Implementasi Model Pembelajaran Siklus Belajar 5e Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Jember
Abstract
Model pembelajaran siklus belajar 5E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan teori konstruktivisme. Kontruktivisme merupakan landasan berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Sehingga dalam hal ini, pembelajaran siklus belajar 5E ini sesuai dengan tujuan utama pembelajaran IPS, yaitu untuk membantu mengembangkan siswa menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai untuk berperan serta dalam mewujudkan kehidupan yang demokratis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember dilakukan dengan membuat RPP, LKPD, menganalisis materi pelajaran, menentukan media dan sumber belajar. 2) Pelaksanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu engagement (undangan), exploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (pengembangan), dan evaluation (evaluasi). 3) Evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember menggunakan penilaian autentik yaitu dengan menilai hasil belajar siswa melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faturrohaman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.
Gulo, S. A., Telaumbanua, W. A., Lase, A., & Laoli, E. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi Tahun Pelajaran 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 1758–1769.
Haerullah, A. H., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa, K., Ramadhan, S., & Thahar, H. E. (2022). 5E Learning Cycle Model on Students’ Learning Outcomes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3361–3374. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1868
Pangaribuan, T., Hasni, U., & Amanda, R. S. (2023). Need Analisys: Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa. Journal of Education Research, 4(4), 2399–2407.
Praswoto, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rodriguez, S., Allen, K., Harron, J., & Qadri, S. A. (2019). Making and the 5E Learning Cycle. The Science Teacher, 86(5), 48–55. https://doi.org/10.2505/4/tst18_086_05_48
Sanjaya, W. (2017). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supardan, D. (2015). Pendidikan IPS: Persfektif Filosofi, Kurikulum, dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.20527/pakis.v4i2.12576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Jurusan Pendidikan IPS
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat
Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
E-mail:pakis@ulm.ac.id
Sidharta Adyatma
Phone: +6281351668688
Email: sidharta.adyatma@ulm.ac.id
Supporting contact:
Wisnu Subroto
Phone: +62-81350220303
Email: wisnusubroto@ulm.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.