Penerimaan Audiens Pria Terhadap Soft Masculinity Dalam Videoklip NCT Dream – Candy
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifa, I. (2020). Analisa Kesuksesan Strategi Daya Saing Big Hit Entertainment Korea Selatan Dalam Industri Hiburan Internasional (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Agustina, A., Inawati, I. (2022). Analisis wacana kritis opini pada media massa cetak harian sumatera ekspres edisi oktober 2020. Jurnal Lentera Pedagogi, 5(2), 37-43
Aisyah, A. N. (2023). Remediasi Dikotomi Gender melalui Profesi Drag Queen: Analisis Konten Selebritas TikTok@ ravelliobahri. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 37-48.
Apriliana, D. (2021). Fenomena Tawuran Sebagai Wujud Toxic Masculinity Ditinjau Melalui Teori Hegemonic Masculinity Raewyn Connell (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Asmaret, D. (2018). Kajian Tentang Gender Perspektif Islam (Studi Analisis Tentang Posisi Perempuan dan Laki-laki dalam Islam). JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 17(2), 259-268.
Asrina, K., Nasution, R. H., Simanjuntak, Y. F., Lubis, M., & Siregar, M. W. (2024). REPRESENTASI MASKULINITAS DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 351-357.
Ayuningtyas, P. (2017). Indonesian Fan Girls’ Perception towards Soft Masculinity as Represented By K-pop Male Idols. Lingua Cultura, 11(1), 53–57.
Braun, S. S., & Davidson, A. J. (2017). Gender (non) conformity in middle childhood: A mixed methods approach to understanding gender-typed behavior, friendship, and peer preference. Sex Roles, 77(1), 16-29.
Damayanti, P., & Haryanto, H. (2019). kecerdasan Emosional dan kualitas hubungan persahabatan. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(2), 86-97.
Duncan, R. (2019). Parasocial Relationship Analysis:“Like Losing a Friend”: Fans’ Emotional Distress After the Loss of a Parasocial Relationship. In More Critical Approaches to Comics (pp. 221-232). Routledge.
Fathinah, E.j, Priyatna, A., & Adji, M. (2017). Maskulinitas Baru dalam Iklan Kosmetik Korea: Etude House dan Tonymoly. Patanjala, 9(2), 291958.
Fauzi, E. P. (2021). Konstruksi sosial soft masculinity dalam budaya pop Korea. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 127-144.
Fuady, M. F. (2017). Pergeseran makna warna pink dari maskulinitas menjadi femininitas di Amerika Serikat Tahun 1940-1970. Jurnal Desain Interior, 2(2), 97-110.
Haghia, R. S. (2022). Pakaian Dan Identitas Nasional: Peran Wanita Muslim Dalam Mempengaruhi Cara Berpakaian Wanita Indonesia 1930-1942. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 4(02), 27-40.
Handayani, N. H. T. (2019). Bentuk Sajian Tari Rara Ngangsu Karya Tejo Sulistyo (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).
Hearn, J. (2015). Men’s health and well-being: The case against a separate field. International Journal of Men’s Health, 14(3).
Jung, S. (2022). Hybrid Masculinity & the Counter-coeval Desire of Japanese Female Fans ’ Bae Yong-Joon , Hybrid Masculinity & the Counter-coeval Desire of Japanese Female Fans. 3(2), 1–26
Kartika, S. H. R., & Wirawanda, Y. (2019). Maskulinitas dan Perempuan: Resepsi Perempuan terhadap Soft Masculinity dalam Variety Show. CALATHU: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 23-41.
Kesebir, P., Gasiorowska, A., Goldman, R., Hirshberg, M. J., & Davidson, R. J. (2019). Emotional Style Questionnaire: A multidimensional measure of healthy emotionality. Psychological assessment, 31(10), 1234.
Kholid, M. N., Astiani, A. A., & Swastika, A. (2021). Analisis pembelajaran geometri pada siswa SMP/MTs secara online menurut psikologi warna. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 122-129.
Krissetyoningrum, D., Widagdo, M. B., & Rakhmad, W. N. (2014). Dekonstruksi maskulinitas dan feminitas dalam sinetron ABG Jadi Manten. Interaksi Online, 3(1)
Lautama, C. A., Hutama, K., & Saidi, A. I. (2022). Gaya Androgini dalam Pop Culture. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 5(1), 17-36.
Maharani, S. D., Marunduri, F. S., Febriani, R., Hum, S., Fils, M., Susiatmojo, A., ... & Ari Nugraha, S. H. (2023). Filsafat Manusia: Mengungkap Hakikat, Misteri, Dan Problem Kemanusiaan Kontemporer. Nilacakra.
Mahmudah, I. N. (2023). Representasi Fatherhood Web Series Mulih (Studi Semiotika Karakter Ayah di Youtube) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Marinescu, V., & Balica, E. (2021). New media clues and old journalistic habits: Representing the refugees in Romanian media. Journalism, 22(4), 1048-1066.
Mumtaza, L. (2022). Dobrakan Korean Wave dapat Mengipnotis Dunia. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28(2), 48-55.
Nuraini, A. C., Hanom, I., & Sarihati, T. (2017). Perancangan Interior Day Spa Pria Dan Wanita Di Kota Bandung Dengan Pendekatan Privasi. eProceedings of Art & Design, 4(3).
Nurfiana, E. (2021). Perlawanan Hegemoni Budaya di Era Globalisasi: Analisis Isi Poskolonial pada Produk Desain Instagram Kamengski. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(2), 91-108.
Pithaloka, D., Taufiq, I., & Dini, M. (2023). Pemaknaan perempuan Generasi Z terhadap maskulinitas joget Tiktok. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 7(1), 69-78.
Pradani, A. T., & Suhanti, I. Y. (2020). Persepsi sosial laki-laki terhadap perilaku male grooming. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(2), 43-51.
Prameswary, Y. I. (2022). Representasi Perempuan Dalam Budaya Patriarki Yang Terkandung Pada Film “Yuni” Karya Kamila Andini (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya).
Prayoga, A. D., Hendrawan, A., & Eswanda, Y. (2022). Maskulinitas Pria Ideal dalam Iklan Televisi Garnier Men Power White. Jurnal Audiens, 3(2), 33-42.
Purwani, W. A. (2019). Performativitas Gender dalam Novel The Female Man Karya Joanna Russ. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 1(02), 110-115
Qorib, F., Ermelinda, J., & Oktarina, R. A. (2023). Penggunaan busana sebagai bentuk ekspresi dan identitas mahasiswa di media sosial. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 236-251.
Rahmi, A. (2018). Urgensi Perlindungan Bagi Korbankekerasan Seksual Dalam Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berkeadilan Gender. Jurnal Mercatoria, 11(1), 37-60.
Ramdani, M. F. F., & Wisesa, P. A. D. (2022). Realitas Toxic Masculinity di Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 230-235).
Rosida, I., Merdeka, P., Chaliza, A. N., Nisa, A. A., & Sodikin, M. (2022). Maskulinitas toksik in Michael Rohrbaugh’s American Male. LITERA, 21(1), 66-80.
Sadasri, L. M. (2021). Parasocial Relationship dengan Selebritas (Studi Kualitatif pada Praktik Penggunaan Fandom Applications). Jurnal Studi Pemuda, 10(2), 147-162.
Sadewa, G. P. (2022). Rangkaian Close-Up, Ekspresi Visual Ritual Tiban: Wujud Pengorbanan Dalam Film Eksperimental. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 10(1), 89-104.
Samingan, S. P. (2024). Aksara Lota Ende: Sejarah Dan Eksistensinya. Revitalisasi Ilmu Sejarah, Seni, Dan Budaya Dalam Dunia Pendidikan, 35.
Sarah, S., & Kurniasari, N. (2022). Analisis Resepsi Siswa SMK Perguruan Cikini terhadap Kenakalan Remaja dalam Serial Extracurricular. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 8(3), 2726-2731.
Song, K. Y., & Velding, V. (2020). Transnational Masculinity in the Eyes of Local Beholders? Young Americans’ Perception of K-Pop Masculinities. The Journal of Men’s Studies, 28(1), 3–21
Srisadono, W., Miranda, A., & Lubis, A. Y. (2022). Representasi Maskulinitas Pada Iklan Skincare The Saem Urban Eco Harakeke Cream Versi Seventeen Di Youtube. Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies, 1(1), 41-56.
Stever, G. S. (2017). Parasocial theory: Concepts and measures. The international encyclopedia of media effects, 1-12.
Suryadi, N. N. (2018). Konflik Peran Gender Laki-Laki dengan Penyalahgunaan Narkoba Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta Timur (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Syulhajji, S. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Film Talak 3 (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). EJournal Ilmu Komunikasi, 5, (2) , 01-11.
Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9
Wojnicka, K. (2021). Invisible yet significant: the case of complicit masculinities’ transparency in power. NORMA, 16(4), 200-204.
Yasa, I. W. A. P., Putra, R. W., Kurniawan, H., Ruslan, A., Muhdaliha, B., Suryani, R. I., Judijanto, L. (2024). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Perkembangannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi maskulinitas dalam iklan televisi Pond’s men# Lelakimasakini (analisis semiotika Roland Barthes terhadap representasi maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.
DOI: https://doi.org/10.20527/pn.v7i01.14273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Padaringan Indexed By :
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.