Penerapan Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) Berbasis Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Kabupaten Sinjai
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. S., Muchlis, E. E., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 1(1), 94–100. Https://Doi.Org/10.33369/Jp2ms.1.1.94-100
Arifin, J., & Fitriani, A. (2022). Penerapan Pendekatan Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 539–547. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1807
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi Vi, Cetakan Ke 13, Pt. Asdi Mahasatya, Jakarta.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Karya.
Azis, F., Nur, R., & Setiawan, A. (2023). Integration of Character Value Models in Senior High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 113-120.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2016.V6.I3.P217-230
Fajarwati, M. S. (2010). Penerapan Model Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Akuntansi Rsbi (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) Di Smk Negeri 1 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta.
Firdaus, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sosiologi Siswa Sma. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1862–1870. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2140
Gresheilla, R. S., Femmy, Simpun, & Diplan. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Peserta Didik Kelas Iv-A Sdn 6 Menteng Tahun Pelajaran 2022/2023. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora , 1(2), 137–149. Https://Doi.Org/10.59024/Atmosfer.V1i2.134
Hamsah, H., Sidik, S., Mesra, R., & Nur, R. (2023). Tantangan Pendidikan Sosiologi Di Era Industri 4.0. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 5(03), 131-138.
Jayadi, U. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Siswa Kelas Iv Sdn 22 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Berajah Journal, 1(1), 21–42. Https://Doi.Org/10.47353/Bj.V1i1.17
Liana, M., & Hamzah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Jaringan Berbasis Luas ( Wan ) Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Mengunakan Aplikasi Qr- Code. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 316–322.
Mangundap, E. G. M., Katuuk, D. A., Monigir, N. N., & Kumolontang, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tomohon. Epistema, 4(1), 22–30. Https://Doi.Org/10.21831/Ep.V4i1.61341
Muamarah, N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 185. Https://Doi.Org/10.20527/Bipf.V2i2.854
Nur, R., & Kanji, H. (2021). Integrated Model of Character Education Development Based on Moral Integrative to Prevent Character Value Breaches. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 107-116.
Prameswari, M., Pratiwi, O. P., & Nabila, W. N. (2024). Keefektifan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Fase B Melalui Problem Based Learning (Pbl): Studi Literatur Article History. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(1), 1306. Http://Doi.Org/10.54373/Imeij.V5i1.869
Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Conference Of Elementary Studies, 195–203.
Rohania. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pelajaran Ipas Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 101764 Bandar Klippah Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 3(4), 211–224. Https://Pusdikra-Publishing.Com/Index.Php/Jesa
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. Jrpm (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2022.7.1.55-72
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning (Teori, Riset Dan Praktik), Bandung: Nusa Media
Suardi, S., Nursalam, N., Israpil, I., Kanji, H., & Nur, R. (2022). Model of Strengthening Students' Intelligent Character in Facing Changes in Society in the Industrial Revolution Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1419-1430.
Umma, Y. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Di Kelas 4 Sdn Kandelu Kutura Issn 2548-9119 Pendahuluan Salah Satu Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Adalah Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menduk. 8(1), 24–34.
DOI: https://doi.org/10.20527/pn.v7i01.12324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Padaringan Indexed By :
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.