of Social Psychology, 22(1), 114-163.
Wubben, M. J., De Cremer, D., & Van Dijk, E. (2009). How emotion communication guides reciprocity: Establishing cooperation through disappointment and anger. Journal of experimental social psychology, 45(4), 987-990.
Yusuf, P. M., & Kristiana, I.F. (2018). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial pada siswa sekolah menengah atas. Empati, 6(3), 98-104.
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Niken Lestari, Neka Erlyani, Marina Dwi Mayangsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.