Reader Comments

Pengertian dari Ahli K3 Umum

by adi wandi (2022-03-29)


Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan secara nasional maupun internasional. K3 diperlukan untuk mendukung keselamatan karyawan dan perusahaan. Karyawan membutuhkan tempat kerja yang aman dan sehat. Perusahaan yang menerapkan K3 dengan baik dapat meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih efektif dan efisien.

Pentingnya K3 dalam suatu perusahaan telah diatur dengan undang-undang. Sayangnya, masih ada orang yang mengabaikan pentingnya K3. Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) mencatat masih banyak perusahaan dan masyarakat yang belum menerapkan sistem K3 di tempat kerja. Kecelakaan kerja tidak hanya merugikan karyawan tetapi juga perusahaan.

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja no. 2 Tahun 1992, ditetapkan bahwa perusahaan yang memiliki staf lebih dari 100 orang atau yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan kerja harus memiliki tenaga kerja paling sedikit memiliki 1 Tenaga ahli K3 umum dengan Sertifikasi Kementerian RI. Sertifikasi Departemen Tenaga Kerja RI merupakan program pemerintah untuk pengembangan usaha K3.