INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XII IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH DI SAMAKAN WILAYAH SUL-SEL KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Gambaran umum SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar (2) Deskripsi pengintegrasian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar, (3) Bentuk penilaian nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar, (4) Faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sul-Sel kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi di kelas XII IPS 2 di lakukan beberapa tahap pertama, pada kegiatan awal adalah membudayakan berdoa sebelum belajar. Nilai karakter yang muncul adalah nilai religius. Kedua, pada kegiatan inti nilai karakter yang muncul adalah nilai rasa ingin tahu dan bersahabat ,Ketiga, guru menutup pelajaran dengan membaca do’a.nilai karakter yang muncul adalah nilai religius (2) Bentuk penilaian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS adalah didasarkan pada indikator yang telah ditentukan yaitu indikator untuk nilai rasa ingin tahu, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan. (3) Faktor pendukungnya adalah karena adanya Adanya paradigma dan komitmen yang sama antara kepala sekolah dan guru tentang pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sedangkan faktor penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter adalah kurangnya kesadaran diri yang tinggi dari peserta didik, kurangnya perhatian orang tua yang masih belum memahami secara maksimal tentang pentingnya dukungan orang tua dalam membangun karakter anaknya di rumah, kreatifitas guru dalam dalam mengembangkan media pembelajaran masih terbatas dikarenakan persiapan media setiap harinya membutuhkan banyak waktu, tenaga dan pikiran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Durri dkk. 2012. Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Amri, Sopan. Dkk. 2011. Inplementasi Pendidikan Karakter dalm pembelajaran. Jakarta: PT. Pretasi Pustakaraya.
Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional, 2001. Pedoman Umum Nilai-nilai Budi Pekerti. Jakarta: Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Brooks & Goole dalam Elmumobarak. 2009. Inplementasi pendidikan karakter di sekolah Jakarta: Prestasi Pustaka.
Budimasyah, Dasim. 2010. Pengembangan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: “Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya”. Jakarta: Prenada Media Group.
Daryanto, Darmiatun Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2007. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan. Yogyakarta.
___________. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka
Djahiri. 1978. Konsep Nilai karakter Jakarta: Prima Pustaka.
Ginanjar, Ary , 2007. ESQ Power,Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Jakarta: Arga.
Harsono, T., M. Batubara, Sumarno, Z. DKK. 2010. Model Pendidikan Karakter di Unimed. Unimed Medan.
Indonesia Heritage Fondation. 2003. Pendidikan 9 Pilar Karakter. “Membangun Bangsa Berkarakter”. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation
Ismail. 2013. Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Karakter. Makassar: Pascasarjana UNM.
Joshi, Murli Manohar. 2002. Philosophy of Value Oriented Education Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendiknas, 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Kertajaya, Hermawan. 2010. Pendidikan Karakter Perspektif Islam Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kesuma, Dharma. Dkk. 2010. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Machasin, 2005. Respons Pesantren terhadap Civic Values Pusat Kajian Dinamika Agama, Budaya dan Masyarakat. Banten dan Tasikmalaya.
Majid, Abdul & Andayani, Dian. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maksudin, 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Megawangi, Ratna. Dkk. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.
_____________. 2004. Pendidikan karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Star Energi.
Moleong, J. Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitataif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_____________. 2006. Mari Kita Akhiri Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.
Mulyana, Rohmat 1993. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muthmainnah. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak Islam Athirah Kajaolaliddo Makassar. Tesis. pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Parnwell, Hornby . 2012. Konsep Dasar Pendiddikan Karakter Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Badan Penelitian dan pengembangan.
Rama, Bahaking. 2011. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Kajian Dasar. Makassar: Alauddin University Press.
Richard. 1995. Butir-butir Nilai Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samlawi, Fakih & Maftuh, Bunyamin. 1998. Konsep Dasar IPS. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter. Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Salatiga: Esensi Erlangga Group.
Sudrajat dan Akhmas. 2010. Indikator Keberhasilan Program Pendidikan Karakter. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Supardi. R 2014. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter terhadap pembelajaran IPS di Kelas tinggi SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Tesis. Makassar : program pascasarjana.
Solihatin, Etin & Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisi Model pembelajaran IPS. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Syafri,Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suyanto. 2008. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen pendidikan Dasar dan Menengah
_________. 2010. Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen pendidikan Dasar dan Menengah
Universitas Negeri Makassar. 2013. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: Pascasarjana UNM.
Wahyudin. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Usia Dini. Universitas Terbuka.
Wibowo, Agus & Hamrin. 2012. Menjadi guru berkarakter Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuchdi, Damiati dkk. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif. Yogyakarta: Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas. UNY Press.
_________. 2013. Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Baturetno, Banguntapan.
DOI: https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i1.1618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Padaringan Indexed By :
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.