KERJASAMA SEKOLAH DAN ORANGTUA DALAM PROSES PENDIDIKAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK DI SEKOLAH TAHFIDZ PLUS SD KHOIRU UMMAH BANJARMASIN

Yuli Apriati

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendekripsikan program sekolah yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin. Dua tujuan dalam penelitian ini yaitu upaya pelibatan orangtua dalam pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin, dan bentuk kerjasama sekolah dan orangtua dalam proses pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin.  Hasil penelitian menunjukkan upaya pelibatan orangtua dalam pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin yaitu menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dengan menciptakan iklim sekolah yang nyaman, merencanakan keterlibatan orangtua dan menyiapkan pola kegiatan harian siswa dirumah sebagai langkah mudah untuk melakukan kontak dengan orangtua. Proaktif melakukan pendekatan ke orangtua, dengan melihat kekuatan dari sebuah keluarga, dan merencanakan keterlibatan orangtua dalam setiap kegiatannya. Bentuk kerjasama sekolah dan orangtua dalam proses pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin berupa parenting di awal masuk sekolah dan parenting acara tahunan, komunikasi, baik komunikasi formal dan informal, serta komunikasi langsung dan tidak langsung, serta keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah, khususnya pendampingan kegiatan anak pada sabtu dan minggu.


Keywords


Kerjasama Sekolah Dan Orangtua, Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra, Malang : Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifiyanti, Nurul. 2015. Kerjasama Antara Sekolah Dan Orangtua Siswa Di TK Se- Kelurahan Triharjo Sleman. Prodi pendidikan guru pendidikan anak usia dini jurusan pendidikan anak usia dini fakultas ilmu pendidikan universitas negeri yogyakarta.

Batubara, Muhyi. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Coleman, 2013. Dasar-dasar Teori Sosial, bandung: Nusa Media

Damsar. 2012. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik Jilid 2, Yogyakarta : Andi Offset.

Margono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks

Sugihandari, 2015. Pentingnya Partisipasi Keluarga dalam Pendidikan Anak, Kompas online.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Suyanto, slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing

Soemiarti Patmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta

Syamsudduha, St. 2017. Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Di

Sekolah Pada Sdit Al-Fityan Kabupaten Gowa. Jurnal al-Kalam Vol. IX No. 2

Syamsudduha, St., dan Dion Ginanto, 2016. Parental Involvement in Indonesia: A study

on two Public Schools in Makassar, Yogyakarta: UNY Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 66 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP)

John W. Santrock, 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa, Yogyakarta: Graha Ilmu.

https://khoiruummah.id/




DOI: https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i1.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Padaringan Indexed By :

    

      

        

 

Lisensi Creative Commons
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.