Wacana Kesetaraan Gender Studi Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
Abstract
Dalam dekade terakhir ini, upaya pengarus utamaan gender menjadi diskursus di berbagai kalangan aktivis perempuan, keluarga-keluarga, wartawan, dunia pendidikan maupun kalangan politisi. Begitupun strategi-strategi telah ditawarkan dengan tujuan agar kesetaraan gender tercapai terutama dalam pendidikan yang dianggap dimensi kunci. Mengingat pentingnya kaitan antara gender dan pendidikan, penelitian ini akan berusaha untuk mendapatkan gambaran persepektif gender menurut Mahasiswa FKIP mengingat mereka disiapkan untuk menjadi guru pelajaran. Sehingga, perspektif mereka tentang gender nantinya akan diturunkan kepada anak-anak didik dimana mereka mengajar. Penelitian ini juga berusaha untuk menginvestigasi darimana wacana gender itu berasal dan bagaimana operasionalisasi konsep gender bagi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lindsey LL and Christie S. (1997) Gender roles: A Sociological Perspective: Prentice Hall.
Marzuki (2013) Kajian Awal Tentang Teori-teori Gender. UNY Press
Megawangi, Ratna (1999). Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru tentangRelasi Gender. Bandung: Mizan. Cet. I.
Mulia, Siti Musdah (2004). Islam Menggugat Poligami. Jakarta: Gradedia Pustaka. Utama. Cet.
Rosalie, Pitt (2011) Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Pada Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Agama di Malang dan Batu. Australian Consortium for in-country Indonesian Studies (acicis)
Umar, Nasaruddin. (1999). Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif Al-Qur’an.Jakarta: Paramadina. Cet. I
DOI: https://doi.org/10.20527/padaringan.v1i1.3021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Padaringan Indexed By :
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.