Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Pada Akun @Sabrinamaidaaah Sebagai Media Informasi Kesehatan Mental Pada Generasi Z (Studi Pada Followers Akun Tiktok @Sabrinamaidaaah)

Mona Aulia Putri

Abstract


Akun media sosial TikTok @sabrinamaidaaah merupakan akun TikTok yang dibuat untuk menyebarkan informasi mengenai kesehatan mental, hal ini juga didorang karena profesi pemilik akun adalah seorang Psikolog. Pada era kemajuan teknologi informasi, media sosial khususnya TikTok menjadi pilihan yang tepat dalam menyebarkan berbagai macam informasi terutama mengenai kesehatan mental. Kepopuleran dan cara penggunaan aplikasi TikTok yang sangat mudah menjadi salah satu alasan banyak orang yang mulai menggunakan TikTok. Selain digunakan untuk media untuk dalam menyebarkan hiburan, media sosial TikTok juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi, ini lah yang dilakukan oleh akun TikTok @sabrinamaidaaah, memanfaatkan media sosial TikTok untuk berbagi informasi mengenai kesehatan mental kepada para pengikutnya terutama pada kalangan Generasi Z. Tujuan dari penelitian yang ingin diperoleh oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun TikTok @sabrinamaidaaah sebagai media informasi kesehatan mental. Dalam penelitian ini peneliti memilih metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik berupa wawancara, observasi dan dokumentasi lalu ditambah dengan triangulasi metode sebagai bagian dari uji keabsahan. Dalam penelitian ini peneliti memilih untuk menggunakan Teori New Media dan Teori Kesempurnaan Media (Media Richness Theory). Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa akun TikTok @sabrinamaidaaah, memanfaatkan fitur-fitur yang dikira perlu dan dapat mempermudah proses penyebaran video, selain itu juga diharapkan video yang diunggah dapat dinikmati oleh Generasi Z. Adapun fitur-fitur yang dimanfaatkan antara lain, auto caption, musik, stitch video, membalas komentar dengan video, dan menggunakan playlist.

Full Text:

PDF

References


Aditya, Sarah dan Rizki Taufik Rakhman. 2019. “Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual”. Dalam Seminar

Nasional Seni dan Desain: “Reinvensi Budaya Budaya Visual Nusantara”, Universitas Negeri Surabaya.

Alwasilah, A.Chaedar. 2012. Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang Dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.

Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M., & Rayhani, M. (2018). Analisis Situasi Kesehatan Mental Pada Masyarakat Di Indonesia Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2013). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Laporan Nasional 2013. https://doi.org/1 Desember 2013

Fakhriyani, D. Vidya. 2019. Kesehatan Mental. Pamekasan : Duta Media Publishing.

Firamadhina, Fadhlizha Izzati Rinanda dan Hetty Krisnani. 2020. “PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme”, dalam Social Work Journal, Volume: 10, Nomor: 2, 199-208. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran.

Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi (Ed.Ketiga). Jakarta:

Ginee. 2021. “Pengguna TikTok Indonesia Gempar, Potensi Cuan Menggelegar!”. Ginee.com. https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/

Gloria. 2022. Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. Ugm.ac.id. https://www.ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental

Haryono, C.Gatot. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak.

Hendra, Shania. 2021. Mengenal Karakteristik serta kelemahan dan Kelebihan New Media sebagai Sarana Komunikasi. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/shaniahendra2392/613d969106310e4a5e1f3622/mengenal-karakteristik-serta-kelemahan-dan-kelebihan-new-media-sebagai-sarana-komunikasi

Lister, Martin. Dkk. 2003. New Media : A Critical Introduction.

Mulyana, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Cetakan Ke-20). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nevid, S.Jeffrey. 2009. Psychology: concepts and applications. Boston: Houghton Mifflin Company. PT Raja Grafindo Persada.

Riyanto, Andi Dwi. 2022. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Rizaty, Monavia Ayu. 2022. Survei: 1 dari 3 Remaja Indonesia Punya Masalah Kesehatan Mental. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/survei-1-dari-3-remaja-indonesia-punya-masalah-kesehatan-mental.

Rokom. 2021. Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/

Sakitri, Galih. 2021. “Selamat Datang Gen Z Sang Penggerak Inovasi”. Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya.

Tuasikal, Rio. 2019. Kesehatan Jiwa: Indonesia Makin Sadar tapi Terganjal Stigma. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/kesehatan-jiwa-indonesia-makin-sadar-tapi-terganjal-stigma/5125203.html

Wangi, Arum Sekar. 2018. TikTok Aplikasi Goblok: Benarkah?”. Anakuntad.com. https://anakuntad.com/2018/06/tik-tok-aplikasi-goblok-benarkah/

Yudha. TikTok: dari Aplikasi Bodoh Hingga Dicintai. LADANGTEKNO. https://www.ladangtekno.com/2020/09/tik-tok-aplikasi-bodoh-yang-menjadi-raja.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.