HUBUNGAN SELF-CONTROL DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PUBG PADA REMAJA AKHIR DI KALIMANTAN SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan self control dengan intensitas bermain game online pubg pada remaja akhir di Kalimantan Selatan. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan self control dengan intensitas bermain game online PUBG remaja akhir di Kalimantan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh subjek dengan rentang usia anak usia 15-18 tahun di Kalimantan Selatan. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik purposive sampling merupakan suatu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu atau seleksi khusus. Kriteria subjek dalam penelitian ini yaitu usia 15-8 tahun, berdomisili di Kalimatan Selatan dan merupakan pemain game online PUBG. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan skala dan angket yang terdiri dari skala self control α = 0,817 dan angket Intensitas Bermain Game Online PUBG α = 0,887. Adapun analisa data menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian ini terdapat hubungan signifikan antara self control dengan intensitas bermain game online PUBG pada remaja akhir di Kalimantan Selatan yang memiliki arah negatif dengan nilai r = -0,262 dari taraf signifikansi 0,003 (p < 0,05). Sumbangan efektif yang berarti diberikan variabel self control adalah 6,86% artinya peran self control dalam menentukan intensitas bermain game online PUBG tidak terlalu besar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi self control yang dimiliki individu, semakin rendah intensitas bermain game online PUBG. Begitupula sebaliknya, semakin rendah self control individu, semakin tinggi intensitas bermain game online PUBG.
References
Anggraeni, M. L., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Hubungan Antara Self Kontrol Dan Internet Addiction Disorder Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 131-139.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
________. (2013). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
________. (2015). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
________. (2017). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baumeister, R. F. (2018). Self Regulation and Self Control. New York : Routledge, A. Psychology Press Book.
Budhi, F. H.,& Indrawati, E.S. (2016). Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa pemain game online di game centre X semarang. Jurnal Empati. 5, (3). Agustus 2016. 478 – 481.
Chaq, M. C., Suharman, S., & Rini, A. P. (2018). Religiusitas, Kontrol Diri dan Agresivitas Verbal Remaja. FENOMENA, 27(2).
Davids, E. L., Ryan, J., Yassin, Z., Hendrickse, S., Lee, E., Ryan, J., Roman, N. V. (2016). Family structure and functioning : Influences on adolescents psychological needs, goals and aspirations in a South African setting. Journal of Psychology in Africa, 351–356. https://doi.org/10.1080/14330237.2016.1208929.
Diba, D. S. (2013). Peranan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Pada Remaja Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin Di Samarinda. E-Jurnal Psikologi, 1(3), 185-191.
Fauzi, A. (2019). Pengaruh Game Online PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Scienceedu, 61-66.
Griffiths, M. D., Davies, M. N., & Chappell, D. (2004). Online computer gaming: a comparison of adolescent and adult gamers. Journal of adolescence, 27(1), 87-96.
Hakam, M. T., Levani, Y., & Utama, M. R. (2020). Potensi Adiksi Penggunaan Internet pada Remaja Indonesia di Periode Awal Pandemi Covid 19. Hang Tuah Medical journal, 17(2), 102-115.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131-145.
Hurlock. E.B. (2013). Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Horrigan, J. B. (2002). NewAInternetaUsers: What They Do Online. What They Don't, and Implications for The'Net's Future.
Ibrena, R. E., & Sudrajat, R. H. (2019). Pengaruh Kecanduan Game Playerunknown’s Battleground (PUBG) Terhadap Perilaku Hubungan Sosial Remaja Di Kota Jakarta. eProceedings of Management, 6(3), 6447-6452.
Luthfi, A. (2019, 28 Maret). 30 Juta Anak Milenial Gemar Bermain Game Setiap Hari. Dikutip 24 September 2019 Dari Oketechno :Https://Techno.Okezone.Com/Read/2019/03/28/326/2036223/30-Juta-Anak-Milenial-Gemar-Bermain-Game-Setiap-Hari.
Jang, Y. B., Lee, H. R., Kim, M. K., Jeong, E. J., & Ryu, S. H. (2013). The effects of self-control and construal level on game addiction. Journal of Korea Game Society, 13(2), 131-142.
Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., Lwanga, S. K., & World Health Organization. (1990). Adequacy of sample size in health studies. Chichester: Wiley.
Matthews, J. S., Ponitz, C. C., & Morrison, F. J. (2009). Early gender differences in self-regulation and academic achievement early gender differences in selfregulation and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 101(August), 689–704. https://doi.org/10.1037/a0014240
Mauludiyah, R., & Darminto, E. (2020). Pengaruh Kontrol Diri Pada Tingkat Kecanduan Bermain Game Online Peserta Didik SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 11(4).
Masya, H., & Candra,qD.A. (2016).aFaktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas X madrasah aliyah Al Furqon Prabumulih tahun pelajaranw2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 03, (1) , 153-169.
Minasochah, M. (2020). Keberfungsian Keluarga, Jenis Kelamin Dan Kontrol Diri Remaja Di Pulau Bawean (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Nirwanda, C. S., & Ediati, A. (2016). Adiksi Game Online dan Ketrampilan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Empati, 5(1), 19-23.
Nurhayati. (2015). HubungankKontrolRDiri DenganXProkrastinasi Kerja Pada Pegawai PT PLN (PERSERO) Rayon Samarinda Ilir. eJournal Psikologi, 3 (2), 492 – 503.
Oktavian, N., Nurhidayat, S., & Nasriati, R. (2018). Pengaruh Durasi Bermain Terhadap Adiksi Game Online Pada Remaja Di Warung Internet XGC Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Health Sciences Journal, 2(2), 72-82.
Priyatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom.
Putri, N. F. R. (2018). HubunganAAntara SelfJControl Dengan Intensitas BermainKGameKOnline Pada Anak Usia Sekolah (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
___________., & Prasetyaningrum, S. (2018). The Relationship Between Self Control With Intensity of Playing Online Games on The School Children. PSIKODIMENSIA, 17(2), 120-134.
Puspita, S. T. A. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada remaja akhir. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(1).
Pokkt & Lab, Decision. (2018). A Behavioral Analysis Of Mobile Gamers. Diakses Pada September 2019 Dari Https://Www.Google.Com/Url?Sa=T&Rct=J&Q=&Esrc=S&Source=Web&Cd=2&Ved=2ahukewiuukicnzdoahwd6nmbhrxsc8oqfjabegqiarab&Url=Https%3a%2f%2fwebassets.Pokkt.Com%2fweb%2fimg%2fpokkt_X_Decision_Lab-Sea_Market_Study_1.Pdf&Usg=Aovvaw1jxeiekkglqvh9v4muuwrt.
Sabriana, I., & Indrawan, J. (2020). Mengembangkan Kesadaran Diri (Self-Awareness) Masyarakat untuk Menghadapi Ancaman Non-tradisional: Studi Kasus Covid-19. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(2).
Safarina, N., & Halimah, L. (2019, November). Self-control and online game addiction in early adult gamers. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1375, No. 1, p. 012094). IOP Publishing.
Suhada, M.A. (2015). Internet, Remaja & “Game Online”. Diakses Pada 28 Maret 2020, dari Https://Analisadaily.Com/Berita/Arsip/2015/1/10/97277/Internet-Remaja-Game-Online/
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self‐control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of personality, 72(2), 271-324.
Tiwa, J. R., Palandeng, O. I., & Bawotong, J. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Remaja Di Sma Kristen Zaitun Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i2.2657
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ikhsanul Rizal, Ermina Istiqomah, Rendy Alfiannoor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.