Kecerdasan Ekologis Perajin Tanggui di Bantaran Sungai Barito

Mutiani Mutiani, Akhmad Munaya Rahman, Nina Permatasari, Ersis Warmansyah Abbas, Muhammad Adhitya Hidayat Putra

Abstract


Isu lingkungan selalu menjadi isu kritis di kehidupan masyarakat. Ragam cara dilakukan untuk memberikan kesadaran lingkungan. Satu bentuk kesadaran lingkungan diimplementasikan dalam kerangka kecerdasan ekologis. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan kecerdasan ekologis dari perajin tanggui di bantaran sungai Barito. Pendekatan kualitatif dan metode studi kasus digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur bersama perajin, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa kecerdasan ekologis perajin tanggui dapat dilihat melalui aktivitas ekonomi. Aktivitas tersebut adalah produksi tanggui sejak pemilihan bahan utama yakni pohon nipah hingga pengayaman. Pada proses produksi, perajin mengoptimalkan daun nipah semaksimalkan mungkin sehingga tidak ada yang terbuang. Kedua, distrbusi menggunakan perahu bermotor (klotok). Aktivitas produksi dan distribusi tanggui oleh perajin menjadi rutinitas keseharian. Oleh karena itu, kecerdasan ekologis sudah menjadi bagian dari kehidupan perajin. 


Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Penyunting. Bandung: Wahana Jaya Abadi, dan FKIP-Unlam Press.

Abbas, E. W. (2018). Penguatan Pendidikan IPS Di Tengah Isu-Isu Global.

Abbas, E. W., Hadi, S., & Rajiani, I. (2018). The prospective innovator in public university by scrutinizing particular personality traits. Polish Journal of Management Studies, 18.

Ardiansyah, R. (2015). Peningkatan ecoliteracy peserta didik dalam sanitasi toilet sekolah melalui metode demonstrasi dalam pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII A SMPN 4 Situraja Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat). Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia.

Bungin, B. (2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja GRafindo Persada.

Bungin, B. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Aktualisasi Metodologi ke. Arah ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Gardner, H. (2013). Multiple intelligences: Kecerdasan majemuk: Teori dalam praktek ( A. Sindoro, Trans). Batam: Interaksara.

Goleman, D. (2010). Ecological intelligence. Kecerdasan ekologis. Mengungkap rahasia di balik produk-produk yang kita beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Heriyanto, N. M., Subiandono, E., & Karlina, E. (2011). Potensi dan sebaran nipah (Nypa fruticans (Thunb.) Wurmb) sebagai sumberdaya pangan. Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam, 8(4), 327-335.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan. Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Kincheloe, J. (2008). Knowledge and Critical Pedagogy (Explorations of Educational Purpose 1) An Introduction. Canada: Pringer Science Business Media B.V.

Mancha, R. M., & Yoder, C. Y. (2015). Cultural Antecedents of Green Behavioral Intent: An Environmental Theory of Planned Behavior. Journal of Environmental Psychology (43), 145-154.

Mohammad. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN.

Moleong, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiani, M. (2015). Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24 (2), 199-208.

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4 (1), 45-53.

Oramahi, H. A., & Sisillia, L. (tt). PEMANFAATAN NIPAH (Nypa frutican Wurmb) DI DUSUN SUKA MAJU DESA SUNGAI SEPETI KECAMATAN SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA. JURNAL HUTAN LESTARI, 7(1).

Palmer, J. A. (1998). Environmental Education In The 21st Century:Theory, Practice, Progress, and Promise. London and New York : Routledge.

Palmer, J. A., & Philip, N. (1994). The Handbook Of Environmental Education. Routledge: London and New York.

Shumba, O. (2011). Commons thinking, ecological intelligence and the ethical and moral framework of Ubuntu: An imperative for sustainable development. Journal of Media and Communication Studies, 3 (3), 84-96.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaharuddin, S., Hidayanti, H., & Mutiani, M. (2020). The Role of Waste Banks to Improve Community Environment Awareness. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 129-138.

Syaharuddin, S., Susanto, H., & Putra, M. A. (2020). Portrait of Community Economic Activities in The River as a Learning Resources on Social Studies With Local Culture-Based. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2) , 178-187.




DOI: https://doi.org/10.20527/pakis.v1i1.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan IPS
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat
Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
E-mail:pakis@ulm.ac.id

Principal contact: 
Sidharta Adyatma
Phone: +6281351668688
Email: sidharta.adyatma@ulm.ac.id
 
Supporting contact:
Wisnu Subroto
Phone: +62-81350220303
Email: wisnusubroto@ulm.ac.id
 
Indexing:
     
Licensed:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter