Wacana Kesetaraan Gender Studi Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat

Lumban Arofah

Abstract


Dalam dekade terakhir ini, upaya pengarus utamaan gender menjadi diskursus di berbagai kalangan aktivis perempuan, keluarga-keluarga, wartawan, dunia pendidikan maupun kalangan politisi. Begitupun strategi-strategi telah ditawarkan dengan tujuan agar kesetaraan gender tercapai terutama dalam pendidikan yang dianggap dimensi kunci. Mengingat pentingnya kaitan antara gender dan pendidikan, penelitian ini akan berusaha untuk mendapatkan gambaran persepektif gender menurut Mahasiswa FKIP mengingat mereka disiapkan untuk menjadi guru pelajaran. Sehingga, perspektif mereka tentang gender nantinya akan diturunkan kepada anak-anak didik dimana mereka mengajar. Penelitian ini juga berusaha untuk menginvestigasi darimana wacana gender itu berasal dan bagaimana operasionalisasi konsep gender bagi mahasiswa.


Keywords


Gender, Pendidikan dan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Lindsey LL and Christie S. (1997) Gender roles: A Sociological Perspective: Prentice Hall.

Marzuki (2013) Kajian Awal Tentang Teori-teori Gender. UNY Press

Megawangi, Ratna (1999). Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru tentangRelasi Gender. Bandung: Mizan. Cet. I.

Mulia, Siti Musdah (2004). Islam Menggugat Poligami. Jakarta: Gradedia Pustaka. Utama. Cet.

Rosalie, Pitt (2011) Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Pada Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Agama di Malang dan Batu. Australian Consortium for in-country Indonesian Studies (acicis)

Umar, Nasaruddin. (1999). Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif Al-Qur’an.Jakarta: Paramadina. Cet. I




DOI: https://doi.org/10.20527/padaringan.v1i1.3021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Padaringan Indexed By :

    

      

        

 

Lisensi Creative Commons
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.