PENYELESAIAN TEORI PERMAINAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS ALTERNATIF
Abstract
ABSTRAK
Teori permainan diawali oleh penemuan teorema pertama pada permainan catur oleh E. Zermelo pada tahun 1913. Kemudian teori permainan dikenal kembali setelah munculnya karya dari John Von Neumann dan V. Morgenstern pada tahun 1944. Salah satu cara penyelesaian teori permainan adalah program linier. Metode simpleks alternatif merupakan salah satu teknik penyelesaian dalam program linier yang digunakan untuk mencari solusi optimal, proses perhitungan metode ini dengan melakukan iterasi hingga tercapai hasil optimal. Metode simpleks alternatif merupakan sebuah algoritma yang sama dengan metode simpleks, satu-satunya perbedaan adalah dalam menentukan elemen kunci/angka kunci yang menjadi dasar untuk melakukan proses iterasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pembentukan dari masalah teori permainan ke dalam bentuk program linier dan menyelesaikan teori permainan menggunakan metode simpleks alternatif. Dengan menggunakan metode simpleks alternatif persoalan program linier pada teori permainan dapat digunakan untuk memperoleh solusi optimal. Metode simpleks alternatif dapat menyelesaikan permainan dengan mendapatkan strategi optimal dan nilai permainan optimal bagi setiap pemain.
Kata Kunci: Teori Permainan, Program linier, dan Metode Simpleks Alternatif.
ABSTRACT
Game theory is begun from the first theorem at chess game at 1913 by E. Zermelo. After that, game theory made its comeback at 1944 with the masterpiece of John Von Neumann and V. Morgenstern. Game theory have many way to solve problem which is in Linear Program. Simplex alternative method is of accomplishment techniques in linear program to find on optimal solution, the process of calculating this method by conducting repeated iteration to achieve an optimal result. This method has the same algorithm with simplex method. The only difference is in determining key element or numeral key as a basic to do iterations process. The purpose of this study was to explain the process of game theory problem formation into linear program and to accomplish game theory by using alternative simplex method. With the alternative simplex method problems of linear programing on game theory can be used to obtain the optimal solution. This method can solve the game by getting the optimal strategy and optimal value of the game for each player.
Keywords : Game theory, linear program, and alternative simplex method.
References
Aminudin. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Erlangga, Jakarta.
Affandi, P. 2011. Penerapan Program Linier pada Permainan Non-Koperatif. Jurnal Matematika Murni dan Terapan vol.5 No.2 (1-12).
Mulyono, S. 2007, Riset Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Siagian. 1987. Penelitian Operasional :teori dan praktek. (UI-Press), Jakarta.
Ferguson, T. S. 2008. Game Theory. University of California, Los Angeles.
Taha, H. A. 1997. Riset Operasi. Departement of indrustrial Engineering university of Arkans, Fayettevile.
Dimyati, T., dan Dimyati, A. 2004. Operations Research: Model-model Pengambilan Keputusan. Sinar Baru Algensindo, Bandung.
K. P. Ghadle., dan T. S. Pawar. 2014. Game theory problems by an alternatie simplex method. International Journal of Research in Engineering and Technology vol.03 (900-905).
Hillier, G., dan Lieberman, J. 1990. Introduction To Operations Research, McGraw-Hill, Inc.
DOI: https://doi.org/10.20527/jm.v1i1.326