HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK DI TK X BANJARMASIN

Nadilla Nur Alaika Jasmiin, Rika Vira Zwagery, Firdha Yuserina

Abstract


Perkembangan bahasa menjadi salah satu aspek terpenting pada pendidikan anak usia dini karena bahasa akan memudahkan anak dalam berkomunikasi dan kualitas dalam berbahasa ditentukan oleh jumlah kosakata yang dimiliki anak. Pada saat ini anak-anak sering sekali menggunakan gadget. Padahal gadget dapat menghambat perkembangan bahasa anak dikarenakan anak lebih banyak mendengar kosakata pasif yang tidak membutuhkan respon. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan penguasaan kosakata pada anak di TK X Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah subjek 74 orang yang terdiri dari 26 laki-laki dan 48 perempuan yang dipilih berdasarkan kriteria penelitian. Skala yang digunakan terdiri dari skala intensitas penggunaan gadget dan tes penguasaan kosakata. Data dianalisis menggunakan uji statistik non paramterik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan penguasaan kosakata pada anak di TK X Banjarmasin dengan arah hubungan negatif (r = -0,379 ; p = 0,001). Artinya, semakin tinggi intensitas penggunaan gadget, semakin rendah penguasaan kosakata. Sebaliknya, semakin rendah intensitas penggunaan gadget, semakin tinggi penguasaan kosakata.


References


Adianto, A, & Sugianto. (2019). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1), 499-509.

Afriyani. (2019). Hubungan Peran Orangtua dan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Di Tempat Penitipan Anak (Tpa) Prima Sanggar. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 8(6), 635-642.

Amalia, H. F., Rahmadi, F. A., & Anantyo, D. T. (2019). Hubungan Antara Paparam Media Layar Elektronik Dan Perkembangan Bahasa Dan Bicara. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 8(3), 979-990.

Arini, A., & Reza, M. (2014). Pengembangan Permainan Ular Naga Modifikasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Paud Teratai, 3(3), 1-7.

Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 83-92.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta : Ar-Ruzz.Media.

Febriansyah. (2018). Mengapa Anak-anak Butuh Permainan Tradisional. Diakses pada 23 Oktober 2019, dari https://Tirto.Id/Mengapa-Anak-Anak-Butuh-Permainan-Tradisional-Dbm6.

Feniwati, F., & Yeni, I. (2020). Peningkatan Perbendaharaan Kosa Kata Anak Melalui Bernyanyi di Taman Kanak-Kanak. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(2), 189-93.

Filisyamala, J. (2018). Pengaruh Media Televisi untuk Mengembangkan Kosakata Anak. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 253-259.

Hasanah, M. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak. Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 207-214.

Hermawan,.I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method). Kuningan : Hidayatul Quran Kuningan.

Hurlock. E. B. (2013). Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.

Irenaningtyas, D. A., & Wulan, R. (2004). Perbedaan Penguasaan Kosakata Anak Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi, 31(2), 92-102.

Jayantika, O. R., Livana, P. H., & Indrayati, N. (2020). Pola Asuh Orangtua Berhubungan Dengan Lamanya Durasi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ners Widya Husada. 7(2), 41 – 48.

Kamilah, .U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61-67.

Khoiriah, A. N., Fatmawati, F., & Gumanti, K. A. (2019). Perbedaan Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara Yang Mengikuti Dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk-It Insan Permata Malang. Journal Of Issues In Midwifery, 3(2), 40-47.

Lende, N. A. S., Maemunah, N., & Choeron, R. C. (2019). Kebiasaan Penggunaan Gadget Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Paud Anggrek Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(2).

Lestari, T., Herawati, N. I., Permatasari, E., & Ariningrum, P. R. (2019). Assesmen Literasi Digital Berbasis Perkembangan Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 1031-1040).

Maduratna, E. S., & Lilla, Q. (2018). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-Issn: 2085-5931 E-Issn: 2623-2871, 1(2), 7-14.

Nasikhah, .I. D., & Purwanta, E. (2019, April). The Effect of Gadget Usage on Speaking Ability of 3-6 Year Olds. In International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018). Atlantis Press. 216-219.

Nirwana, N., Mappapoleonro, A. M., & Chairunnisa, C. (2018). The Effect of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 85-90.

Novianti, R. & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini; Tantangan Baru orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000-1010.

Nugraha, A., Izah, N., Hidayah, S. N., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019, March). The effect of gadget on speech development of toddlers. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012203). IOP Publishing.

Nugraheni, A. D. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Proceedings Of Psychology" Cyber Effect: Internet Influence On Human Life", 123-133.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud). Nomor 137 Tahun 2014. Diunduh 20 Oktober 2019.

Perween, S., & Hasan, S. H. (2020). The Impact of Cartoons on Toddlers’ Language Acquisition. Strength for Today and Bright Hope for Tomorrow Volume 20: 2 February 2020 ISSN 1930-2940, 113.

Puspitasari, M., Andayani, & Suwandi, S. (2019). Proses Pemerolehan Kosakata Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0” (Pp. 286-288).

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsae Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5-13.

Rahmalah, P. Z., Astuti, P., Pramesstyaningrum., & Susan. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP (pp. 302-310).

Ramelan, H., Novianti, R., & Kurnia, R. (2019, November). The Effect of Gadget Use Intensity towards the Speaking Ability of Early Childhood. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 356-360).

Rukmana, F. Z. (2016). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Multisensori Pada Anak Tunarungu Pada Kelas Ii Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sandrian, Garna, H., & Rachmiatie, A. (2018). Pengaruh Kepemilikan Smartphone Oleh Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Bahasa dan Psikososial Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kesehatan Stikes Muhammadiyah Ciamis, 5(2), 80-90.

Santrock. J. W. (2015). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Prenadamaedia Group.

Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di PAUD/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(80), 137-145.

Sari, T. P, & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13(2), 72-78.

Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). .Dampak .Penggunaan .Smartphone .Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP (pp. 691-697).

Siyoto, S. & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Literasi. Media Publisher.

Sowmya, A. S. L., & Manjuvani, E. (2019). Usage of electronic gadgets and language development of preschool children. International Journal of Home Science, 5(2), 420-423.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Sukmawati. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun di TK Buah Hati Kita. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(1), 51-60.

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510-514.

Vitrianingsih, Khadijah, S., & Ceria, I. (2018). Hubungan Peran Orang Tua dan Durasi Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah di TK Gugus IX Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 3(2), 101-109.

Yasbiati, Y., Pranata, O. H., & Fauziyah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 20-29.

Yulsyofriend., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67-80.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i2.2655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nadilla Nur Alaika Jasmiin, Rika Vira Zwagery, Firdha Yuserina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.