HUBUNGAN KELEKATAN PADA AYAH DENGAN SIKAP ASERTIF REMAJA SMPN 5 BANJARBARU

Salma Auliyaningrum, Rahmi Fauzia, Firdha Yuserina

Abstract


Masa remaja merupakan masa perkembangan yang mengalami transisi dari masa anak-anak menuju ke masa dewasa. Pada masa transisi ini  remaja mulai dihadapkan dengan berbagai macam konflik baik secara eksternal maupun internal sehingga diperlukan kelekatan pada orangtua khususnya pada ayah agar remaja dapat memiliki sikap asertif yang baik agar dapat bersikap jujur, mampu bertanggung jawab, percaya diri dan mengungkapkan apa yang dirasakannya tanpa menyakiti orang lain sehingga mampu mengekspresikan perasaannya ke arah yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan pada ayah dengan sikap asertif remaja SMPN 5 Banjarbaru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini ialah menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala sikap asertif dan skala kelekatan ayah. Hasil penelitian menunjukan hubungan kelekatan ayah dengan sikap asertif remaja SMPN 5 Banjarbaru memiliki korelasi 0,493. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kelekatan pada ayah dengan sikap asertif remaja SMPN 5 Banjarbaru. Artinya semakin tinggi kelekatan yang diberikan ayah pada remaja, maka semakin tinggi pula sikap asertif yang ada dalam diri remaja tersebut. Sebaliknya, semakin rendah kelekatan yang diberikan ayah maka semakin rendah sikap asertif yang ada pada remaja di SMPN 5 Banjarbaru. Koefisien determinasi menunjukkan hubungan kelekatan ayah dengan sikap asertif sebesar 24,3%, sedangkan 75,7% sisanya merupakan sumbangan dari faktor lainnya.

References


Ainsworth, M. D. S., Blehar, M. C., Waters, E., dan Wall, S. N. (2014). Pattern of Attachment : A Psychological Study of The Strange Situation [Adobe Digital Editions Version] doi: 10.4324/978020375804.

Alberti, R. E & Emmons, M. L. (2017). Your Perfect Right. Canada: Raincoast Books.

Almannur, A. (2019). Peran Pola Asuh Demokratis Dan Kelekatan Anak Dengan Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja Di Smk Negeri 1 Kalasan. Jurnal Islamika, 2(1), 23-33.

Anfajaya, M. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Asertif pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529-532.

Ardianto, (2016). Pengaruh Komunikasi Positif dalam Keluarga dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Perilaku. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 77-94.

Arif, F & Wahyuni, S. (2017). Hubungan Kelekatan Pada Ibu, Ayah dan Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Anak Menjadi Pelaku dan Korban Bullying. Jurnal Psikologi Ulayat. 4. 122.10.24854/jpu22017-100.

Arumsari, C. (2017). Strategi konseling latihan asertif untuk mereduksi perilaku bullying. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 31-39.

Aryani, E. (2019). Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dan Asertivitas dengan Perilaku Merokok pada Siswa di SMPN 2 Sleman. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(1), 153-162.

Astuti, D. W., & Muslikah, M. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 168-182.

Ayu, I. P., & Marwiyah, N. (2019). Pengaruh Sikap Asertif dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Siswa SMP Negeri di Kota Serang. Faletehan Health Journal, 6(2), 56-63.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian Psikologi Edisi I.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakhtiar, M., & Aryani, F. (2018). Pengaruh Assertive Training Terhadap Perilaku Cyberbullying bagi Siswa. Konselor.7.10.24036/020187210283-0-00

Basuki, N. W., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan penyesuaian sosial pada mahasiswa Fakultas Teknik angkatan 2015 Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(1), 312-316.

Beaton, D. E., Bombardier, C., Guillemin, F., & Ferraz, M. B. (2000). Guidlines for the Proces of Cross-Cultural Adaptation of Self-Report Measures. Vol. 25, Nomor 24, pp3186-3191

Butar, M. B. (2017). Hubungan perilaku asertif dengan kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 6 Kota Tebing Tinggi. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 7(4), 525-532.

Databoks.(2019). Angka Remaja Indonesia yang Merokok Tertinggi di ASEAN. Diakses pada 25 Oktober 2019 di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/angka-remaja-indonesia-yang-merokok-tertinggi-di-asean

Detik News.(2018). Ada 504 Kasus Anak Jadi Pelaku Pidana, KPAI Soroti Pengawasan Ortu. Diakses pada 25 Oktober 2019 di https://news.detik.com/berita/d-4128703/ada-504-kasus-anak-jadi-pelaku-pidana-kpai-soroti-pengawasan-ortu

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Journal Istighna. 1. 116-133. 10.33853/istighna.v.1i1.20.

Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan Kelekatan Orangtua dengan Kemandirian Remaja SMA di Banda Aceh. Jurnal Psikologi. Vol. 01. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Farradinna, S. (2018). Kelekatan Ibu Bekerja Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja. Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 14. 124. 10.32528/ins.v14i2.1382.

Fitriani, W., & Hastuti, D. (2016). Pengaruh Kelekatan Remaja dengan Ibu, Ayah dan Teman Sebaya terhadap Kenakalan Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 9. 206-217. 10.24156/jikk.2016.9.3.206.

Hasmalawati, N., & Hasanati, N. (2019). Perbedaan Tingkat Kelekatan dan Kemandirian Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 3(1).

Hidayati, N. W. (2016). Hubungan harga diri dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).

Isroiyah, D. (2016). Pengaruh Kelekatan Dengan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak Melalui Self-Efficacy Siswa di Mts. Al-Ittihadiyah Canggu Badas Kediri. Didaktika Religia. 4. 29-54. 10.30762/didaktika.v4.i1.p29-54.2016.

Karniyanti, N. K., & Lestari, M. D. (2018). Peran kontrol diri dan asertivitas pada sikap terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja akhir perempuan di bangli. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 72-85.

Khairani, A., Yahya, M., & Fajriani, F. (2017). Pelaksanaan teknik asertif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa si SMP Negeri 2 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(3).

Khalisah, S., & Lubis, R. (2016). Perbedaan Perilaku Asertif Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Remaja yang Memiliki Clique. Jurnal Diversita, 2(1).

Lickona, T. (2012). Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nabilah, R., & Rosalina, E. (2019). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di Sma Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Psikologi Jambi, 5(02), 33-33.

Nilam, R & Akmal, S. (2018). Hubungan Gaya Kelekatan Dengan Self-Efficacy Akademik Siswa SMA Di Jakarta. Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 14. 10.32528/ins.v14i1.1054.

Palupi, T. N., & Astuti, A. W. (2017). Pengaruh antara Asertivitas dan Pola Asuh terhadap Kecenderungan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di Kampung Bulak Kecil-Jakarta Utara. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 6(1).

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Purita, A., Nugraha, S. P., & Gusniarti, U. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk)'X'di Yogyakarta Melalui Pelatihan Asertivitas. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 7(2), 233-245.

Purnama., W. (2017). Kelekatan (Attachment) pada Ibu dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial pada Remaja. Jurnal Psikologi. 13. 30. 10.24014/jp.v13i1.2762.

Puspa, D. (2019). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Sabilina Di Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Puteri, M., & Wangid M. N. (2017). Hubungan Antara Kelekatan Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(2). 2528-7206.

Putri, R. M., & Wahyuni, T. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di SMP Srijaya Negara. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(2), 178-183.

Rahmatullah, A.S. (2018). Kelekatan Ayah-Anak Sebagai Media Dasar Memberfungsikan Kejiwaan Positif Anak. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. 5.1. 2540-7619.

Rees, S & Graham, R.S. (1991). Assertion training: how to be who you really are. (Strategies for mental health). New York : A Tavistock/Routledge Publication.

Sanjaya, N. A., & Falah, N. (2018). Hubungan Antara Bimbingan Pribadi Dengan Asertivitas Siswa Kelas VIII MTS Negeri Yogyakarta 1. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 15(2), 1-17.

Saputro, K. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17. 25. 10.14421/aplikasia.v17i1.1362.

Sari, S. L., Devianti, R., & Nur’aini, S. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16-31.

Santrock, J. W. (2011). Life-span Development: 13th Edition. University of Texas, Dallas: Mc Graw-Hill.

Setianingsih, F. (2017). Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar. Journal of Multidisciplinary Studies. 1 (2).2579-9711

Setyaningrum, R. B., Yulianti, A., & Asra, Y. K. (2020). Pola Asuh Authoritative dengan Perilaku Asertif Remaja Keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 101-109.

Situmeang, I. S. (2018). Asertivitas pada Mahasiswa Pengguna Media Sosial.

Situmorang, N., & Pratiwi, Y., & Dimas, R.. (2018). Peran Ayah Dan Kontrol Diri Sebagai Preditor Kecenderungan Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. 2. 115. 10.24912/jmishumsen.v2i1.1839.

Situmorang, Z., & Hastuti, D., & Herawati, T. (2016). Pengaruh Kelekatan dan Komunikasi dengan Orangtua terhadap Karakter Remaja Perdesaan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 9. 113-123. 10.24156/jikk.2016.9.2.113.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Veryski, L., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Permissive Indulgent Dengan Asertivitas Pada Remaja Kelas VIII Di SMPN 13 Cirebon. Empati, 6(3), 146-153.




DOI: https://doi.org/10.20527/jk.v3i2.2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Salma Auliyaningrum, Rahmi Fauzia, Firdha Yuserina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.