Fenomena Curhat Secara Anonim di Akun Menfess Twitter (Studi Etnografi Virtual Pada Akun @collegemenfess)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, Y., & Christin, M. (2022). Pola Komunikasi Pada Autobase Twitter @Collegemenfess Sebagai Media Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Pendidikan. e-Proceeding of Management, 9(2), 1112-1121.
Ausserhofer, J., Mairader, A. (2013). National Politics on Twitter Structures and Topics of a Networked Public Sphere. Information, Communication & Society, 16(3), 291–314
Baidu. (2014). Jelajah Dunia Mobile di Indonesia. Baidu Indonesia.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-142.
Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 83–96.
Fauziah, Z., A., Maslihah, S., & Ihsan, H. (2019). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self-Disclosure Pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Sains & Profesi, 3(3), 151-160.
Jovanica, C., Rahmintanigrum, D., Nuradni, H., & Salsabila, A., (2022). Analisis Pengaruh Aktor pada Tagar #roketchina di Media Sosial Twitter Menggunakan Social Network Analysis (SNA). Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 43-56.
Kabisar, F., & Maryani, A. (2023). Fenomena Komunikasi Interpersonal pada Pertemanan Secara Anonim di Media Sosial. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(1), 114-115.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 61. doi:https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Manggola, Alen, & Thadi, Robeet. (2021). Fenomena Alferd Schutz: Studi Tentang Motif Pemakaian Peci Hitam Polos. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 3(1), 19-25.
Mardiana, L., & Zi'ni, A. F. (2020). Pengungkapan Diri Pengguna Akun Autobase Twitter @subtanyarl. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi , 3(1), 34-54.
Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasrullah, R. (2018). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Pt Elex Media Kompitindo.
Putri , M. D., Yasir, & Nurjanah. (2021). Etnografi Virtual Pengungkapan Diri Mengenai Self Harm Dan Kesehatan Mental Pada Pengguna Media Sosial Twitter. PERSEPSI: Communication Journal, 4(2), 221-235.
Sipahutar, C. M., Poerana, A. F., & Nurkinan. (2020). Pengalaman Komunikasi Curhat Anonim Bagi Followers @18autobase di Twitter. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 4(2), 56-74.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-2.
Wicaksono, A., & Irwansyah. (2017). Fenomena Deindividuasi dalam Akun Anonim Berita Gosip Selebriti di Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi, 10(2), 34-45.
Wirawan, I. (2012). Teori-teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.20527/pn.v5i03.9308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Padaringan Indexed By :
The work is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.